Jago Bahasa Inggris Tanpa Guru? Coba Lakukan 7 Cara Ampuh ini!

Bisa berbahasa Inggris merupakan kemampuan yang sudah diharuskan di zaman sekarang. Kalau kamu masih sekolah, Bahasa Inggris tentu menjadi salah satu mata pelajaran wajib. Jika kamu adalah pencari pekerjaan, kemampuan berbahasa Inggris pasti akan menjadi nilai plus bagimu di depan calon bos mu. Sebegitu pentingnya Bahasa Inggris sampai seakan-akan semua aspek kehidupan bersinggungan dengan kemampuan berbahasa Inggris ini.

Terkadang, meskipun sudah mengikuti kursus-kursus di berbagai lembaga pendidikan, atau bahkan sampai berguru ke kampung Inggris, kemampuan Bahasa Inggrismu masih juga terasa kurang. Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan Bahasa Inggrismu secara otodidak, apa saja?

1. Cintai Bahasa Inggris
Tak suka maka tak sayang. Pepatah ini juga bisa diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Tak cinta maka takkan bisa, begitulah mungkin tepatnya jika disandingkan dengan keinginanmu untuk mampu berbahasa Inggris yang baik. Ketika seseorang melakukan sesuatu yang tidak dia sukai, maka hasil yang didapat biasanya lebih sedikit dibanding jika kita mencintai suatu hal tersebut.

Begitupula dengan belajar Bahasa Inggris. Jika dari awal kamu sudah membencinya, menganggapnya musuh bebuyutan, bagaimana bisa ilmu yang kamu dapat itu membekas di benakmu? Maka, cobalah berbaikan dengan Bahasa Inggris dan belajarlah mencintainya.

2. Mendengarkan lagu-lagu dalam Bahasa Inggris
Klasik memang. Poin seperti ini sering sekali disebutkan oleh siapapun yang meminta saran tentang bagaimana cara belajar Bahasa Inggris. Tapi ini memang terbukti sangat efektif. Selain karena cara ini lebih menyenangkan, juga karena lagu biasanya lebih mudah diingat terutama jika berkaitan dengan keseharian kita. Seperti misalnya lagu jatuh cinta untuk kamu yang sedang berbunga-bunga, atau lagu patah hati untuk kamu yang sedang dirundung kesedihan akibat cinta.

Dengan melakukan hal ini, kamu tidak hanya mendapat banyak kosa kata baru tapi juga cara mengucapkannya secara benar. Akan tetapi, pastikan kamu mencari tahu liriknya dan arti dalam Bahasa Indonesianya juga ya.

3. Menonton film dengan subtitle Bahasa Inggris
Jika kemampuan Bahasa Inggrismu masih dibawah rata-rata, kamu bisa mulai menonton film Bahasa Inggris yang dilengkapi subtitle Bahasa Inggris dan mencatat beberapa kata yang masih asing bagimu. Setelah itu, kamu bisa membuka kamus atau kamu juga bisa mengulang film tersebut dengan subtitle Bahasa Indonesia untuk mencari tahu arti dari kata-kata tersebut dan mengetahui jalan ceritanya lebih detail.

Sehingga kamu bisa membandingkan pemahamanmu tentang film tersebut saat dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Menarik kan?

4. Sering membaca artikel dalam Bahasa Inggris
Buat kamu yang sedang membaca, tidak ada salahnya untuk mulai membaca artikel-artikel ringan dalam Bahasa Inggris. Misalnya, kalau kamu menyukai dunia masak, cobalah untuk mencari tips memasak dalam Bahasa Inggris, atau bagi kamu yang suka berita, kamu juga bisa membaca isu-isu terbaru dalam Bahasa Inggris.

Tidak masalah kalau kamu mau membaca hal-hal ringan yang kosa katanya kamu tahu sebagai awalan, tetapi semakin hari harus semakin ditingkatkan sehingga merangsang otakmu untuk mencari tahu arti dari kosa kata yang kamu belum familiar sebelumnya.

5. Mempraktekkan Bahasa Inggris dengan teman
Percuma dong kalau kamu belajar Bahasa Inggris tapi hanya teorinya saja. Tentu kamu harus mulai mempraktekkan dengan teman, baik secara langsung atau saat bertukar pesan. Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk memulai pertemanan dengan orang yang menggunakan Bahasa Inggris di kehidupan sehari-harinya. Hal ini sangat efektif terutama bagimu yang ingin pandai berbahasa Inggris dalam waktu cepat.

6. Mulailah menulis caption di media sosialmu menggunakan Bahasa Inggris
Kamu pasti punya media sosial dong? Nah, ini bisa menjadi alat bagimu untuk belajar Bahasa Inggris. Cobalah untuk mulai menulis status dalam Bahasa Inggris. Kamu bisa mulai dengan mengcopyquote dari orang-orang ternama, lama-kelamaan kamu harus menantang dirimu untuk menciptakan quote mu sendiri. Atau sekedar menulis caption berbahasa Inggris untuk menjelaskan tentang foto yang kamu unggah.

Selain menambah kemampuan Bahasa Inggrismu, melakukan hal ini juga secara tidak kamu sadari akan meningkatkan motivasimu untuk terus menulis dalam Bahasa Inggris.

7. Jangan takut salah
Jika kamu sudah mulai mengupdate status Bahasa Inggris atau berusaha mempraktekkan dengan temanmu, jangan khawatir jika kamu melakukan kesalahan seperti salah menulis kata atau salah dalam grammar. Jika ada yang meralat kesalahanmu justru kamu harus berterima kasih karena mereka mau menuntunmu ke jalan yang benar.

Jangan merasa berkecil hati dan tidak sanggup belajar Bahasa Inggris hanya karena kesalahan sepele. Justru jadikan hal itu sebagai pembelajaran dan terus giat mempraktekkan Bahasa Inggris mu sampai kamu ahli menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sudah siap mencoba 7 cara di atas?

Penulis : DaysDesy
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s