Gagal SNMPTN Bukan Akhir Hidup, Siapkan 5 Hal Ini Biar Lulus SBMPTN!

Tanggal 17 April 2018 merupakan hari yang tunggu-tunggu oleh para pendaftar SNMPTN. Di hari ini pengumuman kelulusan akan diumumkan serentak di jam 17.00 WIB di seluruh Perguruan Tinggi Negeri yang ada diIndonesia. Dari begitu banyaknya pendaftar SNMPTN pastilah diantaranya ada yang tidak lulus.

Namun ketidaklulusan ini bukan membuat kamu putus asa, hal ini harus menambah semangat kamu untuk bisa masuk Perguruan Tinggi yang kamu favoritkan. Masih ada cara lain untuk mencapainya, yaitu melalui jalur SBMPTN. Hal apa saja yang harus kamu persiapkan untuk SBMPTN? Kamu harus benar-benar persiapkan hal ini agar tidak terjadi penyesalan untuk yang kedua kalinya.

1. Ikuti bimbingan belajar
Kamu bisa ikut bimbangan belajar khusus persiapan SBMPTN. Ikut bimbingan juga membantu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk persiapan tes. Selain itu, kamu juga bisa lebih fokus dalam materi SBMPTN. Di sana, kamu akan bertemu dengan teman-teman seperjuangan yang akan membuat kamu tetap semangat dan positif.

2. Beli buku buku SBMPTN dan ikuti tryout mengenai SBMPTN
Jika kamu tidak sempat mengikuti bimbel dikarekan hal-hal tertentu, cara kedua yg perlu kamu persiapkan adalah dengan membeli buku-buku SBMPTN. Biasanya dalam buku ini terdapat pertanyaan dan dilengkapi jawaban dari soal soal SBMPTN sebelumnya. Kamu dapat belajar dimana pun di waktu luang. Kamu wajib ikutan tryout SBMPTN, agar kamu tahu seberapa besar kemampuan kamu dan lebih bisa mengasah kemampuan.

3. Tanya ke seseorang yang pernah mengikuti SBMPTN
Jangan takut dan gengsi untuk bertanya, dengan bertanya kamu akan mendapatkan banyak informasi seputar SBMPTN. Coba deh tanya ke kakak, abang, tetangga kamu yang pernah melaksanakan ujian SBMPTN.

4. Minta restu orang tua atas apa yang kamu perjuangkan sekarang
Do’a orang tua adalah do’a yang paling mujarab. Mintalah do’a kepada kedua orangtua mu agar segala kegiatan yang kamu lakukan diridhai oleh Tuhan Yang Maha Esa dan berjalan dengan lancar.

5. Berdo’a
Setelah kamu sudah berusaha, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah berdo’a. Serahkan semuanya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

6. Bersyukur
Hal terakhir yang tidak boleh terlupakan adalah bersyukur. Apapun yang sudah kamu lakukan, serahkan semua kepada-Nya. Apapun hasilnya nanti, itu semua sudah menjadi keketetapan-Nya.

Buat kamu para pejuang SBMPTN, Jangan pernah berputus asa ya, yakinkan bahwa semua yang kamu lakukan tak akan pernah sia-sia. Fighting.

Penulis : Zabell Akhyan
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s