Benarkah Musik Bisa Bantu Konsentrasi Belajar? Ini Jawabannya!

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian orang lebih suka mendengarkan musik ketika belajar terutama ketika ujian telah datang. Mungkin bagi kalian yang sudah pernah nonton “Bad Genius”, Salah satu karakter utamanya, Lynn yang super pintar, memiliki kebiasaan mendengarkan musik klasik.

Contoh lain di saat-saat menjelang ujian. Sebelum belajar, kita pernah mencari video “relaxing music for studying” dan percaya bahwa itu akan membantu kita berkonsentrasi. Lalu, apakah itu benar-benar membantu kita dalam belajar?

1. Ada suatu gagasan bahwa musik terutama klasik dapat memperbaiki hasil ujian
Kalian pernah mendengar Mozart Effect? Teori yang mengatakan bahwa ketika kita mendengarkan lagu dari Mozart, kita akan bertambah pintar.

Dilansir dari Independent, dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Hallam, Price, dan Katsarou menunjukkan hasil bahwa subjek yang telah diuji dengan mendengarkan musik lebih mendapatkan nilai yang lebih baik dibandingkan dengan subjek yang mendengarkan kebisingan.

Suara, ritme dan gaya musik serta kepribadian pelajar juga menjadi beberapa faktornya. Musik klasik seperti Mozart, Beethoven memang dipercaya dapat membantu mendapatkan hasil ujian yang baik, namun tidak ada penelitian yang membuktikan “kepercayaan” ini.

2. Lebih baik menghindari lagu-lagu bergaya “mathcore” bila mencoba untuk menjadi produktif
Riset yang lebih ilmiah menenjukkan bahwa mendengarkan musik tidak terlalu keras dapat membantu konsentrasi dari pada mendengarkan gaya musik yang tidak konsisten.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa kepribadian mementukan kinerja musik latar, contohnya pelajar yang sedang merasa tertekan ketika ujian, saat mendegarkan musik yang menenangkan dapat megurangi kecemasan pada pelajar tersebut.

3. Kalian bebas memilih musik apa yang cocok untuk meingkatkan konsentrasi belajar
Hal yang dapat disimpulkan adalah mendengarkan musik atau tidak saat sedang belajar merupakan pilihan kalian. Tidak ada penelitian yang mengatakan secara gamblang bahwa “kalian harus mendengarkan lagu … , untuk membantu meningkatkan konsentrasi belajar kalian”.

Namun yang jelas musik dapat melepaskan efek dopamin, dimana kita akan merasa senang atau bahagia selain itu dapat membantu kita merasa rileks.

Nah Sudah tahukan sekarang. Yuk, jangan buang waktu buat cari musik dan mulailah belajar.

Penulis : Harvey Darian
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s