5 Alasan Kenapa Kuliah Kelas Malam Justru Menguntungkan Bagi Kamu

Apa yang ada di benakmu kalau mendengar kuliah kelas malam? Kuliah kelas malam biasanya ditujukan untuk para karyawan yang bekerja pada pagi sampai sore hari sehingga jadwal kuliah gak mengganggu jam kerja. Gak semua perguruan tinggi menyediakan program kelas malam, biasanya hanya perguruan tinggi swasta saja yang menyediakan program ini.

Nah, mungkin banyak yang bilang kalau kuliah kelas malam itu melelahkan sehingga materi kuliah udah gak masuk ke memori otak lagi. Tapi, di balik semua itu ternyata kuliah kelas malam itu justru punya 5 keuntungan ini lho!

1. Bisa bekerja sekaligus kuliah
Alasan utama seseorang memilih kelas malam rata-rata adalah karena aktivitas bekerja, inilah keunggulan utama dari kelas malam ini. Coba pikir, kamu dapat bekerja untuk menghasilkan uang sambil menempuh pendidikan. Jadi, saat kamu lulus kuliah nanti kamu sudah punya pengalaman kerja plus gelar di belakang nama kamu.

Namun, perlu diingat kuliah kelas malam bukan hal yang mudah lho karena waktu istirahat pun akan semakin berkurang. Jadi, semuanya tergantung bagaimana kamu menjalaninya.

2. Memperbanyak relasi dan peluang kerja
Nah, kuliah itu selain untuk menuntut ilmu sebaiknya juga menambah relasi sebanyak mungkin, apalagi pada kelas karyawan ini. Kalau kamu pandai bersosialisasi tidak menutup kemungkinan kan kamu bakalan dapat info-info menarik seputar lowongan kerja atau bisa sharing hal-hal seputar pekerjaan yang bisa menambah wawasan kamu.

Selain tentang pekerjaan, urusan perkuliahan pun bisa terbantu kalau kamu pandai bersosialisasi. Ingat, jangan sering bolos ya kalau kamu mau menambah relasi di kampus.

3. Belajar untuk mengatur waktu
Time management wajib dimengerti oleh kamu yang kuliah kelas malam karena kalau kamu tidak bisa mengatur waktumu dengan baik, maka nanti kamu sendiri yang kewalahan membagi waktu antara kerja dan kuliah. Belum lagi rasa lelah yang bisa bikin gagal fokus dalam membagi waktu.

Contoh time management yang paling sederhana adalah mengatur waktu makan, karena makanan sangat penting lho dalam menunjang aktivitas dan kesehatanmu. Jangan sampai kamu malah melewatkan jam makan karena aktivitasmu yang super sibuk yang bisa menyebabkan tubuh kekurangan energi dan sakit.

4. Dosen yang lebih pengertian
Nah, ini juga salah keuntungan yang sering dirasakan oleh mahasiswa yang mengambil kelas malam. Para dosen yang mengajar kelas malam biasanya lebih pengertian terhadap mahasiswanya, contoh sederhananya adalah tugas. Tugas yang diberikan biasanya lebih proporsional atau sedikit mengingat rata-rata mahasiswanya sudah lelah bekerja dari pagi dan tidak mempunyai waktu yang cukup untuk mengerjakan tugas.

Tapi, gak semua dosen seperti itu. Ada yang tetap memberikan tugas yang banyak sesuai kurikulum yang berlaku. Nah, kamu sebaiknya menghafal tipe-tipe dosen dalam memberi tugas. Jadi, kamu bisa menyisihkan sebagian waktu kamu yang berharga untuk mengerjakan tugas dengan baik.

5. Waktu libur terasa lebih optimal
Liburan menjadi momen-momen yang paling ditunggu mahasiswa kelas malam yang kuliah sambil bekerja. Setelah bersusah payah membagi waktu untuk mengerjakan aktivitas-aktivitas yang padat setiap hari, gak ada salahnya dong untuk merencanakan liburan. Bagi kamu yang mengambil kelas malam pasti akan merasa waktu libur menjadi lebih optimal, karena setiap waktu yang digunakan sangatlah berharga baik liburan pendek seperti weekend atau liburan panjang seperti berlibur ke luar kota.

Nah, semua balik lagi ke diri kamu baik kelas pagi maupun malam semua mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, kamu pilih kelas pagi atau malam?

Penulis : Frederick
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s