Masih Takut sama Dosen Pembimbing? Yuk Pedekate dengan 6 Cara Ini!

Cita-cita kita sebagai seorang sarjana takkan pernah tercapai tanpa adanya kerja keras dan bantuan sang dosen pembimbing dalam menyelesaikan skripsi. Faktor skripsi yang cepat selesai juga karena adanya dukungan dari dosen pembimbing, sehingga tentu kamu harus melakukan pendekatan dengannya agar skripsimu lancar.

Buatmu yang masih takut dengan sang dosen pembimbing skripsi, yuk pedekate sama beliau lewat 6 cara di bawah ini

1. Jaga muka dan selalu datang tepat waktu saat bimbingan
Usahakan untuk selalu datang tepat waktu ketika kamu mau bimbingan. Lebih baik lagi jika kamu datang 5 menit lebih awal dari waktu janjian yang dijadwalkan. Jangan sampai malah dosenmu yang datang awal dan menunggu kamu, nantinya beliau berpikir kamu tidak serius dengan skripsimu. Wah kalau sudah begini kamu bakal susah pedekate sama beliau.

2. Berpakaian rapi
Gunakan pakaian yang rapi seperti kemeja agar beliau merasa dihargai olehmu. Menggunakan kaos dan jeans belel malah akan memberikan kesan yang tidak sedap pada beliau, nanti disangka kamu bukan mahasiswa yang disiplin. Tunjukan pada beliau tentang keseriusanmu dalam mengerjakan skripsi, pastinya beliau sangat menyukai mahasiswa yang mau bergerak maju.

3. Kalau punya medsos, kepoin akun dosenmu
Kalau memang beliau punya akun medsos, gak ada salahnya kamu kepo dengan aktivitas beliau. Dengan mengetahui aktivitasnya, kamu bisa lebih mempunyai bahan obrolan dengan beliau dan kamu bisa lebih tenang saat bimbingan.

4. Jangan mengulangi kesalahan yang sama
Setelah beliau mengkoreksi skripsimu, jangan sampai deh ada kesalahan yang sama dalam draft skripsimu. Mengulang-ulang kesalahan yang sama akan membuat beliau merasa tidak dihargai karena berarti kamu gak serius dan berubah menjadi lebih baik. Masa iya beliau harus memeriksa skripsimu yang banyak salahnya terus?

5. Tanya kabarnya
Saat sedang bimbingan tanyalah kabarnya untuk mencairkan suasana supaya gak begitu tegang. Beliau akan menilai kamu mahasiswa yang sopan dan mengingat kamu sebagai anak bimbingannya.

6. Jadikan bukunya sebagai referensi skripsi
Kalau beliau mempunyai buku hasil karyanya, jadikan buku itu sebagai bahan referensi untuk skripsimu. Beliau akan merasa senang karena karyanya dihargai dan dijamin gak akan susah untuk acc skripsimu nih ke depannya.Tentunya harus sejalan dengan tema skripsimu ya!

Sudah siap mendekati dosen pembimbingmu?

Penulis : Indah Shaliha
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s