Apapun Jurusanmu, Ini 6 Esensi Pendidikan yang Tak Boleh Kamu Abaikan

Kuliah merupakan masa-masa penting bagi kita untuk melompati fase hidup berikutnya. Euforia sebagai mahasiswa baru sangat mempengaruhi semangat untuk maju dan berkembang. Namun, tidak semua mendapatkan kesempatan masuk ke jurusan yang diminati atau dirasa mampu. Hal ini juga berdampak pada semangatnye menjalani perkuliahan dengan tujuan yang tidak ideal.

Namun, di jurusan manapun kamu terjebak, ada beberapa prinsip pendidikan yang mesti dipegang dengan erat agar kamu tetap mampu menjadi mahasiswa yang cemerlang. Nah, berikut ini esensi pendidikan tersebut akan diulas lebih dalam. Yuk, simak!

1. Pendidikan adalah persiapan untuk hidup
Di jurusan manapun kamu terdampar, yakinkan dirimu bahwa pendidikan yang kamu jalani adalah bagian dari persiapan untuk kehidupan di masa mendatang. Ambil pelajaran positifnya, dan tinggalkanlah hal yang negatif.

2. Jangan mengejar kelemahanmu
Seseorang dikatakan salah jurusan saat kuliah adalah timpangnya kompetensi, minat dan bakatnya dengan jurusan yang dimasukinya. Jangan sedih dan panik! Kamu masih punya kesempatan memilih wadah atau komunitas yang bisa membantu pengembangan diri. Jangan terpaku pada kelemahanmu saat berhadapan dengan mata kuliah jurusan yang tidak bisa selaras. Justru, kamu harus fokus melihat potensi dirimu dan beraksi untuk mengembangkan diri di ranah lain yang relevan.

3. Pilihlah mentor yang tepat untuk menggali hal-hal yang sungguh ingin kamu lakukan dalam hidup
Kemungkinan besar kamu tidak bisa mendapat inspirasi dari dirimu sendiri untuk mengembangkan diri. Kamu butuh orang lain agar bisa melihatmu sisi lain dirimu lebih banyak. Maka dari itu, kamu harus bergaul dengan orang-orang yang tergabung di lembaga pengembangan diri dengan bidang yang menyesuaikan. Dengan bergabung ke sana, kamu bisa memilih mentor yang tepat.

4. Kamu berhak mendapatkan pendidikan sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan
Menurut UU No. 20 Tahun 2003 Bab I, terdapat penjelasan tentang isi pasal tersebut. Dinyatakan bahwa setiap peserta didik mendapat layanan pendidikan sesuai bakat, minat dan kemampuannya. Artinya, negara juga sudah mendukung kamu untuk mengembangkan diri di bidang apapun sesuai kemampuanmu.

5. Buku adalah guru yang bisa menemanimu kapan saja
Jangan lupa untuk memperbanyak khazanah dengan membaca buku. Informasi di dalamnya sangat luas dan dalam. Buku adalah pusat informasi yang bisa kamu inginkan kapan saja. Itu sebabnya, gunakan waktumu dengan banyak membaca buku-buku yang ada di perpustakaan kampus, kota dan rumah.

6. Tetaplah mempelajari kemampuan berpikir
Kampus dan sekolah memang sangta jarang mengajarkan kemampuan berpikir kepada peserta didiknya. Sebab, sistem dan kultur yang sudah ada sejak dulu fokus pada wawasan dan kepatuhan. Kamu harus mencari wadah, menonton acara TV maupun membaca buku yang bisa menunjang kemampuan berpikir. Kemampuan ini sangat penting kamu miliki untuk memutuskan, memanajemen dan merencanakan pekerjaan atau hidupmu lebih detail dan solutif.

Nah, itulah 6 esensi pendidikan yang penting kamu kamu pegang dengan erat agar tetap tangguh saat berada di jurusan manapun.

Penulis : Uswatun Niswi
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s