Tertarik Kuliah Seni? Ini 9 Perguruan Tinggi Negeri Khusus Seni di Indonesia

Di zaman dengan teknologi yang begitu pesat, industri yang masif, serta bidang entertainment yang semakin berperan terhadap gejolak hidup kaum produktif; seni bisa menjadi pilihan. Secara khusus, seni memiliki kriteria yang pas di era seperti sekarang. Kalian bisa menjadi desainer yang mengelola iklan, menjadi koreografer untuk konten-konten profesional, menjadi pemusik (musisi, sound engineer, music director), video/photographer, filmmaker dan sebagainya.

Kampus seni memiliki materi untuk menunjang kreatifitas kalian. Banyak jenis bidang yang bisa kalian pilih. Secara umum, kampus seni di Indonesia memiliki dua fakultas; Fakultas Seni Pertunjukan, berisi program studi seperti Musik, Tari, atau Teater. Lalu Fakultas Seni Rupa, berisi program studi Seni Murni, Grafis, atau Desain Komunikasi Visual. Namun juga terdapat Fakultas Media seperti di Bandung dan Yogyakarta, yang berisi program studi Televisi & Film, Fotografi, atau Animasi.

Untuk itu, bagi kalian yang tertarik terjun ke dunia seni setelah menyelesaikan sekolah, bisa simak daftar kampus seni berstatus negeri berikut ini; yang ternyata ada di berbagai penjuru di Indonesia.

1. Institut Seni Budaya Indonesia Aceh
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri Seni Budaya yang diresmikan pada tahun 2014 di Surabaya. Saat ini ISBI Aceh memiliki lahan 30 Ha di Kota Jantho, yang nantinya akan dibangun kampus terpadu.

Karena merupakan kampus yang baru memulai program pendidikannya, ISBI baru memiliki enam prodi, yaitu: Prodi Seni Tari, Prodi Seni Teater, Prodi Karawitan, Prodi Seni Murni, Prodi Kriya, dan Prodi Desain Komunikasi Visual.

2. Institut Seni Indonesia Padang Panjang
Berdirinya Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang berawal dengan mendirikan KOKAR (Konservatori Karawitan) A dan B. Kokar A kemudian menjadi Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) Padangpanjang pada tanggal 22 Desember 1965 dan berkembang menjadi Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia pada tahun 2009.

Di ISI Padang Panjang terdapat dua fakultas: Fakultas Seni Rupa, dan Fakultas Seni Pertunjukan.

3. Institut Seni Budaya Indonesia Bandung
Sejarah Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung dimulai pada tahun 1968. Didirikan Konservatori Tari (KORI) di Bandung, lalu pada tahun 1971, Konservatori Tari berubah menjadi Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) Jurusan Sunda di Bandung. Pada tahun 1995, status berubah menjadi Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI). Barulah pada tahun 2014, STSI resmi menjadi Institut Seni Budaya Indonesia yang diresmikan oleh Presiden SBY.

Selain Fakultas Seni Pertunjukan dan Fakultas Seni Rupa, ISBI Bandung juga memiliki Fakultas Media & Budaya, yang berisi program studi pilihan seperti Program Studi Antropologi Budaya, dan Program Studi Film & Televisi.

4. Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Institut Seni Indonesia Yogyakarta atau ISI Jogja bertempat di Selatan Kota Yogyakarta, tepatnya Kabupaten Bantul. ISI Jogja diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1984. Sebelum menjadi ISI, kampus ini merupakan gabungan antar tiga akademi seni di Yogyakarta, antara lain: Akademi Musik Indonesia (AMI), Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI), dan Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI).

Selain Fakultas Seni Pertunjukan dan Seni Rupa, ISI Yogyakarta memiliki Fakultas Media Rekam dengan pilihan program studi: Film & Televisi, Fotografi, dan Animasi.

5. Institut Seni Indonesia Surakarta
Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta adalah salah satu perguruan tinggi seni negeri di Kota Solo. ISI Surakarta pada mulanya adalah sebuah perguruan tinggi setingkat akademi dengan nama Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) Surakarta, yang didirikan sebagai salah satu wadah untuk merintis perkembangan seni tradisional. Baru diresmikan menjadi Institut Seni Indonesia Surakarta pada tahun 2006.

ISI Solo memiliki dua fakultas; Seni Pertunjukan dan Seni Rupa.

6. Institut Seni Indonesia Denpasar
Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar adalah perguruan tinggi seni yang berada di Pulau Dewata, Bali. Kampus ini diresmikan pada tahun 2003 yang merupakan integrasi dari Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Denpasar dan Program Studi Seni Rupa dan Desain (PSSRD) Universitas Udayana.

Kampus ISI Denpasar memiliki dua fakultas: Fakultas Seni Pertunjukan dan Fakultas Seni Rupa.

7. Institut Seni Budaya Indonesia Kalimantan Timur
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Kalimantan Timur berada di Tenggarong, Kutai Kertanegara. Memasuki tahun 2018, ISBI Kalimantan Timur telah memasuki tahun ke tujuh dalam penyelenggaraan pendidikan. Di usia yang masih sangat muda, ISBI Kalimantan Timur belum memiliki Fakultas, namun tetap menjalankan beberapa Prodi seperti Prodi Seni Kriya, Prodi Etnomusikologi, Prodi Seni Tari, dan Prodi Televisi.

8. Institut Seni Budaya Indonesia Sulawesi Selatan
Tertarik Kuliah Seni? Ini 9 Perguruan Tinggi Negeri Khusus Seni di Indonesiamakassar.tribunnews.com
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Sulawesi Selatan berada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Diresmikan pada tahun 2012, ISBI Sulsel memiliki tiga program studi; Prodi Desain Interior, Prodi Seni Rupa, dan Prodi Televisi dan Film.

9. Institut Seni Budaya Indonesia Tanah Papua
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Tanah Papua berada di Kota Jayapura, Papua. Sama halnya dengan ISBI Kaltim dan ISBI Sulsel, ISBI Tanah Papua diresmikan pada tahun 2012. Kampus ini baru memiliki lima program studi; Prodi Seni Musik, Prodi Kriya Seni, Prodi Seni Murni, Prodi Seni Tari, dan Prodi Desain Komunikasi Visual.

Nah, apakah kalian tertarik? Jangan lupa untuk terus melatih bakat seni kalian, agar bisa lolos seleksi di kampus seni.

Penulis : Almer Sidqi
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s