Merasa Salah Jurusan? 5 Tips Berguna Ini Akan Membantumu Bertahan!

Memang tak semua mahasiswa yang kuliah diberi kesempatan untuk masuk jurusan yang sesuai dengan bakat dan kesukaaannya. Boleh jadi karena tak masuk dan berprinsip daripada gak kuliah, mereka memutuskan masuk jurusan yang dianggap tak sesuai dengan diri mereka. Karena merasa salah jurusan, bukan berarti kamu kuliah asal–asalan dan tak mengikutinya dengan hati ikhlas.

Nah buat kamu sang mahasiswa yang salah jurusan, lakukan 5 hal ini ya agar tak ada lagi penyesalan di hati!

1. Bersyukur karena diberi kesempatan kuliah
Tentu saja kamu harus bersyukur, ingat diluar sana sangat banyak orang yang gak diberi kesempatan kuliah. Boro-boro kuliah, untuk kehidupan sehari-hari saja mereka belum tentu dapat makan. Nah, dengan alasan bersyukur karena diberi kesempatan untuk kuliah, maka kamu gak akan lagi mementingkan ego dan mulai menjalani kehidupan kuliah dengan ikhlas walau ini bukan pilihan pertamamu.

Boleh jadi, Tuhan memberimu jalan ini karena inilah yang terbaik untukmu.

2. Jangan titip absen
Titip absen sama dengan jurang kehancuran! Seberat apapun kamu menjalani kuliah, jangan titip absen. Tetaplah jalani kehidupan kuliahmu dengan biasa, jangan kamu malah lari dari masalah. Jika kamu bertanggung jawab dengan kehidupan kuliahmu, suatu saat nanti bebanmu akan makin ringan karena kamu mulai menjalani kuliah dengan ikhlas.

3. Aktif organisasi
Untuk melupakan sejenak kegalauanmu karena merasa salah jurusan, cobalah aktif organisasi di kampusmu dan bertemu dengan orang banyak, sehingga kamu sejenak melupakan duka yang kamu rasakan. Tapi tentunya jangan kamu melupakan kuliahmu ya!.

4. Bertanggung jawab terhadap orang tuamu
Iya memang betul, melakukan sesuatu yang tak kita suka itu berat, namun cobalah berpikir dewasa dan bertanggung jawab terhadap orang tuamu. Mereka kan sudah memberikan dana untuk kuliahmu, sedangkan mencari uang itu tidaklah mudah. Cobalah mulai berpikir dewasa dan ringankan beban mereka dengan menjalani kuliahmu sungguh-sungguh.

5. Selalu carilah alasan untuk bertahan
Pilihannya hanya ada dua yaitu bertahan atau pindah yang mana semua ini ada konsekuensi yang harus kamu tanggung. Cobalah untuk bertahan, ingat bahwa orang sukses dapat berhasil karena bisa mengatasi tantangan yang dihadapinya. Anggap saja jurusanmu sekarang adalah tantangan yang harus ditaklukkan sebelum menapaki tangga kesuksesan.

Sudah siap untuk lebih semangat kuliah?

Penulis : Indah Shaliha
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s