Kuliah Hubungan Internasional Harus Bisa Bahasa Inggris? Ini Faktanya!

“Anak Hubungan Internasional (HI) tuh pasti jago bahasa Inggrisnya”. Setidaknya sekali dalam seumur hidup, mahasiswa atau lulusan HI mungkin pernah mendapati komentar seperti itu.

Banyak juga yang bertanya perlukah kita fasih berbahasa Inggris lebih dulu jika ingin berkuliah di jurusan HI. Tak sepenuhnya seperti itu kok. Daripada bingung, coba simak nih faktanya!

1. Tidak perlu skor TOEFL sempurna. Minimal, kalian bisa memahami bacaan berbahasa Inggris.
Seperti kita ketahui, kemampuan bahasa Inggris dibagi menjadi empat yaitu speaking (berbicara), listening (mendengarkan), writing (menulis) dan reading (membaca). Kecuali kalian menempuh studi di luar negeri atau kampus dalam negeri berstandar internasional, kalian tak harus menguasai semua kemampuan itu untuk berkuliah di jurusan HI.

Faktanya, kebanyakan jurusan HI di Indonesia menggunakan bahasa Indonesia untuk proses belajar mengajar. Tapi setidaknya, kalian perlu memiliki kemampuan mencerna bacaan berbahasa Inggris. Why? Karena hampir semua literatur dan materi kuliah HI menggunakan bahasa Inggris.

2. Meski belum lancar berbahasa Inggris, tak ada larangan buat kalian untuk berkuliah di HI
Kemampuan memahami bacaan berbahasa Inggris memang sudah cukup memudahkan kalian untuk mempelajari HI. Tapi kalau skill membaca kalian pun belum maksimal, kalian tak perlu sampai mengubur impian untuk berkuliah di jurusan ini.

HI akan membuat kalian terbiasa membaca beragam literatur berbahasa Inggris. Kalau kalian serius mempelajari literatur-literatur itu, kemampuan bahasa Inggris kalian pun akan ikut terasah. Dijamin, kalian kelak akan mampu memahami bacaan berbahasa Inggris tanpa perlu melirik kamus lagi.

3. Ada juga kondisi di mana kalian dituntut mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris
HI memang jurusan yang recommended buat kalian yang ingin menjadi diplomat. Kalian bakal diajarkan bagaimana membawa kepentingan negara dan mendiskusikannya dengan para delegasi negara lain.

Selain di kelas, mahasiswa HI juga bisa mengasah skill diplomasi mereka dengan mengikuti kegiatan seperti simulasi sidang PBB atau ASEAN. Kegiatan semacam itu, khususnya yang bertaraf internasional, umumnya mengharuskan kalian berbicara menggunakan bahasa Inggris.

4. Tak semua lulusan HI fasih berbahasa Inggris. Semua tergantung diri kita sendiri.
Jurusan HI bukanlah tempat kursus bahasa Inggris. Mata kuliah Bahasa Inggris yang diterima mahasiswa HI pun proporsi atau SKS-nya sama dengan mahasiswa jurusan lain.

Lulus dari jurusan HI tak serta merta membuat kalian lancar berbahasa Inggris. Kalian tetap harus mencurahkan waktu dan tenaga ekstra untuk mengasah bahasa Inggris di luar kurikulum kampus.

Skill bahasa Inggris sebenarnya tidak hanya penting buat kalian yang ingin bekerja di kedutaan besar atau organisasi internasional, guys. Terutama di era yang serba global seperti saat ini, bahasa Inggris akan sangat kita butuhkan kapan dan di mana saja.

5. Bahasa Inggris itu penting tapi bukan segalanya
Kenapa sih negara A berkonflik dengan negara B? Padahal ada juga kan negara lain yang rukun-rukun saja. Hal semacam itulah yang sesungguhnya banyak dipelajari di HI. Selain soal kebijakan luar negeri beserta dampaknya, HI juga akan membuat kalian tahu kalau menyampaikan kepentingan negara itu butuh metode dan skill tersendiri.

Menguasai bahasa Inggris memang akan menjadi poin plus. Tapi itu bukan hasil utama yang akan kita dapat dari berkuliah di jurusan HI. Bagaimanapun, apalah artinya kita berbahasa Inggris sefasih Cinta Laura kalau kita tak memahami hakikat mempelajari HI? Cuma jadi tong kosong nyaring bunyinya, dong.

Anak HI dan bahasa Inggris adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Tapi, anggap saja itu sebagai challenge. Kalau kalian merasa masa depan kalian ada di HI, kalian kudu bisa menaklukan challenge itu. Bukankah setiap jurusan memang ada challenge-nya sendiri?

Penulis : Farah
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s