6 Tips Belajar SBMPTN Paling Efektif Buat Kamu yang Lintas Jurusan

Tinggal menghitung beberapa hari lagi menuju Pendaftaran Peserta SBMPTN 2018. Dan sudah resmi di umum kan bahwa Ujian SBMPTN akan di laksanakan pada bulan Mei mendatang di kota-kota yang telah ditentukan. Banyak siswa dan siswi kelas 12 yang berlomba-lomba untuk mendapatkan kursi di universitas terbaik yang mereka impikan.

Banyak cara dilakukan dengan giat belajar serta selalu berlatih soal-soal yang diujikan tahun lalu. Terlepas dari itu semua, beberapa orang siswa ada yang memilih lintas jurusan dengan memilih jurusan yang di luar passion yang mereka pelajari saat SMA.

Memang akan sulit tapi itu bukan berarti tidak mungkin. Bagi kamu yang ingin lintas jurusan dan belajar dengan efektif untuk menghadapi SBMPTN mendatang simak 6 tips berikut ini.

1. Jangan berpikir kamu akan kesulitan mengambil ujian lintas juruan
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah merasa yakin. Ya, kunci dari semangat yang akan terus berkobar adalah yakin terlebih dahulu. Jangan berpikir saat belajar lintas jurusan akan sulit karena itu akan mempengaruhi konsentrasi belajarmu. Yakin bahwa semakin kamu giat dan tidak banyak mengeluh,maka kamu akan berhasil. Yakin deh!

2. Fokus dengan materi yang kamu kuasai
Fokus dengan materi yang kamu kuasai bukan berarti meninggalkan materi yang lain lho. Maksudnya di sini kamu harus berusaha maksimal dengan materi yang kamu kuasai dan banyak belajar dengan materi yang kamu belum mengerti.

Setidaknya kamu memiliki satu atau dua materi yang kamu kuasai dengan baik. Itu bagus karena akan membantu nilai passing grade kamu nanti.

3. Buat target belajar dan usahakan kamu konsisten
Ada beberapa orang yang menerapkan trik ini dan banyak di antara mereka yang merasa sangat terbantu. Dengan menyusun jadwal belajar kamu bisa lebih fokus untuk memahami materi yang kamu jadwalkan.

Beberapa tips yang penulis dapatkan, dengan menggunakan perencanaan belajar akan lebih membantu lagi sebab kamu di latih untuk lebih konsisten mengejar jadwal belajar. Ketika kamu belum selesai satu materi, mau tidak mau kamu harus menuju materi selanjutnya dan meninggalkan materi sebelumnya agar target kamu tercapai.

4. Belajar dengan cara yang kamu sukai
Tujuan kamu memang serius untuk belajar, tapi bukan berarti kamu harus meninggalkan hal-hal yang kamu sukai. Sebagian orang tidak bisa belajar dengan cara serius meskipun mereka cerdas sebab mereka tidak suka cara yang monoton. Kamu harus tahu bahwa belajar dengan cara yang kamu sukai lebih efektif dalam meningkatkan kinerja otak menerima pelajaran.

Misalnya kamu menyukai cara belajar dengan mendengarkan musik rock, maka lakukanlah karena itu akan banyak membantumu untuk lebih cepat menyerap pelajaran.

5. Banyak mengerjakan soal ujian tahun-tahun sebelumnya dan jangan segan bertanya jika kamu kesulitan
Lintas jurusan memang membuat sebagian orang kebingungan saat memperlajarinya. Tapi bukan berarti tidak bisa lho ya! Jika kamu ingin meningkatkan pemahaman kamu terhadap suatu materi maka kerjakan soal-soal SBMPTN tahun-tahun lalu.

Setidaknya soal-soal 5 tahun yang lalu banyak keluar sebagai bahan ujian. Jika kamu masih belum mengerti jangan ragu untuk bertanya pada guru atau kawan terdekat yang lebih menguasai materi tersebut.

6. Selalu berdoa dan jangan menyerah
Yang terakhir adalah selalu berdoa apapun yang kamu lakukan semoga terwujud. Ingat, doa adalah cara paling ampuh dari semua usaha serta jangan pernah menyerah untuk apapun yang kamu usahakan. Yakinlah akan berhasil suatu saat nanti.

Nah, itu adalah 6 tips belajar efektif SBMPTN yang kami bagikan untuk kamu. Coba deh dilakukan!

Penulis : Esti Wahyu Ningtyas
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s