Jangan Ragu, 6 Alasan Ini Mantapkan Pilihanmu Kuliah Diploma

Berkuliah di jenjang diploma kerap kali menjadi alternatif pilihan bagi mereka yang tak berhasil lolos seleksi S-1. Padahal, lulusan diploma tak bisa dipandang sebelah mata lho. Ada enam alasan nih yang bakal memantapkan dirimu agar tak ragu mengambil diploma saat kuliah.

1. Masa kuliah yang cukup singkat
Jenis diploma sebenarnya beragam. Ada D-1, D-2, D-3, dan D-4. Angka di belakangnya menunjukkan lama kuliah yang wajib kamu tempuh. Kalau D-1, berarti cukup dua semester alias satu tahun. Cukup singkat kan?

2. Kurikulum diploma diperuntukkan bagi kamu yang ingin segera bekerja
Buat kamu yang berkuliah S-1, teori pasti jadi makanan sehari-hari. Sedangkan, kuliah diploma mengenalkanmu pada mata kuliah-mata kuliah yang langsung bisa diterapkan pada dunia kerja. Contohnya, kalau kamu mengambil D-3 Bahasa Inggris di Universitas Airlangga Surabaya, kamu akan mendapatkan mata kuliah seperti translation (penerjemahan), public relation (kehumasan), public speaking (berbicara di hadapan umum), dan kesekretariatan.

3. Gak bakal kaget dengan dunia kerja
Mata kuliah magang wajib hukumnya buat mahasiswa diploma. Nilai plusnya, mahasiswa diploma memiliki kecakapan karena mereka sudah terlebih dulu berinteraksi di dunia kerja. Mahasiswa diploma jelas tidak akan mengalami gegar budaya kerja saat mereka sudah lulus nanti. Dari praktik magang itulah, biasanya mahasiswa diploma mengambil bahan-bahan untuk menyusun laporan tugas akhir.

4. Gak cuma magang, mata kuliah praktiknya juga ada
Saat kamu mengambil diploma, bersiaplah untuk dihadapkan pada mata kuliah-mata kuliah praktik di luar magang. Buat mahasiswa diploma yang mengambil perhotelan, mereka pasti akan diminta untuk praktik merencanakan dan mengolah aneka makanan dan minuman. Mereka juga dibekali pengetahuan seputar etika jamuan makan di acara-acara formal. Ini bisa jadi pengalaman saat kamu berkarir di bidang ini.
Menarik kan?

5. Selain kuliah di kelas, berkunjung ke perusahaan jadi agenda utama
Agar kegiatan belajar berjalan lancar, program studi diploma mengembangkan jejaring dengan berbagai perusahaan. Tujuannya, untuk memfasilitasi praktik magang dan praktik kuliah lapangan. Kuliah diploma tidak akan membosankan karena praktik kuliah lapangan yang seru seperti ini.

6. Setelah lulus, tidak perlu khawatir soal karir
Bekal ilmu dan praktik selama kuliah akan membantu lulusan diploma untuk lebih gesit menangkap peluang karir. Asalkan, kamu harus pandai memelihara dan memanfaatkan relasi dengan perusahaan-perusahaan. Itulah enam keuntungan buat kamu yang mengambil kuliah diploma. Jadi, nggak perlu ragu untuk jadi ahli madya kan?

Penulis : Defrina Sukma
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s