6 Tips Supaya Kamu Selalu Ingat Materi Pelajaran yang Dipelajari

Sebagai seorang mahasiswa atau pelajar, tentu kita dituntut untuk bisa mengerjakan soal ujian yang menguji sejauh mana tingkat keberhasilan kita dalam belajar. Laporan akademik yang diberikan kepada kita nantinya akan menjadi penentu apakah kita telah mendapatkan nilai yang sukses atau menyedihkan dan semuanya tergantung diri kita.

Memang benar, jika kita ingin sukses dalam ujian kita harus mempersiapkan jauh-jauh hari dengan menyicil materi bahan ujian. Tapi, jika kita sudah berusaha dalam belajar namun hasil yang didapat masih kurang maksimal, boleh jadi ada yang salah dalam cara kita dalam belajar.

Selain belajar, kita pun tentu harus mengingat apa yang kita pelajari. Nah, 6 hal di bawah ini akan meningkatkan ingatanmu ketika akan menghadapi ujian.

1. Berolahraga beberapa menit sebelum ujian
Dengan berolahraga, peredaran darah kita akan lancar dan otak akan mudah mengingat materi yang selama ini telah kita pelajari. Meskipun waktu ujian sejam atau dua jam lagi, jangan habiskan untuk belajar karena semuanya percuma. Justru kamu harus membuat otakmu rileks dan berolahraga ringan.

2. Mengucapkan pelajaran yang kamu ingat
Ketika kamu sudah banyak membaca materi, ucapkan materi yang kamu ingat dengan keras setelah membacanya. Hal ini akan membuat daya ingat otakmu lebih kuat karena suaramu membantu otak untuk mengingat.

3. Buat bagan yang mudah diingat
Bagan alir yang simple dan mudah diingat akan membantu ketika kamu menghadapi ujian. So, jangan malas membuat bagan alir atau diagram, ya!

4. Belajar namun istirahatlah setiap 50 menit
Memang betul kita harus bekerja keras dalam menghadapi ujian, namun usahakan kamu istirahat sebentar setiap 50 menit agar otak bisa relaksasi dan menyerap apa yang tengah dipelajari. Terlalu memforsir otak malah akan menurunkan daya ingatmu dalam suatu materi.

5. Mengunyah permen karet ketika belajar
Hal sepele seperti mengunyah permen karet justru akan membantumu dalam menyerap informasi. Gerakan rahang di sekitar mulut akan melancarkan peredaran darah menuju otak yang otomatis kamu bisa dengan mudah mengingat pelajaran.

6. Berpindah-pindah tempat belajar
Jangan puas dengan belajar di satu tempat. Bila kamu sering belajar dikamar, cobalah pilih tempat lain yang masih nyaman untuk tempat belajarmu agar otakmu tak jenuh. Tempat-tempat seperti taman atau tempat terbuka lainnya akan membuatmu lebih mengingat materi yang dipersiapkan untuk ujian.

Itu dia tips supaya memorimu bisa awet sehingga pelajaran yang kamu pelajari tidak mudah menguap begitu saja. Selamat mencoba ya!

Penulis : Indah Shaliha
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s