5 Soft Skill yang Harus Kamu Punya Meski Akademikmu Kurang Bagus

Kemampuan akademik memang penting untuk menunjang pintu karirmu tapi bukan berarti itu adalah segalanya. Kamu pun harus menguasai soft skill agar saat nanti kamu berkarir, kamu akan mendulang kesuksesan. Saat nanti kerja kamu takkan ditanya berapa IPK mu tetapi justru soft skill lah yang mempengaruhi kemampuanmu dalam bekerja. Jangan terlalu fokus kepada akademik sehingga melupakan soft skill karena keduanya sama – sama penting.

Sebaliknya buatmu yang tak memiliki kemampuan akademik yang hebat, kamu juga tak sebaiknya berkecil hati dan putus asa karena nilai akademik bukan segalanya dan justru soft skill yang akan menyelamatkanmu dikehidupan selanjutnya. Tak semua perusahaan ingin lulusan dengan nilai IPK tinggi, mereka akan melirikmu jika kamu mempunyai 5 soft skill di bawah ini. Tentunya kamu juga tetap harus berusaha menyelamatkan nilai akademismu agar keduanya sama – sama seimbang.

1. Ramah
Kamu harus berusaha ramah kepada semua orang dan membangun koneksi. Saat kamu sedang duduk di bangku kuliah, kamu harus mencoba dekat dengan senior dan para alumni karena mereka akan banyak membantumu untuk memberikan lowongan pekerjaan padamu.

2. Public speaking
Kemampuan public speaking-mu pun harus ditingkatkan karena saat kamu memutuskan untuk berkarir di perusahaan, kamu dituntut untuk bisa berbicara ditengah orang banyak. So, jangan ada lagi gagap dan gugup ya?

3. Kepemimpinan
Tentu saja hal ini penting karena akan ada saatnya kamu harus mengatur bawahanmu dan bisa menjadi seorang pemimpin yang bijaksana. Jika saat ini kamu sedang berada dibangku kuliah, tingkatkan lagi kemampuan kepemimpinanmu agar bisa menjadi bekal saat kamu kerja nanti.

4. Multitasking
Kemampuan multitasking umumnya para perempuanlah yang mampu melakukannya, tetapi bukan berarti para laki – laki tak bisa. Kemampuan ini akan sangat menguntungkanmu di dunia kerja nanti jika kamu bisa mengasahnya dari sekarang. So, buatmu yang terlalu fokus kepada satu hal berusahalah untuk meningkatkan kemampuanmu dalam multitasking.

5. Percaya diri
Semua hal di atas takkan lengkap tanpa adanya rasa percaya diri dari dirimu sendiri. So, mulai hari ini cobalah untuk percaya diri dan yakin akan kemampuan dirimu sendiri karena semua manusia diciptakan mempunyai kelebihan masing – masing.

Penulis : Indah Shaliha
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s