Tanpa Perlu Begadang, Ini 9 Trik Jitu Belajar untuk Nilai yang Memuaskan

Buat para mahasiswa, cara lama untuk menghadapi ujian biasanya rela begadang semalam suntuk demi mendapatkan nilai yang bagus. Padahal cara ini jelas-jelas salah, bukannya kita fresh dan siap saat tes malah kita lesu dan lelah.

Alhasil bukannya mendapatkan nilai yang memuaskan, malah hasil yang nihil yang diperoleh. Kebiasaan buruk begadang sebelum tes malah bikin kamu gak siap dengan tes.

Nah, buat mengakali mendapatkan nilai yang memuaskan, kamu perlu menggunakan 9 trik sukses di bawah ini. Dijamin nilai kamu bakal memuaskan.

1. Tak puas dengan bahan yang sudah disediakan

Mahasiswa antimainstream biasanya gak puas dengan buku standar yang dikasih dari kakak kelas atau dosen. Nah, biar wawasanmu semakin luas kamu harus rajin berkelana dari buku satu ke buku yang lainnya demi hasil yang maksimal. Kalau perlu habiskan waktu luang di perpustakaan tapi tentu bukan berarti mengabaikan sosialisasi dengan yang lainnya. Rasa ingin tahu yang besar mengantarkanmu menjadi sosok yang cemerlang dan siap dalam tes.

2. Mencari materi sendiri tanpa menunggu diberi dosen

Penyakit mahasiswa nih biasanya nunggu materi dari dosen tanpa usaha nyari sendiri, tapi orang yang pintar starategi biasanya akan menyiapkan sendiri bahan materi dari dosen dan melahap contoh-contoh soal tahun lalu dan ia menjadi benar-benar siap saat menghadapi sang dosen.

3. Belajar teratur

Gak ada dalam kamus seseorang bisa sukses dalam waktu yang instan. Belajarlah yang teratur meskipun dalam waktu yang sebentar, nyicil materi sedari dini bisa membuatmu benar-benar paham dan siap dalam tes dari dosen sesusah apapun soal yang diberikan.

4. Mencatat ulang apa yang telah dipelajari

Saat kamu mendapat penjelasan soal mata kuliah dari dosenmu, catat ulang dirumah agar kamu benar-benar mengingat dengan sempurna penjelasan dari dosenmu. Otak akan menyimpan informasi dengan baik karena kamu rajin mengulang bahan kuliah.

5. Lebih memilih tidur daripada harus begadang menyiksa diri

Sebenernya udah gak zaman harus begadang semalam suntuk saat besok harus ujian. Lebih baik kamu tidur dan biarkan otakmu istirahat agar besok kamu bisa lebih fresh dan otakmu siap.

6. Saat dosen menjelaskan di kelas, bekali ilmu dulu sebelum ke kampus

Sebelum dosen kasih penjelasan, jauh-jauh hari persiapkan dengan membaca materi dan menyiapkan ilmu sehingga saat kelas berlangsung kamu justru harus bertanya materi apa saja yang kurang dipahami.

7. Evaluasi nilai yang telah diperoleh

Mahasiswa cerdas gak langsung terima begitu saja nilai yang diperoleh. Mereka evaluasi diri apa yang saat ini kurang dan memperbaikinya. Jika nilai mereka bagus, mereka akan mempertahankan dan tetap terus belajar. So, jangan pasrah dengan nilaimu saat ini, perbaiki apa yang kurang.

8. Nyari ilmu dan pengalaman diluar kampus

Selain emang wajib nyari ilmu di bangku kuliah, kamu juga tetep wajib mencari ilmu di luar kampus seperti organisasi kemahasiswaan. Hal itu penting untuk meningkatkan soft skillmu.

9. Konsisten

Mereka gak akan berpuas diri dengan hasil yang diperoleh dan terus konsisten belajar sehingga gerbang menuju sarjana pun sebentar lagi diraih.

Yang namanya hasil baik pastinya memerlukan proses yang panjang, bukan instan. Sama halnya meraih nilai yang tinggi, kamu harus rajin belajar, bukannya pakai sistem kebut semalam untuk menguasai materi. Nah, jadi lakukan 9 hal di atas ya supaya memperoleh hasil IPK yang maksimal.

Penulis : Indah Shaliha
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s