Berhentilah Salahkan Dosen, Ini 5 Penyebab Kamu Dapatkan Nilai C+

Buat kamu yang saat ini merasa dirugikan sama dosen karena mendapatkan nilai C+, cobalah telusuri apakah memang betul ini semua kesalahan beliau sebagai dosen? Apakah kesalahan kamu sebagai mahasiswa?. Karena kalau memang kamu betulan rajin, tentu bapak atau ibu dosen gak akan memberi kamu nilai yang tanggung seperti C+.

Nah, daripada kamu sibuk nyalahin dosenmu, mending kamu telusuri apakah benar 5 penyebab kamu mendapatkan nilai tanggung ada di bawah ini.

1. Gak fokus
Bisa aja pas perkuliahan sedang berlangsung, kamu malah fokus sama jemuran yang belum diangkat atau kamu malah kepikiran sama idola KPop kamu yang besok mau konser. Nah, hal-hal yang sebenarnya kamu anggep cetek kayak begini bisa jadi menyebabkan kamu gak fokus mendengarkan perkuliahan yang berlangsung dan nilaimu pun jadi kurang bagus.

2. Gak serius belajar
Kamu mengaku belajar mati-matian sampai begadang tapi kalau kamu ngga serius, dijamin kamu tetep gak akan ngerti sama isi mata kuliah. Percuma kan mengaku belajar lama kalau gak mengerti? Mending belajar sedikit dan efektif tapi kamu paham betul dengan isinya.

3. Menunda-nunda tugas
Kuliah dengan tugas seabreg nggak kamu cicil sedikit demi sedikit malah selalu menunggu deadline. Kebiasaan mengerjakan tugas apalagi H-1 pengumpulan, bisa membuat kamu gak mengerjakan tugas dengan maksimal yang bisa mempengaruhi nilai akhir mata kuliah kamu. Tugas itu sangat membantu kamu ketika ujian akhir, so jangan menyepelekan dan menunda-nunda mengerjakan tugas, cicil dari sekarang!

4. Keseringan main
Kalau faktor ini sih otomatis bisa membuat nilai kamu terjun payung nih. Kata siapa anak kuliahan gak boleh main? Boleh banget kok, asalkan kamu harus tahu waktu kapan belajar dan kapan main. Jangan memprioritaskan main terus tapi kuliah malah keteteran!

5. Kurang bersemangat
Boleh jadi juga alasan kamu dapat nilai pas-pas an yaitu karena kamu kurang semangat sama mata kuliahnya dengan alasan dosennya killer atau kamu gak suka dengan mata kuliah tersebut. Sugesti negatif bisa membuat nilai kamu kurang bagus lho, yang otomatis bisa buat IPK kamu terjun payung ketika kamu berpikir sudah susah payah untuk berjuang.

Nah mulai deh dari sekarang kamu gunakan skala prioritas biar kamu gak dapat nilai tanggung lagi, semuanya tergantung usaha kamu masing-masing.

Penulis : Indah Shaliha
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s