Ingin Jadi Anak Teknik? Berikut 16 Jurusan yang Patut Dipertimbangkan!

Buat kamu yang mau masuk perguruan tinggi, sudah kepikiran bidang apa yang ingin kamu dalami? Kesehatan, Ekonomi, Pendidikan, Sosial, atau Teknik?

Jika kamu pilih bidang teknik maka kamu harus tahu berbagai macam jurusan di teknik. Karena, bisa dibilang berbeda lho setiap jurusan. Mulai dari konsentrasi bidang, hal yang dipelajari, dan prospek kerja. Simak beberapa jurusan teknik yang ada di Indonesia berikut.

1. Teknik Industri
Teknik Industri salah satu jurusan bidang teknik yang banyak digemari. Jurusan ini kadang dianggap kurang ‘teknik banget’, dikarenakan juga mempelajari bidang manajemen industri. Tapi, dari situlah daya tariknya. Prospek kerja jurusan ini pun menjadi lebih luas seperti: divisi produksi, divisi engineering, divisi perencanaan biaya, bahkan divisi HRD. Buat kamu yang berminat, jurusan ini telah banyak dibuka di berbagai perguruan tinggi.

2. Teknik Sipil
Satu jurusan teknik yang lekat dengan infrastruktur, yaitu teknik sipil. Jurusan ini memiliki peran penting dalam kehidupan karena, berkaitan dengan bangunan-bangunan penting seperti: jembatan, jalan, dan gedung-gedung. Masuk jurusan teknik sipil maka sudah selayaknya harus cermat dan teliti, apalagi dalam hitungannya.

3. Teknik Elektro
Elektro atau yang lebih akrab dikenal dengan nama listrik, sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia sekarang. Semua sudah berbau listrik, dari pagi sampai malam membutuhkan listrik. Nah, jika kamu tertarik memperlajari hal yang bersangkutan dengan listrik maka, teknik elektro bisa jadi pilihanmu. Untuk prospek kerja tidak perlu khawatir, banyak lini yang membutuhkan kamu.

4. Teknik Mesin
Sama halnya dengan listrik, mesin pun juga semakin dibutuhkan. Mungkin hanya bidang otomotif yang familliar di khalayak umum. Namun, mesin juga menjadi hal yang vital di bidang industri. Hampir semua menggunakan mesini untuk efisiensi dan memaksimalkan produksi. Jadi, sudah jelas kan kalau jurusan teknik mesin akan sangat dibutuhkan.

5. Teknik Lingkungan
Teknik Lingkungan itu jurusan teknik yang mempelajari bagaimana menciptakan lingkungan sehat dan bersih dengan teknik dan teknologi. Contoh umumnya, pengolahan limbah sama drainase yang sudah banyak orang tahu. Jurusan ini dibuka di beberapa perguruan tinggi seperti ITB, IPB, ITS, UI, dan Undip.

6. Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Jurusan PWK atau Planologi ini dibuka dibeberapa perguruan tinggi unggulan di Indonesia antara lain UGM dan ITB. Jurusan ini nantinya dimaksudkan untuk merancang sebuah kota, menentukan tata guna lahan, sistem transportasi, serta mengatur aktivitas-aktivitas yang ada di dalamnya. Sedikit berbeda dengan Arsitektur lanskap yang mengutamakan sisi keindahan dan estetika, Planologi lebih mempertimbangkan aspek sosial, ekonomi, dan politik.

7. Teknik Pertambangan
Wah, kalau bahas pertambangan yang terlintas pasti kata ‘kaya raya’. Karena, memang banyak sih contoh nyatanya. Itu semua dikarenakan ahli di bidang pertambangan membutuhkan kerja keras, kecerdasan, ketelilitian yang luar biasa. Jadi, sudah selayaknya mendapatkan balasan yang setimpal. Jurusan Teknik Pertambangan sendiri mempelajari proses pertambangan yang terdiri dari kegiatan penyelidikan umum (prospeksi), eksplorasi penambangan, pengolahan bahan tambang (eksploitasi), pengangkutan, sampai dengan pemasaran hasil tambang. Prospek kerja pun bervariasi bisa bekerja di perusahaan tambang seperti freeport, menjadi akademisi, bergabung ke instansi pemerintah seperti Kementerian ESDM dan BUMN.

8. Teknik Perminyakan
Masih mirip dengan Teknik Pertambangan, jurusan Teknik Perminyakan mempelajari ilmu tentang eksplorasi, eksploitasi sumber daya alam. Bedanya terletak pada objeknya. Adapun perusahaan yang mengincar lulusan Teknik Perminyakan antara lain: Pertamina, PGN, Chevron, Shell, Total, dan masih banyak lagi. Jurusan ini pun dibuka di beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia, contohnya: ITB dan UPN Yogyakarta.

9. Teknik Kimia
Jurusan ini mempelajari bagaimana proses dan cara mengubah bahan baku/mentah dan bahan kimia menjadi sebuah produk yang lebih bernilai secara komersial dengan memanfaatkan proses-proses kimia. Tentu pelajaran yang harus kamu kuasai dan senangi ialah Kimia. Prospek kerja jurusan ini pun sangat luas mulai dari industri kimia, perminyakan, sampai farmasi. Atau menjadi konsultan, akademisi, wirausaha, dan sebagainya.

10. Teknik Fisika
Jurusan ini mempelajari berbagai gejala-gejala fisika melalui penerapan aplikasi dalam berbagai bidang ilmu dasar, ilmu terapan, dan pemanfaatan teknologi. Jurusan ini tidak hanya berfokus pada suatu spesialisasi, namun juga berkaitan dengan hal-hal keteknikan dan teknologi dengan ilmu fisika murni maupun terapan untuk mengatasi berbagai masalah yang berhubungan dengan berbagai bidang industri. Untuk kamu yang berminat Fisika dan Matematika akan jadi teman favoritmu.

11. Teknik Nuklir
Jurusan ini mempelajari ilmu inti atom dengan menggunakan prinsip-prinsip Fisika Nuklir dan interaksi antara radiasi dan material sebagai dasarnya. Jangan menganggap nuklir hanya untuk bom atom, karena nuklir dapat dimanfaatkan untuk bidang medis, pembangkit listrik, dan energi. Di Indonesia jurusan ini masih sangat sedikit. Perguruan tinggi yang membuka jurusan ini adalah UGM dan STTN. Prospek kerja dapat bekerja di BATAN, Pertamina, dan sejenisnya.

12. Teknik Biomedik
Jurusan ini merupakan teknik terapan dalam bidang medis/kedokteran yang membutuhkan berbagai macam disiplin ilmu dalam penguasaan terhadap materi-materinya yang meliputi pengaplikasian teknik dan prinsip teknik dalam bidang medis atau kedokteran. Jurusan ini menggabungkan kemampuan desain dan pemecahan masalah seorang insinyur terhadap ilmu medis dan biologis. Prospek kerja dari jurusan ini jelas berkaitan dengan pengadaan dan pemeliharaan alat-alat kesehatan. Dapat bekerja di berbagai bidang kesehatan, juga bisa bekerja di bagian non-klinik dan penelitian alat. Perguruan tinggi yang menyediakan jurusan teknik biomedik adalah ITS, Unair, dan UI.

13. Teknik Perkapalan
Sebagai negara maritim Indonesia sudah selayaknya menyadari pentingnya kapal. Kapal dapat digunakan untuk transportasi serta kegiatan ekonomi maupun pertahanan. Maka, dari itu ahli perkapalan akan dibutuhkan. Beberapa perguruan tinggi pun merespon positif dengan membuka jurusan teknik perkapalan, yang salah satunya ada di ITS.

Teknik Perkapalan sendiri mempelajari seluk semua hal yang berkaitan dengan kapal. Lebih spesifiknya, pengetahuan tentang perancangan dan pembangunan kapal (naval architecture and shipbuilding), dimulai dari bentuk kapal, struktur, produksi, perbaikan, sampai pada pengoperasian kapal yang sudah siap menjadi alat transportasi, serta pengembangan sistem transportasi dan bisnis pengoperasian armada kapal.

14. Teknik Geologi
Pada jurusan ini nanti akan mempelajari banyak hal tentang ilmu bumi yang meliputi perminyakan, pertambangan, geotermal, mitigasi bencana, dan lain sebagainya. Cocok sekali buat kamu yang tertarik dengan ilmu alam seperti Fisik, Biologi, Kimia, Matematika, dan juga Geografi.

15. Teknik Geodesi
Teknik Geodesi merupakan jurusan yang mempelajari bentuk dan ukuran bumi, darat dan laut. Jurusan ini punya peran yang sangat penting dalam kehidupan nyata. Hampir semua lapangan kerja dan industri menggunakan peran insting spasial geodesi, contohnya perminyakan, pertambangan, dan teknologi informasi. Tahukah kamu bahwa informasi gempa BMKG, Google Map, penemuan titik api pada kebakaran hutan, dan teknik pengukuran batas wilayah.

16. Teknik Metalurgi
Jurusan ini mempelajari sifat-sifat kimia yang terkandung dalam logam. Dari kandungan kimia tersebut, para mahasiswa akan memahami fungsi masing-masing jenis logam untuk kehidupan sehari-hari. Contonya adalah otomotif, pertambangan, elektronik, transportasi, penerbangan, bahkan semen dan pupuk. Salah satu perguruan tinggi yang membuka jurusan ini adalah UI.

Kira-kira, kamu tertarik jurusan teknik yang mana?

Penulis : Rizqi Akbar
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s