7 Alasan Kenapa Skripsimu Molor Terus, Padahal Temenmu Udah Lulus

Mala atau mahasiswa lama emang selalu aja diribetkan oleh masalah skripsi yang gak kelar – kelar. Entah karena keenakan jadi mahasiswa atau gak sungguh – sungguh pengen beresin skripsi, kasus mahasiswa abadi emang udah banyak banget menghantui para mahasiswa lama.

Daripada kamu salahin skripsi terus karena telat lulus, mending kamu introspeksi diri apakah 7 alasan di bawah ini penyebab kamu mangkir skripsi atau bukan? Nah kira – kira apa saja ya penyebab skripsimu lama selesai, simak saja nih berikut ini.

1. Ditunda – tunda terus
“Ah nanti deh lima menit lagi atau besok lagi aja deh kalau sekarang filmnya lagi rame”. Hal – hal seperti itu bisa membuat skripsimu ngga kelar – kelar karena kamu doyan banget nunda – nunda. Di saat yang lain udah lulus dan kamu masih jadi mahasiswa, salah siapa dong bisa kayak gini?

2. Anggap mudah tapi gak kunjung dikerjakan
“Ah cetek banget nih besok juga beres laah dua jam”. Kamu selalu anggep skripsi adalah pekerjaan yang mudah tapi gak kunjung juga dikerjakan, alamat skripsi kamu bakal mangkir terus dan kamu pun gak kunjung lulus jadi sarjana deh akhirnya.

3. Gak sibuk nyari buku referensi buat pembahasan skripsi
Udah tahu skripsimu itu sulit dan butuh buku buat dijadiin pembahasan, namun kamu masih aja males dan gak mencoba nyari buku tersebut. Mau kamu usaha sekeras apapun kalau gak ada referensi, gimana skripsimu bisa beres? Skripsi kan karya ilmiah, bukan tipu – tipu yang otomatis kudu punya bahan pembelajaran yang banyak banget lho.

4. Bisikan gaib buat gak mengerjakan namun kamu turuti
“Duh mager nih! Atau ah hari ini off dulu deh !” bisikan gaib yang sesat dari diri kamu masih aja kamu turuti, alhasil bukannya cepet lulus yang ada kamu jadi mahasiswa abadi.

5. Gak diskusi saat bimbingan, cuma mendengarkan dosen
Saat bimbingan sama dosen, kamu harus nih aktif bertanya tentang materi kamu dan tanyakan apa yang gak kamu mengerti biar peluang kamu beresin skripsi pun lebih besar. Kalau kamu diem dan hanya mendengarkan, otomatis kamu gak akan paham – paham mengenai topik skripsi kamu yang akhirnya skripsi kamu mangkir

6. Gak ngejar dosen, hanya diam menunggu dosen gak sibuk
Duh, nunggu dosen gak sibuk sih kudu pensiun dulu nih beliau. Yang namanya dosen gak mungkin banget gak sibuk, selain harus membimbing kamu, beliau juga punya anak bimbingan yang banyak. Belum lagi misalnya beliau lagi punya proyek penelitian, otomatis kan gak mungkin gak sibuk. Disini kamu yang harus kejar beliau, misalnya lewat sms atau telepon. Zaman kan udah canggih, gak mungkin banget kan beliau gak punya handphone?

7. Berpikir jika skripsimu gak bakal beres
Kalau kamu mikir negatif, pikiran kamu akan menguasai diri kamu sendiri yang ujung – ujungnya malah merugikan diri kamu sendiri. Sama halnya dengan mikir skripsi gak bakal kelar, yah hal itu bakal kejadian. So, kamu harus optimis biar kamu bisa cepet jadi sarjana. Jangan mau kalah sama temen – temen kamu yang udah nyampe ke gerbang itu. Kalau mereka bisa, kamu pun pasti bisa.

Penulis : Indah Shaliha
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s