5 Hal yang Harus Kamu Tekuni di Kampus Agar Masa Kuliah Tidak Sia-sia

Pastikan saat menjadi mahasiswa, kamu menjamin dirimu berkualitas sesuai dengan almamater yang kamu sandang. Begitu banyak lulusan yang lulus cepat tapi menjadi orang yang biasa-biasa saja. Namun, banyak juga yang terlambat lulus juga tidak kalah biasa. Padahal, mahasiswa merupakan simbol inteligensi yang sangat dihormati oleh seluruh kalangan. Sayangnya, hanya segelintir orang saja yang menyadari dan memanfaatkan gelar itu dengan baik.

Itu sebabnya, kamu harus tahu hal-hal yang perlu ditekuni selain mengerjakan tugas dan memenuhi presensi perkuliahan. Sebagai bekal kemandirian pasca kuliah dan jalan menuju kesuksesan. Ada apa saja ya? Simak, yuk!

1. Mengasah minat dan bakat
Bisa jadi banyak di antara kalian yang mengabaikan minat dan bakat yang ada di dalam diri. Kedua hal ini dianggap tidak penting untuk masa depan. Kamu berpikir, mendapatkan pekerjaan dan gaji sudah cukup menjamin. Padahal tidak demikian. Zaman terus berubah. Mindset lama tidak bisa terus berlaku sepanjang waktu.

Minat dan bakat adalah sesuatu yang sudah ada tanpa perlu mencarinya jauh-jauh. Kamu hanya perlu memanfaatkannya dengan maksimal dan mengeluarkan potensi terbaik. Tekunilah dengan sarana yang tersedia di sekitar seperti internet, pelatihan, les, komunitas dan sebagainya.

2. Banyak baca buku dan artikel populer
Kelemahan dari mahasiswa sekarang adalah malas baca buku. Percaya gak? Sebaiknya kamu cek sendiri ya. Padahal, buku menyimpan energi dahsyat yang bisa menciptakan kesuksesan bagi pembacanya.

3. Aktif di komunitas dan organisasi
Kamu juga wajib mengasah jiwa sosial, tanpa mengenyampingkan hal lainnya. Sebab, di kehidupan nyata, kamu akan hidup berkelompok, bermasyarakat dan bekerja dalam tim. Kamu harus paham bagaimana cara berhadapan dengan orang dengan ragam karakternya. Kamu harus juga punya cara mengatasi konflik yang pasti ada. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui pola manajemen dalam organisasi yang akan sangat berguna di masa pasca kampus.

4. Bekerja paruh waktu
Tujuan bekerja paruh waktu bukan semata karena uang. Tapi, lebih kepada menanamkan empati untuk kedua orangtuamu. Mereka adalah orang yang membiayai hidupmu hingga sekarang. Dengan bekerja, kamu akan lebih memahami betapa kerasnya perjuangan untuk makan dan kenyamanan dalam hidup.

5. Berbisnis
Sekalipun kamu akan bekerja sebagai pegawai atau karyawan sebuh perusahaan, skill dan mental bisnis harus tetap dibangun. Bekerja dengan orang atau lembaga lain tidak menjamin bertahan lama. Bisa saja kamu yang tidak betah atau perusahaan yang harus memecatmu. Di saat sepeti itu, bisnis akan sangat bermanfaat untuk menopang hidupmu dalam bentuk lain.

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu tekuni mulai sekarang. Mumpung belum selesai kuliah. Jika kamu berhasil menerapkan semuanya, Yakin deh mentalmu akan lebih siap menghadapi tantangan yang tiada habisnya.

Penulis : Uswatun Niswi
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s