Psikologi Pendidikan: Yuk, Kenali Lebih Jauh Tipe Gaya Belajar yang Sesuai Denganmu

Setiap orang tentu memiliki cara belajar dan berpikir yang berbeda antara satu sama lain. Begitu pula dengan potensi dan kemampuan yang dimiliki. Masing-masing unggul dalam bidang yang dikuasai. Nah, bagaimana cara kita belajar juga akan sangat berpengaruh terhadap struktur otak kita, loh. Untuk itu, proses belajar akan semakin optimal apabila kita mampu mengolah kecenderungan dari gaya belajar masing-masing.

Untuk mengetahui lebih dekat learning style yang cocok buat kamu, simak keempat gaya belajar ini, ya!

1. Tipe Auditori
Apakah kamu termasuk orang yang lebih mengandalkan pendengaran untuk memahami sesuatu? Kalau iya, berarti kemungkinan kamu memiliki gaya belajar auditori loh. Orang dengan tipe belajar ini cenderung bisa mengingat dan memahami informasi tertentu dengan cara mendengarkan.

“Hearing is believing.”
Biasanya ciri-ciri dari seorang auditori adalah mampu mengenal dan memahami banyak lagu, suka berbicara, kurang menyukai tugas yang berkaitan dengan tulis-menulis, dan terkesan lebih cuek dengan hal-hal di sekitarnya. Pekerjaan yang cenderung cocok dengan tipe belajar ini adalah musisi, reporter, wartawan, pengacara, pembicara dan lain-lain.

Bagi yang merasa memiliki pola perilaku yang sesuai dengan ciri di atas, kalian dapat mengoptimalkan kemampuan tersebut dengan cara:

  • Membuat kartu-kartu hafalan untuk mencatat poin-poin penting atau sebuah materi, kemudian bacalah dengan suara keras dan lakukan berulang-ulang.
  • Tentor sebaya. Kemampuanmu akan meningkat apabila kamu bisa belajar dengan cara mengajari temanmu sampai paham. Dengan begitu kamu dapat menyampaikan materi dan mendengarkannya sekaligus.
  • Rekamlah suaramu saat membaca topik-topik penting. Kemudian, dengarkanlah berulang-ulang hasil rekaman itu sampai kamu memahami topik tersebut.

2. Tipe Visual
Orang yang memiliki gaya belajar visual cenderung memiliki kepekaan yang kuat terhadap gambar. Mereka lebih mengutamakan penglihatannya untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Nah, untuk lebih meyakinkan kembali apakah kamu cenderung ke gaya belajar visual ini, ada beberapa karakteristik yang mampu mengidentifikasi kecenderunganmu.

Seseorang dengan model belajar visual cenderung lebih suka menggunakan gerakan tubuh saat ingin menjelaskan suatu perihal. Mereka akan menyukai penjelasan disertai dengan peragaan dibanding hanya mendengar penjelasan lisan saja. Terkadang orang dengan tipe belajar ini sulit mengikuti perintah secara lisan karena kesalahan dalam menafsirkan maksud dan tujuan. Orang-orang dengan profesi pelukis, arsitek, fotografer, dan lain-lain merupakan contoh orang bertipe visual.

Ada strategi jitu yang cocok buat kamu terapkan untuk meningkatkan kualitas belajarmu ini.

  • Lihat dan perhatikan orang yang sedang berbicara, hal itu akan memudahkan kamu untuk menyerap informasi yang disampaikan.
  • Buatlah mind map yang penuh dengan gambar ilustrasi mengenai topik yang ingin kamu pelajari.
  • Visualisasikan penjelasan secara lisan yang disampaikan pemateri atau guru dengan mengilustrasikannya ke dalam gambaran 3 dimensi.

3. Tipe membaca
Gaya belajar membaca ini cocok bagi orang-orang yang menyukai hal yang bersifat teori. Untuk bisa mengingat dan memahami suatu topik, orang dengan tipe ini akan lebih senang untuk menuliskannya terlebih dahulu. Pasti ada di antara kalian memiliki teman yang rajin mencatat, iya nggak?

Kok, dia rajin nulis materi yaa? Wah, cocok buat dipinjami catatan nih! Wkwk
Orang-orang rajin biasanya tergolong dalam tipe ini nih. Orang-orang sejenis ini pasti memiliki catatan yang rapi dan lengkap. Gaya tulisannya pun tergolong enak dipandang mata, nggak jauh deh dari Comic Sans MS atau pun Arial. Gaya belajar ini mudah mengingat apa yang mereka tulis sendiri.

Ada 3 hal yang bisa kalian lakukan untuk mengembangkan potensi diri kalian.

  • Tingkatkan kemampuanmu dalam membaca dan kuasai teknik-teknik membaca.
  • Selalu catat dan catatlah informasi apapun yang kamu dapatkan. Buatlah catatan yang rapi. Hal ini akan memudahkanmu dalam menguasai suatu persoalan.
  • Selalu tuliskan apapun yang perlu kalian kerjakan, buatlah list to do.

4. Tipe kinestetik
Apakah kalian termasuk orang yang sulit diajak diam? Terlalu senang berulah? Oh, mungkin kalian cocok dengan gaya belajar yang satu ini. Layaknya seorang atlet yang selalu bergerak, kalian nggak tahan disuruh duduk manis. Orang dengan model belajar ini lebih sering mengerjakan sesuatu menggunakan tangan, sulit berdiam diri, dan tidak suka mempelajari hal-hal berbau abstrak.

Jangan khawatir, si aktif yang satu ini bakal memiliki kemampuan melejit kalau:

  • Menggunakan kinetika atau gerakan untuk menyerap informasi.
  • Berlatih mengingat suatu materi sambil bergerak, entah sekadar berjalan atau dengan memainkan sesuatu.
  • Belajar dengan sistem “learning by doing”.

Nah, bagaimana menurut teman-teman? Apakah kalian termasuk orang dengan tipe belajar auditori, visual, membaca, atau bahkan kinestetik? Kalau udah tahu, mulailah untuk mengoptimalkan kemampuan kalian yaa! Karena dengan lebih mengenali diri, kalian akan lebih mudah mengolah kemampuan diri. Belajar, yuk!

Penulis : Oneday
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s