Kamu Ingin Kuliah Gratis? Coba 5 Beasiswa dalam Negeri Ini

Banyak yang tidak bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi karena banyak hal, dan alasan paling klasik ialah masalah ekonomi. Memang tidak bisa dipungkiri biaya kuliah di perguruan tinggi memang tidak sedikit, berbeda dengan SMA atau SMP.

Selalu ada jalan menuju Roma. Buat kamu yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi tapi takut tidak bisa memenuhi kebutuhan biayanya jangan tangan takut asal ada kemauan pasti ada jalan. Zaman sekarang banyak beasiswa yang bisa kamu dapatkan untuk membantu biaya kuliah baik beasiswa dari pemerintah maupun dari swasta.

Tentu saja beasiswa tersebut tidak bisa didapat dengan cuma-cuma. Ada sejumlah kualifikasi dan bahkan tes yang harus kamu penuhi dan taklukan. Bahkan jika kamu bisa konsisten mempertahan kualifikasi yang dipersyaratkan, ada kemungkinan beasiswa tersebut terus berlaku padamu.

1. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) diperuntukan bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri. Untuk mendapatkan beasiswa ini mahasiswa harus memenuhi syarat seperti IPK paling rendah harus mencapai 3.00, sedang kuliah pada semester dua dan bisa dari semester pertama asal ada rekomendasi dari pihak sekolah dan memiliki prestasi sewaktu di SMA, memiliki prestasi bidang ko-kurikuler dan/atau ekstra kurikuler sebagai nilai plus dsb.

Biasanya pengumuman penerimaan beasiswa ini akan diumumkan pihak Fakultas/Jurusan tinggal mahasiswa mendaftarkan diri dan melampirkan seluruh dokumen yang dipersyaratkan. Hasil akhir tentu saja hanya mahasiswa yang memiliki kualifikasi paling baik diantara pelamar lainnya yang akan mendapatkan beasiswa ini.

2. Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BPP-PPA)
Persyaratan dan prosedur pengajuan Beasiswa Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BPP-PPA) tidak jauh berbeda dengan Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA). Hanya saja Beasiswa Bantuan PPA harus menyertakan Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua dan Surat Keterangan Tidak Mampu atau layak mendapat bantuan yang dikeluarkan oleh Lurah/Kepala Desa atau pejabat berwenang.

3. Beasiswa Bank Indonesia
Program Beasiswa Bank Indonesia merupakan Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Indonesia yang bekerjasama dengan 63 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seluruh Indonesia. Beasiswa ini diperuntukan bagi mahasiswa-mahasiswa program strata 1 yang kurang mampu, namun memiliki prestasi akademik yang baik guna menyelesaikan tugas akhir akademik/studinya dan bersifat sosial serta tanpa ikatan dinas.

Jika kamu berhasil mendapatkan beasiswa ini, tidak hanya financial kuliahmu yang akan terbantu tapi kamu juga akan mendapatkan pelatihan-pelatihan keren baik secara lokal maupun nasional serta secara otomatis kamu juga akan tergabung dalam komunitas GenBI (generasi baru indonesia) di mana setiap tahunnya akan diadakan kegiatan secara nasional.

4. Beasiswa Djarum
Beasiswa Djarum Foundation ini tidak kalah kece dengan Beasiswa Bank Indonesia bukan hanya financial tapi kamu juga akan mendapat berbagai pelatihan seperti Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, serta International Exposur dsb.

Beasiswa ini diperuntukan untuk Perguruan Tinggi yang bermitra dengan Program Djarum Beasiswa Plus. Untuk mendapatkan beasiswa ini kamu harus memenuhi syarat administrasi seperti mahasiswa semester empat, memiliki IPK 3.00, aktif dalam berorganisasi. Nah, setelah dinyatakan lulus administrasi kamu harus menaklukan serangkaian tes dan wawancara.

5. Beasiswa Bank Central Asia (BCA) Finance Peduli
Persyaratan Beasiswa BCA Finance Peduli tidak hanya diperuntukan untuk Perguruan Tinggi Negeri akan tetapi Perguruan Tinggi Swasta juga boleh mendaftar asalkan memenuhi syarat-syarat yang ditentukan seperti mahasiswa yang sedang kuliah pada semester dua, memiliki IPK paling rendah 3.00 untuk PTN dan 3.40 untuk PTS dsb. Kamu dapat mendaftar secara online dan jika terpilih wajib mengirimkan dokumen yang dipersyaratkan kemudian.

Itu dia rekomendasi beasiswa dalam negeri yang bisa meringankan beban biayamu semasa kuliah. Belajar yang rajin ya, karena kita semua adalah penerus bangsa yang dinanti-nantikan. Selamat berjuang!

Penulis : Elsa fy
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s