5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Supaya Bisa Lolos SBMPTN

“Udah hampir di pertengahan semester dua aja nih. Sekarang bulan Maret, besok bulan April, besoknya lagi bulan Mei. Oh God! Bentar lagi kan Ujian Nasional, terus tes masuk Perguruan Tinggi deh. Aduh, persiapanku udah sampai mana yaa?”

Untuk calon-calon mahasiswa yang masih kurang beruntung karena usaha kalian dirasa masih kurang buat lolos SNMPTN 2018, tenang deh. Ini bukan waktu kalian untuk meratapi nasib dan berselimut dengan penyesalan. Nah, supaya kekecewaan karena gagal SNMPTN gak terulang, kalian harus sadari lima hal ini dan lakukan perbaikan diri!

1. Kurang waktu gak bisa jadi alasan kamu buat bilang “aku belum berhasil”

“Setiap orang memiliki waktu yang sama, yaitu 24 jam.”
Zaman nowkok masih meng-kambing hitamkan waktu jadi alasan hasil kerja kurang optimal atau kegagalan sih! Udah gak zaman lagi lho. Jelas-jelas semua orang punya waktu yang sama, berarti basically setiap orang memiliki kesempatan dan peluang yang sama. Yang membedakan hanyalah bagaimana cara kita mengolah dan me-manage waktu jadi lebih produktif.

Jangan buang-buang waktu untuk memikirkan hal tersebut. Stop it! Sekarang waktunya buat kamu bangkit dan merencanakan segala sesuatu untuk meraih kampus dan jurusan impian kamu. Ambil pena dan tuliskan list to do kamu tanpa penundaan.

2. Waktuku hanya sedikit, berarti aku butuh strategi

Ini semua belum terlambat. Setelah sadar kalau waktu yang dimiliki tidaklah banyak, maka yang kalian butuhkan adalah strategi. Kalian perlu menyusun strategi jitu untuk bisa meraih atau bahkan melebihi skor atau passing grade sesuai jurusan dan universitas yang kalian impikan. Caranya?

Analisa kemampuan dan kelemahanmu dengan menyesuaikan kompetensi yang diminta dalam jurusan itu. Kita semua tidak tahu bagaimana proses penilaian dari SBMPTN itu sendiri, tetapi yang jelas kita harus sadar kalau dengan waktu kurang dari 3 bulan hampir mendekati kata mustahil untuk bisa memahami dan mendalami semua materi yang dibutuhkan.
“Doing is better than perfect!”

3. Rajin-rajinlah mengerjakan soal dan evaluasi diri

Untuk mengetahui seberapa jauh kemampan kita dan bagaimana meningkatkan kemampuan yang dimiliki, tidak lain dan tidak bukan adalah dengan berlatih mengerjakan soal. Semakin tinggi frekuensi atau kekerapan kita dalam mengerjakan soal, entah soal per-bab atau pun soal campuran, kemampuan kita dalam mengerjakan soal semakin terlatih dan timing dalam pengerjaan soal itu pun semakin cepat dan tepat.

Nah, alangkah lebih baik jika kalian juga mengagendakan Try Out mandiri paling tidak dua kali dalam satu minggu. Usahakan untuk membuat suasana dalam Try Out mandiri itu layaknya kalian sedang melakukan ujian yang sebenarnya. Hindari gangguan seperti suara bising atau pun alat-alat elektronik seperti hand phone saat mengerjakan. Setelah itu lakukan evaluasi diri. Analisa kembali kelemahanmu sewaktu mengerjakan soal dan segera perbaiki. Penuhi target dengan strategi yang telah kalian susun.

4. Tiada kata bosan untuk belajar

Ketika sampai di titik seimbang dalam belajar, kita akan menemukan kenyamanan dari esensi kata belajar itu sendiri. Sehingga belajar bukanlah sesuatu yang membosankan atau menjadi momok menakutkan atau bahkan beban bagi pelajar. Belajar adalah sebuah proses yang berlangsung seumur hidup kita. Nikmati saja apa yang sedang kita jalani.

“Hasil tidak pernah mengkhianati usaha.”
Jadikan kesulitan yang dialami sebagai tantangan dan bukan sebagai hambatan. Ketika kita memiliki tujuan yang benar dalam belajar, maka jalan yang dilalui akan mudah dan dipermudah. Bayangkan dirimu sebagai seorang petualang yang sedang melintasi hutan dan berperang dengan keterbatasan hanya demi satu tujuan. Fokuslah dan gapailah!

5. Lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta

Terkadang, apa yang tertulis di akhir bukanlah hal yang kurang penting. Dalam hal ini, yang dituliskan di akhir adalah sebuah keutamaan. Rajin-rajinlah beribadah. Dekatkanlah dirimu kepada Sang Pencipta. Laksanakanlah perintah-Nya dan jauhilah larangan-Nya. Apapun yang terjadi di dunia adalah atas kehendak-Nya. Manusia bisa saja berencana, tetapi Yang Mahakuasa adalah penentunya.

Sekiranya, kelima hal di atas adalah beberapa poin penting untuk diterapkan. Yuk, jadi orang maju dengan pemikiran yang maju. Kelima hal di atas gak hanya untuk mempersiapkan SBMPTN lho. Gak percaya? Coba aja dulu. Semangat terus ya!

Penulis : Oneday
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s