10 Tips Belajar Persiapan UN dan SBMPTN, Bisa Tembus Fakultas Kedokteran!

Belajar itu susah-susah gampang. Susah karena perlu ketekunan, gampang karena memang tinggal belajar. Untuk teman-teman Sekolah Menengah Atas yang sedang berjuang Ujian Nasional, SNMPTN, hingga SBMPTN, ada beberapa tips belajar yang wajib dipraktikkan, nih. Dijamin akan memudahkan proses memasukkan materi ke dalam otak kamu.

1. Belajar jauh sebelum ujian dan buat agenda belajar
Mulailah belajar dari sekarang. Meskipun ujian sudah jauh, kamu nggak boleh berleha-leha. Pasti nggak sedikit juga orang yang ingin masuk di kampus impianmu. Makanya, belajar di awal itu perlu. Ini juga termasuk belajar di awal hari, tahu nggak kalau belajar saat subuh bisa mendorong materi masuk ke otak dengan lebih efisien. Karena saat subuh udaranya yang adem, suasana yang tenang, membuatmu rileks ketika belajar.

Jangan lupa juga untuk buat agenda belajar tiap harinya. Misalnya hari ini kamu belajar biologi bab respirasi, hari berikutnya matematika bab persamaan kuadrat, dan seterusnya. Dengan perancanaan itu, dijamin akan membuatmu lebih bersemangat dalam belajar karena aturan yang kamu buat ya untuk diri kamu sendiri.

2. Tidur yang cukup
Saat kamu asyik belajar, jangan lupa istirahatlah yang cukup. Karena otak bisa lelah juga, lho. Kalau otak kamu sudah lelah, akan susah memasukkan materi ke dalam otak. Makanya, istirahat yang cukup itu perlu.

3. Pencahayaan bagus meningkatkan produktivitas belajar
Pastikan lampu belajarmu bukan lampu pijar dengan cahaya warna kuning ya. Karena pencahayaan juga berpengaruh dalam proses belajarmu.

4. Tandai kata-kata penting
Pakailah stabilo, spidol warna, atau post-it untuk menandai tiap ada kata-kata penting. Itu akan membantumu memasukkan informasi ke dalam memori lebih cepat.

5. Makan makanan sehat untuk otak
Banyak, lho makanan yang baik dan menyehatkan otak. Terutama buah-buahan dan sayuran seperti apel, kacang, blueberry, bayam, tomat dan masih banyak lagi. Perbanyak pula makan ikan laut terutama salmon.

Makanan sehat tersebut bisa meningkatkan daya fokusmu dan mempertahankan informasi dalam otak. Keren, kan?

6. Hindari segala distraksi
Penting juga nih, apalagi untuk para siswa zaman now yang susah lepas dari HP. Pastikan untuk mematikan atau menjauhkan ponselmu dari area belajarmu. Berlaku juga untuk televisi. Fokus belajar dulu, baru nonton dan update social media di sela-sela waktu istirahatmu.

7. Bikin mind maps
Mind maps berguna banget untuk memvisualisasikan topik belajarmu dengan baik. Mind mapping berguna dalam pemetaan materi ke dalam memorimu.

8. Mendengarkan musik boleh, asal…
Kalau kamu tipe orang yang butuh musik untuk proses belajarmu, pastikan suaranya tidak terlalu nyaring dan cenderung pelan. Pilih lagu yang lembut dan enak di dengar. Jangan sampai kamu ikut menyanyi saat belajar karena itu termasuk distraksi, bahaya lho.

9. Duduk di meja belajar
Untuk belajar, harus di atas meja belajar, ya. Meskipun memang enak belajar di atas kasur, percayalah itu akan membuatmu cepat mengantuk. Buat apa diciptakan meja belajar kalau nggak dibuat belajar, betul?

10. Evaluasi dengan banyak mengerjakan soal-soal
Test yourself! Evaluasi penting selain untuk mengukur seberapa jauh kamu paham, juga penting untuk mengasah otakmu menghadapi soal-soal ujian.

Idealnya untuk evaluasi adalah seminggu sekali. Kamu bisa mengerjakan soal-soal di buku kumpulan soal yang bisa di beli di toko buku atau pinjam perpustakaan sekolahmu.

Itu dia ke-10 tips yang berguna banget untuk meningkatkan produktivitas belajarmu. Yuk, langsung di terapkan. Penulis juga biasa pakai cara-cara di atas dan sekarang sedang menempuh kuliah di Fakultas Kedokteran, lho. Tetap semangat belajar, ya!

Penulis : Aida Fajriyatin Formaningrum
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s