7 Program Studi Manajemen Perhotelan Terbaik di Indonesia

Pesona alam lengkap dengan tradisi adat yang memperkaya khasanah budayanya telah lama menarik minat wisatawan untuk berpelesir ke nusantara. Oleh sebab itu, akomodasi seperti penginapan untuk menggenapi destinasi wisata tersebut sepatutnya menjadi pertimbangan yang dikelola dengan handal.

Selain itu, hadirnya jurusan-jurusan perkuliahan terkait dengan perhotelan agaknya digadang-gadang menjadi jembatan guna memperlancar industri pariwisata yang semakin menjamur dan bersumbangsih terhadap pendapatan lokal setempat.

Nah, berikut program studi Manajemen Perhotelan terbaik di Indonesia berdasarkan akreditasi BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi). Dan, ternyata hanya ada tujuh, lho!

1. Universitas Airlangga
Universitas Airlangga yang berakreditasi A (berlaku hingga 16 Januari 2019) ini bernaung di bawah Kopertis VII. Program studi Manajemen Perhotelan tersebut mengantongi akreditasi A dengan Nomor SK adalah 2686/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/XI/2016. Akreditasi ini berlaku mulai tahun 2016 hingga 24 November 2021. Program studi tersebut hanya tersedia untuk jenjang D-III.

Visi dari program studi ini adalah menjadi terdepan di kawasan Asia Tenggara dalam pengembangan pengetahuan dan keterampilan di bidang manajemen dan bisnis dengan selalu mengedepankan moral, etika, dan agama.

Sedangkan misinya yaitu melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengajaran di bidang manajemen perhotelan sehingga mampu menghasilkan lulusan yang siap berkarya secara profesional di bidang manajemen perhotelan serta mempunyai jiwa kewirausahaan.

2. Universitas Negeri Padang
Universitas Negeri Padang yang berakreditasi A (berlaku hingga 20 Desember 2021) ini bernaung di bawah Kopertis X. Program studi Manajemen Perhotelan tersebut mengantongi akreditasi B dengan Nomor SK adalah 482/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-IV/XII/2014. Akreditasi ini berlaku mulai tahun 2014 hingga 28 Desember 2019. Program studi ini hanya tersedia untuk jenjang D-IV.

Program studi tersebut bernaung di bawah Fakultas Perhotelan dan Pariwisata dimana visinya adalah menjadi unggulan dalam menghasilkan tenaga pendidikan kejuruan, vokasi dan enterpeneur dalam bidang pariwisata dan perhotelan yang profesional, berjiwa pemimpin, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berdaya saing global di tingkat ASEAN.

3. Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional
Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional yang berakreditasi C (berlaku hingga 7 November 2020) ini bernaung di bawah Kopertis VIII. Program studi Manajemen Perhotelan tersebut mengantongi akreditasi B dengan Nomor SK adalah 1657/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-IV/VIII/2016. Akreditasi ini berlaku mulai tahun 2016 hingga 26 Agustus 2021. Program studi tersebut hanya tersedia untuk jenjang D-IV.

Program pendidikan vokasi di program studi ini berdurasi 4 tahun dan menawarkan proses pembelajaran di kampus yang terdiri dari 50% teori dan 50% praktikum, serta satu semester on the job training di bidang operasional di industri perhotelan di dalam dan luar negeri, serta satu semester on the job training manajemen hotel.

4. Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan
Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan yang berakreditasi A (berlaku hingga 6 Juni 2022) ini bernaung di bawah Kopertis III. Program studi Manajemen Perhotelan tersebut mengantongi akreditasi A dengan Nomor SK adalah 0431/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-IV/V/2016. Akreditasi ini berlaku mulai tahun 2016 hingga 20 Mei 2021. Program studi tersebut hanya tersedia untuk jenjang D-IV.

Kurikulum program studi ini berfokus pada tren global, strategi bisnis, kepemimpinan operasional dan kerja sama tim, serta kemampuan manajerial dasar. Kurikulumnya menawarkan perspektif internasional, fondasi pendidikan holistis, dan pengalaman-pengalaman dalam mempromosikan keindahan dan prospek dari industri pariwisata Indonesia.

5. Sekolah Tinggi Pariwisata Riau
Sekolah Tinggi Pariwisata Riau yang berakreditasi C (berlaku hingga 12 September 2022) ini bernaung di bawah Kopertis X. Program studi Manajemen Perhotelan tersebut mengantongi akreditasi B dengan Nomor SK adalah 002/SK/BAN-PT/Ak-IX/Dpl-IV/I/2013. Akreditasi ini berlaku mulai tahun 2013 hingga 4 Januari 2018. Program studi tersebut hanya tersedia untuk jenjang D-IV.

Visinya adalah menyiapkan para lulusan profesional untuk mengisi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) di sektor pariwisata dan perhotelan. Tenaga pengajarnya terdiri dari para praktisi profesional bidang pariwisata, perhotelan, hingga biro travel (agen perjalanan) dan kargo. Dan, gelar S. Tr. Par. akan disandang bagi para lulusannya kelak.

6. Sekolah Tinggi Pariwisata Satya Widya
Sekolah Tinggi Pariwisata Satya Widya yang berakreditasi C (berlaku hingga 30 Agustus 2019) ini bernaung di bawah Kopertis VII. Program studi Manajemen Perhotelan tersebut mengantongi akreditasi B dengan Nomor SK adalah 179/SK/BAN-PT/Ak-X/Dpl-IV/VIII/2013. Akreditasi ini berlaku mulai tahun 2013 hingga 30 Agustus 2018. Program studi tersebut hanya tersedia untuk jenjang D-IV.

Nah, program studi ini meliputi kajian profesi tentang dunia perhotelan pada umumnya dengan sebaran mata kuliah diantaranya adalah Hygiene Dan Sanitasi, Pengantar Akomodasi & Restoran, Teknik Supervisi, Operasional Front Office, Manajemen Food Production, Human Relations, Etiket & Protokoler, hingga Hukum Bisnis.

7. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bali International Institute Of Tourism Management
Program studi Manajemen Perhotelan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bali International Institute Of Tourism Management ini mengantongi akreditasi B dengan Nomor SK adalah 0806/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2017. Akreditasi tersebut berlaku mulai tahun 2017 hingga 21 Maret 2022. Program studi ini hanya tersedia untuk jenjang S1.

Institusi pendidikan tinggi ini juga dikenal sebagai STIE BIITM Sahid Bali. Selain itu, berdasarkan laman resmi BAN-PT ternyata program studi Manajemen Perhotelan untuk jenjang S1 (Sarjana) hanya ada disini, lho.

Nah, itulah program studi Manajemen Perhotelan yang patut dipertimbangkan bagi kamu yang bercita-cita menjadi seorang Hotelier. Berminat kuliah di sana gak?

Penulis : Rahmadila Eka Putri
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s