Peluang Buat Kamu, Universitas Indonesia Buka Dua Jurusan Baru

Kabar baik buat kamu, para lulusan yang ingin menjadi the next Yellow Jacket. Dilansir dari halaman resmi UI, tahun ini Universitas Indonesia akan membuka dua jurusan baru, yaitu Teknik Biomedik dan Aktuaria.

Buat kamu yang masih bingung menentukan jurusan kuliah, dua pilihan baru ini mungkin bisa menjadi pilihan studi lanjutan kamu. Tapi sebelum itu, kamu wajib tahu seluk beluknya sehingga setelah masuk nanti kalian tidak akan merasa salah jalur.

Agar tidak asing lagi, yuk cari tahu seperti apa sih teknik biomedik dan aktuaria itu?

1. Teknik Biomedik
Di Teknik biomedik kamu akan mempelajari tentang rekayasa aplikatif atau istilahnya engineering di bidang biologi dan kedokteran dengan tujuan untuk pelayanan kesehatan. Boleh dibilang, ilmu ini merupakan perkawinan antara ilmu kedokteran dan Teknik. Kamu bakal berakrab ria dengan peralatan-peralatan medis dan segala hal berbau teknologi kesehatan. Mantap banget kan? Diharapkan nantinya lulusan dari jurusan ini dapat berkecimpung di dunia teknologi kesehatan yang mana masih banyak sekali dibutuhkan di Indonesia.

Nah, di UI jurusan ini akan dibuka dengan daya tampung 40 orang. Jurusan ini berkedudukan di fakultas Teknik. Jadi kalau mau masuk ke sini, mantepin dulu materi-materi Sainteknya. Dan seperti jurusan S1 lainnya, seleksi dilakukan melalui SNMPTN dan SBMPTN.

2. Aktuaria
Masuk jurusan Aktuaria bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang hobi Matematika. Sebab, di jurusan ini nanti kamu akan memperlajari tentang pengelolaan risiko keuangan di masa depan.

Ilmu aktuaria ini mengombinasikan ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer. Jurusan ini akan banyak dibutuhkan di bidang asuransi dan keuangan. Di Indonesia, profesi ini masih tergolong langka, meskipun banyak dibutuhkan. Bayangin aja, dari 900 lebih tenaga aktuaris yang dibutuhkan, baru 400 yang ada. Padahal, di luar negeri, profesi aktuaris ini termasuk profesi elit bergaji selangit.

Kurangnya jumlah aktuaris inilah yang mendasari dibukanya jurusan aktuaria di UI. Jurusan ini berada di naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Untuk tahun ini daya tampungnya SNMPTN 12 orang dan SBMPTN 28 orang. Jika berminat masuk sini, perkuat matematikamu ya!

3. Jadi, siapkan diri dan jangan takut mencoba
Dua jurusan baru ini sama-sama seru dan menanatang, dan merupakan kombinasi dari berbagai ilmu pengetahuan. Bagi kamu yang berminat, coba saja kesempatannya! Peluangnya masih besar dan banyak dibutuhkan di dunia kerja. Siapa tahu kamu jadi angkatan pertamanya. Selamat berjuang ya!

Penulis : Hanifah Nd
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s