5 Tips Seru Memahami Materi Pelajaran yang Sulit

Di setiap pelajaran pasti ada bagian materi yang sulit dan susah dipahami. Entah karena bahasanya yang terlalu ilmiah atau memang kita kurang memahami penjelasannya dalam buku.

Ada beragam hal yang membuat sebuah materi itu terasa sulit untuk kita pelajari. Tapi jangan stres dulu. Ada 5 cara mudah supaya kamu bisa segera paham sama maksud materinya. Belajarmu dijamin jadi seru!

1. Buat peta konsep
Ada yang belum pernah bikin peta konsep? Peta konsep atau biasa disebut mind map ini membuat sesuatu yang rumit menjadi lebih jelas ‘alur’-nya. Disertai dengan gambar-gambar dan anak panah, akan memudahkan kita memahami dibanding harus membaca tulisan penuh. Untuk diingat di kemudian hari pun akan sangat mudah.

Sembari belajar, kita juga bisa bikin gambar-gambar lucu dengan warna-warna yang menarik deh!

2. Bikin jembatan keledai untuk mengingatnya
Tahu jembatan keledai? Bukan beneran jembatan keledai lho ya. Jembatan keledai disini maksudnya adalah cara menghafalkan sesuatu dengan cara mengambil beberapa suku kata yang ingin diingat lalu dijadikan rentetan kalimat yang lebih mudah untuk dihafalkan. Contohnya persis seperti gambar di atas. Bahasa ilmiah dari metode ini adalah Metode Mnemonic.

3. Kaitkan dengan contoh kejadian sehari-hari
Kaitkan materi tersebut dengan contoh sederhana yang sering kita temui sehari-hari. Hal ini akan memudahkan kita untuk paham bagaimana alur materi dan teori tersebut. Bacalah banyak referensi untuk memperkaya pemahamanmu atas materi itu. Dijamin, kamu bakalan lebih faham dengan contoh realistisnya!

4. Cari keterangan tambahan di internet
Sekarang ini sudah zamannya teknologi dan informasi canggih. Nah, internet di rumah jangan cuma dipakai buat nonton drama Korea atau cari hal-hal yang kurang bermanfaat. Pakailah internet untuk menambah pengetahuan mengenai materi yang susah itu. Biasanya bahasa atau penjelasan di internet akan lebih mudah dipahami dibandingkan bahasa kaku yang ada di buku. Membantu banget, lho!

5. Diskusi bersama dengan teman atau guru
Di sekolah kita selalu bertemu dengan guru, tapi kalau ada materi yang tidak kamu pahami kamu jangan sungkan untuk menemuinya di luar jam pelajaran. Jadikanlah guru itu sebagai teman untuk berdiskusi sehingga kamu akan lebih memahami materinya. Apalagi pengetahuan yang dimiliki guru lebih luas. Kalau kamu malu, coba diskusi sama teman kamu. Siapa tahu dia lebih paham, jadi bisa jelasin ke kamu materinya. Eits, tapi jangan kelepasan gosip ya!

Nah, 5 tips di atas tentunya mudah banget untuk dilakukan. Selamat mencoba ya! Semoga belajarmu jadi menyenangkan dan nilai-nilai ujianmu memuaskan!

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s