26 Jurusan Teknik Sipil Terbaik di Indonesia

Jurusan teknik sipil adalah salah satu dari jurusan tertua di fakultas teknik. Prodi ini sama tuanya dengan jurusan teknik mesin. Tapi meskipun demikian, setiap tahun peminat prodi yang satu ini selalu membludak dan lebih ramai dari peminat teknik lainnya. Hal tersebut dikarenakan prospek kerja teknik sipil yang besar, apalagi di negara yang berkembang. Well, kali ini kita akan me-review beberapa kampus dengan jurusan teknik sipil terbaik.

Tapi sebelum itu, kamu perlu tahu sedikit tentang jurusan ini, kamu bisa baca di artikel kami yang sebelumnya ini: Mengenal Jurusan Teknik Sipil Secara Benar, kalau sudah kenal baru dipilih. Ibaratnya jangan sampai membeli kucing dalam karung ya Sob. Diterima di sana tapi akhirnya terngaga karena gak pernah kepo sebelumnya.

Nah, sebelum kami memberikan informasi mengenai daftar jurusan teknik sipil terbaik ini. Kami ingin jelaskan, parameter terbaik yang kami ambil berdasarkan hasil akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nilai akreditasi A. Tentu saja dengan nilai A tersebut prodi terkait tidak perlu diragukan lagi soal fasilitas, staf pengajar, kurikulum hingga kiprah mahasiswanya.

1. S1 Teknik Sipil – Institut Teknologi Bandung
Sebagai kampus teknik terkemuka, ITB tentu sudah tidak perlu diragukan lagi soal kualitas pendidikan di setiap program studi yang ditawarkan, termasuk di teknik sipil. Teknik Sipil ITB berada di bawah Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) dan telah berdiri semenjak 1920. Prodi teknik sipil ITB dibagi menjadi 5 bidang keahlian seperti Rekayasa Struktur, Rekayasa Geoteknik, Rekayasa Sumberdaya Air, Rekayasa Transportasi, serta Manajemen dan Rekayasa Konstruksi. Buat kamu yang minat teknik sipil dan pengen kuliah di kampus ternama, teknik sipil ITB lah pilihannya.

2. S1 Teknik Sipil – Universitas Hasanuddin
Saya pribadi menilai Unhas adalah kampus yang perlu dicaungi jempol. Kampus yang berada di timur Indonesia ini telah berhasil menjadi kampus terbaik di luar Jawa. Dengan berbagai pilihan program studi yang keren dan berkualitas. Unhas berhasil masuk ke dalam daftar jurusan teknik sipil terbaik setelah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Jika kamu berasal dari timur Indonesia, pastikan teknik sipil Unhas jadi pilihanmu.

3. S1 Teknik Sipil – Universitas Syiah Kuala
Terletak di ujung barat Indonesia, Unsyiah adalah universitas dengan sederet program studi terbaik. Salah satunya adalah program studi teknik sipil yang telah terakreditasi A oleh BAN-PT pada tahun 2016. Bagi kamu yang berasal dari Aceh atau sekitarnya, teknik sipil unsyiah patut jadi pilihan kamu.

4. S1 Teknik Sipil – Universitas Sriwijaya
Kampus kebanggaan rang kito galo alias Palembang ini sudah tidak perlu diragukan lagi eksistensi dan prestasinya. Berbagai program studi Unsri sudah terakreditasi A. Termasuk teknik sipil yang menjadikannya masuk ke dalam daftar jurusan teknik sipil terbaik di Indonesia ini. Bagi sobat yang domisili Sumatera, bisa menjadikan Unsyiah sebagai tujuan belajar.

5. S1 Teknik Sipil – Universitas Andalas
Tak ingin kalah dengan Unsyiah dan Unsri, Unand yang terletak di Padang juga menawarkan pendidikan teknik sipil terbaik untuk kamu para calon mahasiswa. Bagi kamu yang berdomisili di Sumatera Barat atau wilayah Sumatera pada umumnya jangan sungkan untuk memilih teknik sipil Unand. Terutama bagi kamu yang berdarah Minang namun besar di perantauan.

6. S1 Teknik Sipil – Universitas Lampung
Dari namanya tentu sudah dapat ditebak di mana Unila berada di Lampung. Teknik sipil Unila sendiri sudah berdiri semenjak tahun 1968, dengan usia yang sudah matang tentu saja Unila memiliki ribuan lulusan yang telah berkarir di berbagai lini. Bagi kamu yang minat mengambil kuliah di teknik sipil, pastikan teknik sipil Unila menjadi salah satu pilihanmu.

7. S1 Teknik Sipil – Universitas Diponegoro
Kampus selanjutnya dalam daftar jurusan teknik sipil terbaik di Indonesia adalah teknik mesin Undip. Kampus Undip terletak di kota Semarang dan menjadi salah satu kampus favorit di Indonesia. Teknik sipil Undip sendiri telah berdiri semenjak 1958.

8. S1 Teknik Sipil – Universitas Indonesia
Sebagai kampus favorit dan terbaik di Indonesia, UI telah mengantongi akreditasi A untuk semua program studi di jenjang S1. Jadi tidak perlu diragukan lagi soal kualitas pendidikan dan sarana pra sarana yang disediakan untuk menunjang proses belajar mahasiswanya. Jika kamu memang ingin masuk ke teknik mesin UI, pastikan kamu menyiapkan diri sebaik mungkin.

9. S1 Teknik Sipil – Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Sebagai “rival” ITB dalam bidangnya, ITS selalu membarengi pencapaian-pencapaian yang dilakukan oleh pendahulunya itu. Tak terkecuali pada kualitas pendidikan yang ditawarkan. Terletak di kota Surabaya, ujung timur pula Jawa, ITS lebih mudah dijangkau oleh kamu yang berasal dari timur Indonesia. Pastikan ITS menjadi pilihanmu ya.

10. S1 Teknik Sipil – Universitas Brawijaya
UB terletak di kota Malang, kota wisata yang lagi naik daun itu. Tak hanya soal daerahnya yang cantik, pendidikan yang ditawarkan oleh UB juga tak kalah cantik dan berkualitas. Bagi kamu yang minat kuliah di teknik sipil, pastikan teknik sipil UB jadi salah satu pilihanmu.

11. S1 Teknik Sipil – Universitas Gadjah Mada
Orang bilang Yogyakarta adalah kota pelajar, sebutan itu bukan bualan semata karena memang banyak institusi pendidikan yang berkualitas di kota itu, UGM adalah yang terbaik di antaranya. Teknik sipil UGM telah berdiri semenjak tahun 1946, dengan usia yang sudah sangat matang sudah pasti pendidikan yang ditawarkan adalah pendidikan kualitas terbaik.

12. S1 Teknik Sipil – Universitas Sebelas Maret
Selanjutnya di dalam daftar jurusan teknik sipil terbaik di Indonesia ini adalah teknik sipil UNS yang telah didirikan semenjak tahun 1976. Sampai saat ini UNS telah meluluskan lebih dari 3000 sarjana teknik sipil yang siap tempur di dunia kerja. Bagi kamu yang berdomisili di Surakarta atau sekitarnya, pastikan teknik sipil UNS jadi pilihanmu.

13. S1 Teknik Sipil dan Lingkungan – Institut Pertanian Bogor
Meskipun Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL) baru berdiri semenjak tahun 2008, namun dengan kegigihan dan perjuangan IPB berhasil mendapatkan akreditasi A pada program studi ini. Sedikit berbeda dengan yang sudah kami tuliskan di atas, prodi ini adalah prodi gabungan antara ilmu teknik sipil dan teknik lingkungan. Gelar untuk lulusan SIL IPB adalah sarjana teknik (ST) yang merupakan gelar sarjana teknik pertama di Institut Pertanian Bogor.

Nah, selain beberapa kampus negeri yang dituliskan di atas, bagi kamu yang pengen mengecap pendidikan teknik sipil terbaik di kampus-kampus swasta terbaik di Indonesia, berikut beberapa kampus yang kami rekomendasikan dengan prodi teknik sipil yang sudah terakreditasi A:

1. S1 Teknik Sipil – Universitas Pelita Harapan
2. S1 Teknik Sipil – Universitas Bandar Lampung
3. S1 Teknik Sipil – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
4. S1 Teknik Sipil – Universitas Sam Ratulangi
5. S1 Teknik Sipil – Universitas Bina Nusantara
6. S1 Teknik Sipil – Universitas Atma Jaya Yogyakarta
7. S1 Teknik Sipil – Universitas Islam Indonesia
8. S1 Teknik Sipil – Universitas Tarumanagara
9. S1 Teknik Sipil – Universitas Trisakti
10. S1 Teknik Sipil – Universitas Katolik Parahyangan
11. S1 Teknik Sipil – Universitas Gunadarma
12. S1 Teknik Sipil – Universitas Kristen Petra
13. S1 Teknik Sipil – Universitas Mercu Buana

Itulah tadi beberapa review kampus dengan jurusan teknik sipil terbaik di Indonesia. Jurusan teknik sipil menjadi jurusan favorit di antara jurusan teknik lainnya karena prospek kerjanya yang banyak. Terutama di Indonesia yang merupakan negara berkembang yang masih perlu membangun banyak infrastruktur dan pengelolaan lainnya. Namun, kami tetap merekomendasikan kamu untuk meneliti sebaik mungkin (baca: kepo) jurusan yang akan kamu ambil agar ketika kuliah bisa nyaman dan tidak merasa salah jurusan. Semoga informasi ini bermanfaat, bagikan jika kamu suka.

Sumber : pelajar.me

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s