8 Beasiswa Internasional Ditawarkan Khusus Bagi Perempuan

Bagi yang ingin melanjutkan studi keluar negeri tentu sudah tidak asing dengan yang namanya beasiswa. Banyak beasiswa yang disediakan baik pemerintah ataupun pihak lain.

Jika selama ini kita mengenal beasiswa yang ditawarkan untuk umum, baik laki-laki maupun perempuan ternyata ada beasiswa internasional yang hanya dikhususkan untuk wanita saja. Berikut adalah daftarnya:

1. American Association of University Women (AAUW)

American Association of University Women (AAUW) memberikan 6 jenis hibah dan beasiswa untuk wanita. Beasiwa diberikan untuk sarjana yang berasal dari Amerika, pelajar wanita yang bukan dari Amerika yang ingin melanjutkan studi di Amerika, beasiswa untuk wanita di Amerika serikat yang ingin menempuh gelar master di bidang arsitektur, teknik dan matematika.

2. The Sclumberger Foundation

The Sclumberger Foundation memberikan bantuan beasiswa kepada wanita yang berasal dari negara berkembang, mempunyai jiwa kepemimpinan, dan bakat ilmiah. Pertahunnya penerima beasiswa bisa memperoleh kurang lebih 50.000 USD. Penerima beasiswa harusalh wanita yang tengah menmpuh studi dalam bidang sains, tekonologi, kenik dan matematika di universitas-universitas di seluruh dunia.

3. PEO International

PEO International didirikan sejak tahun1869. Beasiswa diberikan kepada wanita yang tidak tinggal di Amerika Serikat atau pun Kanada. Beasiswa yang diberikan sebesar 3.000 USD. Tujuan pemberian beasiswa ini agar para wanita yang tinggal di kedua negara tersebut dapat melanjutkan pendidikan sarjana.

4. Margaret McNamara Education Grants

Beasiswa diberikan kepada wanita yang berkomitmen dalam memperbaiki kehidupan perempuan dan anak-anak dari negara berkembang. Setiap tahunnya beasiswa diberikan kepada 25 orang terpilih yang tengah menempuh studi di Amerika Serikat, Kanada, Amerika Latin dan Afrika Selatan.

5. Zonta International

Zonta International menawarkan 2 beasiswa sekaligus pertama untuk perempuan yang tengah menempuh studi dalam bidang manajemen bisnis baik sarjana maupun master, kedua beasiswa yang diperuntukkan bagi wanita yang tengah menmpuh gelar PhD dibidang kedirgataraan. Beasiswa diberikan kepada 30 orang setiap tahunnya kepada seluruh wanita yang ada di dunia, masing-masing akan memperoleh US$10.000.

6. Google Women Teachmakers Scholars Program

Beasiswa diberikan kepada wanita yang tengah menmpuh studi di ddidang science dan tekonologi komputer baik sarjana maupun pasca sarjana. Beasiswa diberikan kepada perempuan yang mempunyai prestasi akademik dan mempunyai jiwa sebagai seorang pemimpin. Beasiswa yang diberikan sebanyak US$10.000 di seluruh dunia.

7. L’oreal-UNESCO for Women Science Programme

Tujuan pemberian beasiswa L’oreal-UNESCO for Women Science Programme adalah memberi kesempatan kepada peneliti muda untuk memperluas keahlian mereka dengan menghabiskan waktu untuk melakukan penelitian di luar negara mereka. Beasiswa ini diberikan kepada perempuan yang tengah mengejar gelar postdoctoral bidang science di universitas Inggris ataupun lembaga penelitian di Irlandia. Beasiswa ini hanya memiliki kuota 5 orang, masing-masing memperoleh 15.000 euro setiap tahunnya.

8. 1.000 Dreams Scholarship Fund

Beasiswa ini diberikan oleh Greater Kansas City Community Foundation. Bantuan ini diberikan kepada pelajar sekolah maupun mahasiswi. Beasiswa diberikan satu kali dengan nominal hampir mencapai 1000 USD.

Beasiswa ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan kepada perempuan untuk melanjutkan pendidikan. Beasiswa tidak bisa digunakan untuk mendanai biaya kuliah atau biaya hidup yang sedang berlangsung. Beasiswa ini dapat dipakai untuk membeli buku teks, membayar ujian, dan mengikuti konferensi pendidikan.

Nah, bagi kamu para perempuan yang berminat melanjutkan studi, bisa coba mendaftar ke beasiswa-beasiswa tersebut. Semoga berhasil ya!

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s