5 Hal Sebelum Memutuskan Kuliah di Korea

Tidak hanya industri musiknya saja yang maju, Korea juga dikenal sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Setiap tahunnya, banyak pelajar dari seluruh dunia yang melanjutkan pendidikan mereka di negeri gingseng tersebut.

Korea yang dikenal memiliki alam yang indah, budaya menarik, serta iklimnya yang memikat memang kadang membuat siapa pun terburu-buru untuk daftar ke universitas di negara tersebut. Namun, ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum beli tiket dan apply ke universitas. Hal apa sajakah itu? Cari tahu yuk!

1. Banyak beasiswa yang ditawarkan
Kalau kamu ingin kuliah di Korea tapi bingung soal biaya? Kamu gak perlu bingung dan khawatir karna pemerintah Korea Selatan ternyata memberikan beasiswa buat anak-anak muda Indonesia yang berjiwa mandiri dan rajin belajar. Contohnya seperti beasiswa Korean Government Scholarship Program (KGSP) yang setiap tahun selalu membuka pendaftaran beasiswa.

Meskipun peluangnya besar, kamu jangan dulu terlena. Karena kamu tetap harus memenuhi syarat yang sudah ditentukan. Maka dari itu, sebelum terlambat, sebaiknya kamu persiapkan semuanya ya!

2. Harus lulus Test of Proficiency in Korean
Kalau kamu ingin ikut pertukaran pelajar atau kuliah S2 di Korea, kamu aman! Tapi, kalau kamu ingin kuliah S1 di sana, kamu diwajibkan mahir berbahasa Korea. Sebagian besar universitas mensyaratkan harus lulus dalam TOPIK (Test of Proficiency in Korean) dengan skor minimal level 3.

Tes TOPIK sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu, TOPIK I untuk tingkat pemula (beginner) dan TOPIK II untuk tingkat menengah (intermediate) dan tingkat lanjut (advanced). Biasanya TOPIK yang digunakan untuk kuliah di Korea adalah TOPIK II. Ini semacam TOEFL dan IELTS kalau Bahasa Inggris. Gimana? Sudah pernah mencoba ikutan TOPIK?

3. Biaya hidup relatif lebih murah daripada di Jepang atau di negara Eropa
Siapa bilang kalau biaya hidup di Korea itu mahal? gak selalu. Tenang kamu gak usah panik, kamu tau gak sih sebenarnya biaya hidup di Korea cenderung lebih murah jika dibandingkan di Jepang, Eropa atau Amerika. Rata-rata, biaya kuliah setahun sekitar 6,7 juta won atau sekitar Rp 76 juta. Asrama, kira-kira 700 ribu won atau Rp 8 juta. Dibandingkan dengan biaya kuliah dan asrama di Amerika, Korea masih lebih murah kok.

4. Bisa kuliah sambil kerja
Tak perlu khawatir karena kondisi keuanganmu yang bakal menipis setiap bulan. Seperti di Jepang dan negara lainnya, kamu juga diperbolehkan bekerja. Tapi hanya part time. Bukan hanya di kafe atau restoran, beberapa universitas juga mempekerjakan banyak murid-muridnya dengan memberikan berbagai pekerjaan di sekitar kampus.

Kamu juga tidak perlu khawatir tertinggal pelajaran, karena kamu masih bekerja di sekitar kampus. Kalau kerja di luar atau di dalam kampus tidak cocok buatmu, kamu bisa mencari pekerjaan lain, seperti mengajar bahasa Inggris atau menjadi tutor orang asing dan Korea.

5. Siap-siap ketemu kakak kelas yang baik hati
Jangan pernah merasa takut tinggal sendirian di negeri orang dengan kantong pas-pasan. Soalnya, kamu bakal ketemu Sunbae atau kakak kelas. Nah, biasanya Sunbae di Korea pasti bakal sangat baik ke adik kelasnya yang disebut dengan Hubae. Bukan hanya mendengarkan keluh kesah, mereka juga memberikan nasihat yang bakal membantumu, tapi juga traktir makan siang, minum, dan bahkan makan malam.

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s