6 Tips Ampuh Mendapatkan Ide Skripsi yang Disukai Semua Dosen

Persoalan yang dihadapi semua mahasiswa ketika selangkah lagi menuju fase habis teori adalah memikirkan apa judul skripsi yang akan ia garap. Mengajukan judul ini bukan permasalahan yang mudah, bahkan bisa jadi ada yang frustrasi karena tidak kunjung menemukan ide skripsi yang cocok. Kalaupun ada ternyata begitu diajukan ke kantor jurusan, ternyata malah ditolak habis-habisan.

Mau tahu bagaimana kiat ampuh dalam menggali ide skripsi yang bakal disukai oleh semua dosen di kampusmu?

1. Melanjutkan penelitian dari kakak tingkat

Sebagai mahasiswa kamu tentunya punya kakak tingkat, dong? Nah, coba deh berbincang dengan mereka yang sudah menyelesaikan skripsinya. Kemudian tanyakan kira-kira dari penelitian mereka terdahulu ada hal apa saja yang masih bisa dikembangkan atau diteliti lebih lanjut. Tidak mungkin deh penelitian kakak tingkat kamu itu 100 persen sempurna, pasti masih ada beberapa lubang yang masih bisa diperbaiki.

Selain memudahkan kamu mencari judul, langkah ini juga pasti disukai oleh dosen kok!

2. Berburu skripsi lama di perpustakaan

Lokasi harta karun untuk mencari judul skripsi sebenarnya terletak persis di perpustakaan kampusmu. Disana para mahasiswa mengumpulkan hasil karya skripsi mereka. Bacalah berbagai skripsi itu, terutama ketika kamu menemukan judul yang cocok dengan bidang yang ingin kamu ambil.

Yang perlu kamu amati dengan baik adalah bab pertama, khususnya lagi di sub-bab Rumusan Masalah. Kemudian langsung buka bagian belakang, yaitu Kesimpulan. Di sana kamu akan langsung mengerti hal apa saja yang bisa kamu kembangkan lebih lanjut.

3. Ikut kegiatan penelitian dosen

Cara termudah sekaligus paling mengasyikkan dari mencari judul skripsi adalah menjadi relawan dari kegiatan penelitian dosen. Coba deh cari dosen yang rajin membuat penelitian. Kemudian coba bicarakan dengannya adakah penelitian yang bisa kamu ikuti untuk membantunya. Selain memudahkan kamu dalam penggarapannya, kamu juga tidak perlu pusing memikirkan biaya penelitian.

Buat kamu yang tidak tahu siapa sih dosen yang rajin membuat penelitian, coba baca website kampusmu, di sana biasanya tertuang data publikasi penelitian yang dilakukan oleh seluruh dosen yang berada di universitasmu.

4. Menerapkan penelitian yang sudah dilakukan di jurnal luar negeri

Cara lain yang juga disukai oleh dosen adalah ketika kamu menerapkan berbagai penelitian terbaru yang dilakukan oleh ilmuwan luar negeri, kemudian kamu terapkan metodenya dengan kasus lokal. Jangan bilang hal itu sulit ya! Paling tidak kamu bisa mencari berbagai penelitian terbaru di jurnal-jurnal yang bisa diakses dengan mudah di internet.

5. Lanjutkan pengerjaan kasus ketika Kerja Praktek (KP)

Sebagian mahasiswa tentu ada yang menjalani Kerja Praktek. Sayangnya ketika mereka hendak skripsi, mereka justru bingung mengenai ide skripsi apa yang sebaiknya mereka ambil. Padahal harta karun sudah tersedia luas di laporan KP mereka. Coba deh gali kembali berbagai persoalan yang ada di tempat kamu KP. Persoalan nyata yang terjadi dan ingin kamu kaji, pasti lebih menarik di mata dosen.

6. Tanya-tanya ke asisten dosen

Cata terakhir yang cukup mudah untuk menemukan ide skripsi adalah bertanya kepada teman atau kakak kelas kamu yang jadi asisten dosen maupun asisten laboratorium yang mana mereka itu pasti mendapatkan akses yang lebih luas tentang persoalan yang menarik untuk dikaji. Jangan malu-malu ya untuk bertanya pada mereka.

Nah, semoga beragam tips di atas, bisa membuatmu makin mudah untuk menemukan judul skripsi yang menjanjikan ya!

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s