Teknik Pertanian, Pengertian dan Prospek Kerjanya

Teknik pertanian adalah salah satu prodi yang unik menurut saya. Pertama karena apa yang dipelajari di teknik pertanian dekat dengan apa yang saya pelajari di teknik mesin, tapi tentu masih ada bedanya. Nah, barangkali juga beberapa orang di luar sana bingung apa sih teknik pertanian itu, apa yang dipelajari dan prospek kerjanya besok ini bagaimana. Kan gak lucu kalau sudah lulus tapi gak tau mesti kerja di mana.

Tenang, Sob. Kali ini kita akan bedah jurusan yang satu ini. Mudah-mudahan informasi yang kami tulis ini bisa bermanfaat dan membuka pandanganmu mengenai jurusan teknik pertanian.

Pengertian Teknik Pertanian
Kalau kita bicara ilmiah semuanya selalu dimulai dari definisi. Teknik pertanian, secara sederhana, adalah ilmu yang mempelajari penerapan dasar-dasar teknik dalam bidang pertanian yang meliputi mesin-mesin pertanian, teknik sumber daya alam pertanian, teknologi proses, energi, perbengkelan dan instrumentasi di bidang pertanian hingga sistem manajemen keteknikan pertanian. Intinya semuanya mencapuk aspek-aspek teknis dalam bidang pertanian.

Di Indonesia sendiri, prodi ini cukup favorit karena diselenggarakan oleh 21 kampus. Adapun pembagian atau bidang keahlian dari jurusan teknik pertanian ini adalah:

1. Desain alat dan mesin pertanian serta struktur bangunan pertanian
2.Budidaya tanaman pertanian (pembibitan, pengolahan lahan, irigasi, dsb)
3. Desain konstruksi fasilitas pemeliharaan dan pemrosesan hasil
4. Desain proses pengolahan limbah dan hasil pertanian
5. Teknik sumber daya hayati dengan mesin atau teknologi lainnya

Prospek Kerja Teknik Pertanian
Sebelum menentukan pilihan mau mengambil jurusan apa untuk kuliah tentu kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa prospek kerjanya. Hal ini dilakukan agar nanti tidak salah jurusan dan tidak bisa maksimal dalam kuliah. Selain itu agar ijazahmu bisa terpakai ketika telah tamat nanti. Untuk itu, kami akan beri gambaran mengenai prospek kerja lulusan teknik pertanian.

Instansi Pemerintah

Lulusan jurusan ini mempunyai peluang untuk bisa bekerja di instansi pemerintahan seperti dinas pertanian serta instansi lain yang berkaitan dengan pertanian. Bagi kamu yang berniat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN/PNS), lulusan dari jurusan ini memiliki peluang.

Perkebunan

Pengeloaan perkebunan besar tentu membutuhkan tenaga ahli yang memang berada di bidang khusus. Berbagai alat/mesin perkebunan digunakan dan pengelolaan dari aspek lahan hingga pascaproduksi memberikan peluang bagi lulusan jurusan ini untuk bisa berkarir di perkebunan. Bisa di swasta atau di PT Perkebunan Nusantara (PTPN) yang merupakan badan usaha milik negara.

Lembaga Penelitian

Selain berkarir di ranah profesi, lulusan teknik pertanian juga bisa berkarir di ranah akademisi seperti menjadi peneliti. Bekerja di lembaga penelitian sangat mungkin bagi lulusan teknik pertanian menimbang besarnya potensi pertanian di Indonesia dan beragamnya komoditas pertanian yang perlu untuk diteliti lebih jauh lagi.

Dosen atau Tenaga Pengajar

Selain menjadi peneliti, juga memungkinkan untuk menjadi pengajar. Hanya saja untuk menjadi pengajar, seorang harus menempuh pendidikan pascasarjana terlebih dahulu, minimal Strata 2 (S-2).

Konsultan Teknik

Menjadi konsultan juga sangat memungkinka, terutama dalam hal alat/mesin pertanian, konstruksi fasilitas pertanian dan sebagainya. Tentu saja untuk skop industri atau pertanian skala besar.

Peluang Kerja Lainnya

Selain yang kami jelaskan di atas, lulusan prodi ini juga bisa bekerja di sektor perbankan, teknologi informasi hingga wirausahawan mandiri.

Nah itulah review singkat dari jurusan teknik pertanian. Semoga informasi yang kami sediakan tadi dapat bermanfaat dan memberi gambaran bagi kamu yang pengen tahu lebih banyak tentang jurusan ini. Namun akan lebih baik jika kamu bertanya langsung pada mahasiswa teknik pertanian yang kamu ketahui. Semoga sukses.

Sumber : Pelajar.me

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s