5 Tips Belajar Cerdas dan Hemat Waktu untuk Hasil Optimal

Salah satu kendala yang membuat seorang pelajar bosan ketika belajar adalah lamanya waktu yang dibutuhkan untuk memahami suatu pelajaran. Terlebih lagi jika waktumu juga terbagi untuk kegiatan non akademik lainnya maka waktu belajar pun akan semakin sempit. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa menerapkan strategi belajar yang cerdas dan hemat waktu berikut ini.

1. Konsentrasilah secara penuh ketika belajar di kelas

Kamu harus bisa mengondisikan diri kapan saatnya belajar dan kapan saatnya untuk mengerjakan kegiatan lain. Ketika di kelas, pusatkan perhatianmu sepenuhnya pada penjelasan dosen. Jangan main gadget, mengerjakan tugas organisasi,dan tugas pelajaran lain saat kamu belajar di kelas. Alhasil jika kamu benar-benar fokus di kelas maka kamu akan menghemat waktu belajarmu.

2. Gunakan seluruh panca inderamu

Jangan hanya mengandalkan buku teks atau catatan saja. Gunakanlah seluruh panca inderamu untuk menyerap pelajaran. Kamu bisa melakukannya dengan merekam penjelesan kuliah, membuat catatan yang rapi dan menarik, atau merekam suara dirimu sendiri mengenai suatu topik pelajaran.

3. Kaitkan pelajaran yang kamu dapat dengan kejadian sehari-hari

Kamu bisa mengaitkan pelajaran yang kamu dapat dengan kejadian sekitarmu dengan menggunakan analogi, hukum sebab-akibat, dan mengaitkannya dengan topik pelajaran yang lain. Ketika mengaitkan informasi-informasi tersebut maka otakmu akan lebih mudah untuk mengingat dan menafsirkan pelajaran yang sudah kamu pelajari tersebut.

4. Belajar kelompok dengan sungguh-sungguh

Salah satu metode yang membuatmu mendapatkan ilmu lebih banyak dengan waktu yang lebih singkat. Melalui belajar kelompok kamu bisa mengajarkan ilmu yang kamu punya ke teman-teman yang belum paham. Hal tersebut akan melatih sejauh mana pemahamanmu sendiri terhadap pelajaran dan membuatmu jauh lebih ingat. Namun, harus kamu ingat, belajar kelompok tersebut jangan bergeser makna menjadi ajang gosip, ya.

5. Ulangi pelajaran sesuai interval waktu

Otak membutuhkan repetisi untuk tetap mengingat suatu hal. Oleh sebab itu penting bagimu untuk mengulang-ulang pelajaran yang telah kamu dapat. Kamu bisa mengulang pelajaran dengan interval waktu tertentu. Misalnya, kamu ulang dalam waktu 10 menit, 1 jam, 5 jam, 1 hari, 5, hari, dan 1 bulan mendatang sehingga pelajaran yang kamu dapat akan masuk dalam memori jangka panjang.

Hal terpenting adalah proses belajarmu didasari niat yang kuat. Selamat belajar!

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s