Mau Kuliah di Belanda? Ini 7 Universitas yang Sedang Buka Beasiswa

Beasiswa Belanda yang sedang dibuka saat ini adalah program Orange Tulip Scholarship (OTS). Setiap tahunnya, institusi pendidikan tinggi dan perusahaan Belanda bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia rutin menawarkan beasiswa OTS bagi warganegara Indonesia yang berminat untuk melanjutkan studi baik di jenjang Foundation, Bachelor (S1), dan Master (S2) pada universitas-universitas yang terdapat di Belanda.

Dalam skema Beasiswa OTS tahun 2018 ini terdapat puluhan universitas Belanda yang ikut serta dan nantinya akan terus bertambah. Berikut ini merupakan beberapa daftar universitas Belanda yang telah mengkonfirmasi partisipasi mereka dalam Beasiswa OTS Indonesia 2018.

1. Maastricht University

Maastricht University merupakan universitas terbesar yang ada di Limburg, Belanda. Penelitian pada universitas ini berfokus pada ilmu-ilmu sosial dan humaniora dan juga ilmu-ilmu alam. Maka gak heran jika di universitas ini menawarkan beasiswa OTS untuk program master di Fakultas Psikologi dan Neuroscience.

Kalau kamu tertarik dengan beasiswa yang ditawarkan, maka kamu harus mengajukan permohonan untuk mengikuti program studi. Ada baiknya juga jika kamu mengajukan permohonan program studi dan beasiswa pada saat bersamaan. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi web resmi Maastricht University.

2. Rotterdam School of Management, Erasmus University

Rotterdam School of Management, Erasmus University atau yang biasanya disingkat RSM, merupakan sekolah bisnis dari Erasmus University Rotterdam (EUR), dan telah memberikan jasa pendidikan pengembangan bisnis dan manajemen sejak tahun 1969. Tau gak sih, RSM memiliki peringkat yang tinggi di antara sekolah-sekolah bisnis terbaik di Eropa loh.

Tahun ini RSM memberikan beasiswa OTS untuk semua program studi MSc kecuali program MSc International Management / program CEMS dan program MSc Finance & Investments-Advanced.

Syarat yang harus kamu penuhi untuk bisa mendaftar adalah nilai TOEFL iBT minimal 91 (minimal 22 untuk tiap sub-score) atau IELTS minimal 6.5 (minimal 6.5 untuk semua sub-score) atau Cambridge CAE minimal C & Cambridge CPE minimal C. IPK minimal setara dengan nilai 7 dari maksimal 10 (dalam sistem pendidikan Belanda). RSM Admission Manager akan menentukan apakah IPK pelamar memenuhi syarat minimal atau tidak.

3. Saxion University of Applied Sciences

Kalau kamu ingin melanjutkan studi S1 ke Belanda, Saxion University of Applied Sciences lagi membuka pendaftaran beasiswa OTS untuk semua program Bachelor. Saxion University of Applied Sciences adalah universitas negeri yang sudah berdiri sejak 100 tahun yang lalu. Universitas ini terletak di sebelah timur Belanda dan memiliki tiga kampus yang terletak di Deventer, Enschede dan Apeldoorn.

Adapun syarat yang harus dipenuhi adalah ijazah SMA/sederajat, TOEFL iBT minimal 90 atau IELTS minimal 6.5, dan Motivation Letter.

4. University of Twente

Pendidikan di University of Twente berfokus pada beberapa prinsip inti yakni pendekatan berbasis proyek multidisipliner, pembelajaran berbasis siswa, di mana kebutuhan siswa menjadi fokus, dan pembelajaran berbasis teman di mana siswa belajar dari satu sama lain (tutor sebaya).

Universita syang berada di kota Enschede ini tengah menawarkan beasiswa OTS untuk program master dengan syarat TOEFL iBT minimal 90 atau IELTS 6,5. Batas akhir pendaftaran beasiswa di kampus ini yaitu tanggal 1 Mei 2018 besok, so kamu masih punya waktu 3 bulan untuk menyiapkan semuanya!

5. Vrije Universiteit Amsterdam

Universitas yang berlokasi di ibu kota negara Belanda ini juga gak mau kalah buat ikut berpartisipasi dalam OTS. Universitas ini memberikan beasiswa untuk program Master’s Degree. Adapun beasiswa yang ditawarkan berupa pengurangan biaya studi hingga 100% di tahun pertama (tergantung program studi). Jadi beasiswa OTS ini hanya berlaku untuk tahun pertama saja, kalau kamu ingin mendapatkan beasiswa OTP lagi untuk tahun kedua, kamu wajib mengajukan permohonan secara langsung ke universitas jika memenuhi persyaratan.

OTS merupakan bagian dari beasiswa VUFP yang dimiliki Vrije, yang artinya calon mahasiswa diwajibkan untuk mendaftar VUFP secara bersamaan dikarenakan komite penilai yang sama. Dan yang perlu kamu ingat, aplikasi beasiswa OTS dikirimkan ke pihak Nuffic Neso Indonesia sedangkan VUFP dikirimkan ke pihak VU Amsterdam.

6. Amsterdam University of the Arts

Kalau kamu penyuka seni, kampus yang satu ini bisa menjadi salah satu pilihanmu untuk melanjutkan studi. Adapun program beasiswa yang ditawarkan adalah Master DAS Theatre. DAS Theatre menawarkan satu program beasiswa yakni, dramaturgy of learning, untuk mahasiswa yang memiliki latar belakang sebagai pembuat teater dan kurator.

Untuk mendapatkan beasiswa ini, kamu harus memiliki gelar S1 atau Bachelor dan harus memiliki pengalaman kerja selama 3 tahun.

7. University of Groningen

Universitas ini didirikan pada 1614 dan merupakan universitas tertua ke-2 dan terbesar ke-3 di Belanda. Makanya gak heran kalau akan melihat bangunan tua yang unik di kampus ini. Kalau kamu tertarik untuk kuliah di tempat ini, kamu bisa mencoba mendaftar beasiswa OTS yang ditawarkan oleh University of Groningen.

Untuk program OTS 2018 ini, University of Groningen menyediakan beasiswa yang ditawarkan oleh fakultas seni dan fakultas kedokteran yang ada di universitas ini. Jika kalian ingin mengetahui infonya lebih lanjut, kalian bisa membuka web resmi University of Groningen.

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s