5 Institusi Pendidikan Tinggi yang Punya Prodi Kepolisian

Polisi adalah pranata umum sipil yang bertugas menjaga ketertiban, keamanan dan penegakan hukum diseluruh wilayah negara. Berkiprah sebagai seorang Polisi juga menjadi idaman banyak orang baik pria maupun wanita.

Bahkan bermenantukan seorang polisi dirasa menjadi suatu kebanggaan tertentu bagi sebagian kalangan. Sebelum didapuk menjadi seorang polisi, para calon polisi harus ditempa terlebih dahulu melalui serangkaian pendidikan terkait bekalnya terjun ke lapangan kelak.

Tak hanya fisik yang prima, kapasitas intelektualnya pun harus mumpuni. Nah, berikut beberapa institusi pendidikan tinggi yang menyelenggarakan program studi kepolisian. Mulai dari jenjang diploma hingga pascasarjana, lho. Tuh, kamu berminat melanjutkan studi kesana?

1. Kepolisian di Universitas Langlang Buana

Universitas Langlang Buana yang berada di Kopertis IV ini berakreditasi B dengan nomor SK adalah 3892/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2017 dan berlaku mulai 2017 dari tahun hingga 24 Oktober 2022. Sedangkan program studi Kepolisian mengantongi akreditasi B dengan nomor SK adalah 5266/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/XII/2017 yang berlaku mulai 2017 hingga 27 Desember 2022.

Program studi ini hanya tersedia untuk jenjang D-III. Visi dari diselenggarakannya program studi ini adalah menghasilkan tenaga-tenaga profesional pengemban fungsi kepolisian di bidang Pengamanan, Penyelidikan (Intelijen) dan Penyidikan.

Nah, beban studi di program studi ini sekurang-kurangnya adalah 18 sks untuk 54 mata kuliah selama 6 semester.

2. Kepolisian di Akademi Kepolisian

Akademi Kepolisian yang berada di Kopertis VI ini berakreditasi A dengan nomor SK adalah 0570/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2016 dan berlaku mulai 2016 dari tahun hingga 20 Mei 2021. Sedangkan program studi Kepolisian mengantongi akreditasi B dengan nomor SK adalah 236/SK/BAN-PT/Ak-X/Dpl-IV/XI/2013 yang berlaku mulai 2013 hingga 20 Mei 2021.

Program studi ini hanya tersedia untuk jenjang D-IV. Akademi Kepolisian atau lazim dikenal sebagai Akpol merupakan sebuah lembaga pendidikan untuk pembentukan perwira Polri tingkat Akademi dan lama pendidikan adalah 4 tahun dengan output pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda).

Pendekatan pendidikannya diselenggarakan melalui metode pembelajaran, pelatihan dan pengasuhan. Akpol tergabung sebagai anggota INTERPA (International Association of Police Academies) dari 36 negara anggota lainnya.

3. Ilmu Kepolisian di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian

Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian berada di Kopertis III. Nah, program studi sarjana Ilmu Kepolisian mengantongi akreditasi A dengan nomor SK adalah 2016/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2016 yang berlaku mulai 2016 hingga 29 September 2021. Sedangkan program studi magister Ilmu Kepolisian mengantongi akreditasi A dengan nomor SK adalah 801/SK/BAN-PT/Akred/M/VIII/2015 yang berlaku mulai 2015 hingga 7 Agustus 2020. Program studi ini hanya tersedia untuk jenjang S1 dan S2.

Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian merupakan salah satu sekolah kedinasan. Visinya adalah menjadi pendidikan tinggi yang dapat dibanggakan dan dapat diandalkan dalam mewujudkan Perwira Sarjana Ilmu Kepolisian yang Profesional dan bermoral serta menjadi Pusat Pengkajian permasalahan kepolisian dan Pengembangan Ilmu dan Teknologi Kepolisian, dan menjadi perguruan tinggi kepolisian yang modern bertaraf internasional dengan kompetensi utama administrasi kepolisian, berkarakter kemandirian dan penggerak perubahan.

4. Kajian Ilmu Kepolisian di Universitas Airlangga

Universitas Airlangga yang berada di Kopertis VII ini berakreditasi A dengan nomor SK adalah 024/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014 dan berlaku mulai 2014 dari tahun hingga 16 Januari 2019. Sedangkan program studi Kajian Ilmu Kepolisian mengantongi akreditasi A dengan nomor SK adalah 5012/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2017 yang berlaku mulai 2017 hingga 27 Desember 2022.

Program studi ini hanya tersedia untuk jenjang magister. Visi dari didirikannya program studi ini adalah menjadi pusat unggulan akademik di bidang Ilmu Kepolisian Indonesia yang mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat regional daninternasional, pelopor pengembangan ilmu pengetahuan, berdasarkan moral dan agama dalam menghadapi tantangan-tantangan yang ada dalam masyarakat sehubungan dengan masalah sosial, keamanan, kejahatan dan keadilan.

5. Kajian Ilmu Kepolisian di Universitas Indonesia

Universitas Indonesia yang berada di Kopertis III ini berakreditasi A dengan nomor SK adalah 5239/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2017 dan berlaku mulai 2017 dari tahun hingga 27 Desember 2022. Sedangkan program studi Kajian Ilmu Kepolisian mengantongi akreditasi A dengan nomor SK adalah 120/SK/BAN-PT/Akred/M/V/2014 yang berlaku mulai 2014 hingga 2 Mei 2019. Program studi ini hanya tersedia untuk jenjang magister.

Program Magister Kajian Ilmu Kepolisian yang bernaung di bawah Sekolah Kajian Stratejik dan Global ini memiliki 3 peminatan yaitu Administrasi Kepolisian, Hukum Kepolisian, Manajemen Sekuriti.Untuk jalur masuk ke Magister Kajian Ilmu Kepolisian ini dapat ditempuh melalui SIMAK dengan ujian tertulis.

Nah, buat yang bercita-cita jadi polisi atau hanya sekadar suka dengan seluk-beluk dunia polisi bisa lho kampus-kampus di atas dijadikan referensi. Terlebih yang setelah ini akan lulus SMA.

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s