17 Fakta Unik dan Menarik Tentang Negara Jepang

Jepang adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Asia Timur. Dan berdekatan dengan beberapa negara seperti China, Korea, dan juga Rusia. Memiliki populasi penduduk lebih dari 128 juta jiwa, membuat negara Jepang termasuk sebagai negara dengan jumlah penduduk terpadat di dunia.

Selain sebagai salah satu negara maju di Asia yang sangat berpengaruh di dunia. Negara Jepang juga merupakan negara yang sangat maju dalam bidang teknologi komunikasi, robotika, dan juga permesinan.

Namun tahukah anda ternyata dibalik majunya peradaban di Negara Jepang ternyata juga menyimpan sejumlah keunikan yang mungkin hingga saat ini jarang sekali anda ketahui. Berikut adalah 17 fakta unik dan menarik tentang Negara Jepang :

1. Basashi adalah Daging Kuda Mentah Favorit Orang Jepang

Jika mungkin selama ini anda hanya mengetahui orang Jepang terbiasa dengan makan daging ikan mentah. Namun selain itu, ternyata orang Jepang juga sangat menyukai Basashi yang merupakan daging kuda mentah. Kebiasaan makan daging kuda yang mentah ini diyakini dimulai saat peperangan yang terjadi pada Perang Dunia I dan juga Perang Dunia II. Saat itu orang Jepang kehabisan banyak makanan dan tidak memiliki banyak pilihan selain daging kuda. Mungkin karena hal itulah kebiasaan tersebut bertahan hingga saat ini.

2. Kereta Api Selalu Penuh Setiap Hari

Kebiasaan orang-orang Jepang yang lebih menyukai memakai transportasi umum seperti kereta api dan bus. Membuat kereta api di Jepang hampir selalu penuh setiap harinya. Dan karena hal itulah para petugas kereta api di Jepang melakukan banyak sekali pekerjaan. Salah satunya adalah menjejalkan atau membantu para penumpang yang kesulitan masuk ke dalam kereta api karena saking penuhnya.

3. Hampir 70% Daratan di Jepang Terdiri Dari Pegunungan

Terbentuk dengan ribuan pulau membuat Negara Jepang memiliki daratan yang cukup unik yakni 70% terdiri dari wilayah pegunungan. Dan lebih dari 200 gunung yang ada di Negara Jepang ternyata adalah gunung berapi.

slide05

4. Gunung Tertinggi Di Jepang Adalah Gunung Berapi

Gunung tertinggi di Jepang adalah gunung Fujiyama atau biasa dikenal dengan nama gunung Fuji. Dan ternyata gunung Fuji tersebut hingga sampai saat ini merupakan gunung yang masih berstatus sebagai gunung aktif.

5. Orang Jepang Sangat Suka Minuman Kopi

Mirip-mirip dengan orang Indonesia, ternyata orang Jepang juga sangat menyukai minuman kopi. Menariknya lagi, Negara Jepang ternyata hampir setiap tahun mengimpor kopi hingga mencapai 85% dari hasil produksi kopi di Negara Jamaika.

6. Menyeruput Mie dengan Suara Keras Adalah Sebuah Pujian

Bagi orang Jepang menyeruput mie ramen atau mie soba dengan suara yang cukup keras itu berarti merupakan sebuah pujian bagi sang pembuat mie. Sebab dengan menyeruput mie keras-keras itu berarti mie yang sedang dimakannya adalah makanan yang sangat lezat.

7. Nasi Adalah Makanan Pokok Orang Jepang

Jika di Indonesia kita terbiasa makanan dengan makanan nasi bukan roti. Hal tersebut ternyata juga sama dengan yang ada di Negara Jepang. Sebab orang Jepang setiap harinya juga mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok.

8. Mie Ramen adalah Makanan Populer di Jepang

Mie Ramen adalah salah satu makanan paling populer yang ada di Jepang. Bahkan orang Jepang juga sangat percaya untuk membuat mie ramen itu membutuhkan latihan yang sangat keras untuk bisa menciptakan rasa yang lezat.

9. Ikan Paus Masih Sering Ditangkapi Meskipun Telah Dilarang IWC

Ikan Paus adalah satu binatang yang dilarang untuk dikonsumsi di Jepang. Larangan tersebut sebenarnya berasal dari IWC, yakni sebuah organisasi dunia yang melindungi dan membatasi penangkapan terhadap ikan-ikan paus di seluruh dunia. Namun ternyata larangan tersebut sering tidak diindahkan oleh orang-orang di Jepang. Dengan beralasan penelitian, orang-orang Jepang masih sering menangkapi Ikan Paus dan akhirnya ikan-ikan paus tersebut berakhir dihidangan restoran ataupun makanan di supermarket.

10. Harapan Hidup di Negara Jepang Termasuk Salah Satu yang Tertinggi di Dunia

Majunya peradaban yang ada di Negara Jepang membuat harapan hidup di negara ini pun menjadi sangat tinggi. Bahkan kabarnya harapan hidup di Negara Jepang mencapai hingga 4 tahun lebih lama daripada Negara Amerika Serikat.

11. Produsen Mobil Terbesar di Dunia

Fakta yang satu ini tak mengherankan. Sebab seluruh dunia juga pasti tahu siapakah produsen mobil paling besar di dunia. Dan siapa lagi kalau bukan Jepang. Bahkan saking mendominasinya Jepang, hampir seluruh ajang balap motor atau mobil nomor satu dunia seperti F1 dan Moto GP rata-rata memakai produk dari Negara Jepang.

12. Para Siswi di Jepang Wajib Memakai Rok Mini 5 Inchi di Atas Lutut

Salah satu fakta unik dan juga aneh di Negara Jepang adalah peraturan yang mewajibkan para siswi sekolah di Jepang untuk memakai rok pendek dengan 5 inchi di atas lutut. Sangat pendekkan? Mungkin karena hal itu jugalah angka pelecehan seksual di Negara Jepang menjadi sangat tinggi.

13. Melon Adalah Buah yang Sangat Mahal di Jepang

Entah mengapa buah Melon menjadi sangat mahal di Negara Jepang. Tetapi kabarnya mahalnya buah-buahan di Jepang seperti Melon itu dikarenakan langkanya buah-buah tropis. Bahkan pada tahun lalu, dua buah melon di Negara Jepang terjual hingga harga Rp. 163 Juta dalam acara pelelangan.

14. Konsumen Kayu Terbesar di Dunia

Negara Jepang merupakan negara dengan konsumsi kayu paling besar di dunia. Mayoritas kayu-kayu yang didatangkan oleh Negara Jepang adalah berasal dari kayu-kayu di hutan hujan Amazon.

15. Sumo Adalah Olahraga Nasional Negara Jepang

Seperti diketahui olahraga Sumo merupakan olahraga khas orang Jepang. Sebab olahraga Sumo ini adalah termasuk olahraga nasional di Negara Jepang. Selain itu ada juga beberapa olahraga lain yang juga populer di Jepang seperti bisbol, basket, dan juga sepakbola.

16. Anime Adalah Serial Kartun Jepang yang Mendunia

Siapa yang tidak tahu dengan yang satu ini. Sebab anime atau serial kartun Jepang sudah sejak dulu terkenal di seluruh dunia. Contoh beberapa serial kartun Jepang yang sudah sejak dulu populer di dunia adalah Kapten Tsubasa, Dragon Ball, dan juga beberapa serial kartun lainnya.

17. Harakiri Adalah Budaya Bunuh Diri di Jepang

Harakiri adalah tindakan bunuh diri dengan menusukan belati atau samurai yang biasa dilakukan oleh orang-orang Jepang terdahulu. Harakiri hanya akan dilakukan bila seseorang tersebut melakukan suatu kesalahan yang memalukan atau juga menimbulkan aib. Namun kini budaya Harakiri semakin ditinggalkan seiring dengan kemajuan peradaban yang ada di Negara Jepang.

Source : Vebma.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s