Lakukan 5 Hal Ini Biar Semangatmu Membara untuk Mengerjakan Skripsi

Skripsi seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi setiap mahasiswa yang hendak meraih gelar sarjana. Tidak sedikit mahasiswa yang memilih menyerah karena menghadapi berbagai persoalan. Semoga saja kamu lebih memilih untuk tetap berjuang walau kesulitan menyelesaikan skripsi terus mendera ya.

Tapi kalau suatu saat nanti semangatmu untuk mengerjakan skripsi menjadi menciut, lakukan saja beragam hal sederhana yang ternyata bisa membakar kembali keinginanmu untuk bisa segera merampungkan tugas akhir sebagai mahasiswa itu.

1. Setiap hari kunjungi kampus
Ketika sudah menginjak semester-semester terakhir, pasti kamu sudah makin jarang pergi ke kampus karena sudah makin sedikit kelas yang harus kamu hadiri kan? Dengan tetap berkunjung ke kampus, kamu bisa merasakan suasana kalau ternyata sudah banyak teman-teman yang lulus dan kamu makin tidak mengenali orang-orang yang berada di kampus.

Kalau kamu sudah merasakan kegelisahan itu, nantinya semangatmu menyelesaikan skripsi bakal terbakar kembali kok.

2. Dosen pembimbing bukan musuhmu, jadi tetap temui dia ya
Banyak pejuang skripsi yang memilih untuk menghindari dan tidak menghubungi dosennya karena berbagai hal. Tetapi kalau kamu melakukan itu, bukannya mengurangi masalah, hal itu justru makin membuat skripsimu terbengkalai lho. Segalak apapun dosen pembimbing kamu, dia pasti akan lulus dengan semangatmu yang membara kok.

3. Rayakan wisuda teman
Saat teman-teman seangkatan sudah ada yang wisuda, jangan malu untuk ikut mendatangi momen pemberian wisudanya itu ya. Atmosfer yang kamu rasakan saat berada di ruang wisuda akan membuatmu mengerti bahwa ada segudang alasan yang membuatmu tidak boleh menyerah untuk merampungkan skripsi.

4. Mulai dulu dari yang mudah
Tidak ada yang bilang skripsi itu mudah. Namun pasti di balik itu ada dong yang mudah. Oleh sebab itulah jangan terpaku dengan hal yang sulit saja ya, kerjakan dulu saja yang menurutmu paling ringan. Perlahan demi perlahan ternyata hal ini bisa memotivasi kamu untuk giat merampungkan skripsi lho.

5. Daftar di situs lowongan pekerjaan serta rajin-rajin melihat lowongannya
Tidak hanya orang tuamu saja lho yang mau kamu cepat-cepat punya pekerjaan, tetapi kamu sendiri pasti mau kan segera bisa hidup mandiri dan punya pekerjaan yang beken. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mulai mendaftar di berbagai situs lowongan pekerjaan dan rajin-rajin mencari iklan lowongannya. Bahkan kalau ada job-fair, jangan ragu-ragu untuk datang. Semangatmu secera seketika bakal terbakar habis lho.

Dengan melakukan beragam hal sederhana di atas, semoga kini semangatmu berskripsi makin meroket tinggi ya.

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s