Penting, Hindari 5 Hal Berikut dalam Wawancara !!

Semakin bertambahnya angka pengangguran di Indonesia adalah bukti nyata bahwa ada ketidakseimbangan antara jumlah lulusan tiap tahunnya dengan jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia. Hal ini berdampak secara langsung terhadap kondisi perekonomian masyarakat, kondisi kesehatan, pendidikan dan sosial pada umumnya.

Melihat fenomena ini mau tidak mau kita sebagai pemuda harus lebih giat dan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang layak. Mengingat setiap tahunnya ada ribuan lulusan baru baik dari SMA maupun universitas, menyebabkan angka persaingan dalam mencari pekerjaan juga semakin ketat. Oleh karena itu, ketika kita melamar pekerjaan jangan pernah mengatakan hal-hal berikut kepada diri sendiri:

Penting, Hindari 5 Hal Berikut dalam Wawancara !!
Sumber Gambar : http://lowonganmadiun.com

1. GELAR SAYA BERLAWANAN DENGAN PEKERJAAN INI

Banyak pelamar yang begitu menonjolkan dia dari tamatan mana dan gelarnya apa, namun hati-hati dengan keadaan seperti itu hanya kan membuat tanggapan negatif buat anda bagi perusahaan karena yang dibutuhkan saat ini bukanlah gelar atau tamatan mana anda berasal tapi kemampuan yang bisa anda berikan kepada perusahaan agar perusahaan bisa mempekerjakan anda. Hal ini banyak terjadi seperti yang dikatakan teman-teman saya yang berprofesi sebagai rekrutmen salah satu perusahaan, sudah jelas dia jurusan Biologi ataupun lainnya tapi lamaran tetap dia masukkan untuk posisi IT tentu saja berlawanan.

Namun lain halnya jika posisi yang dia lamar tidak sesuai gelar atau jurusannya namun tetap terpanggil untuk wawancara atau tes lainnya berarti itu kesempatan baginya untuk lebih meluaskan kemampuannya dibidang lainnya diluar jurusan atau gelarnya, ingat. jangan sia-siakan kesempatan.

2. GAJI YANG DIBERIKAN TERLALU KECIL

Untuk hal yang sangat sensitif adalah gaji, untuk pertama kali perusahaan akan mengetes kita dengan gaji yang terbilang pas-pasan hingga membuat pelamar langsung mengundurkan diri, gaji memang sangat hal yang penting untuk hasil bekerja tapi jika anda bekerja dengan giat, tekun, selalu tepat waktu, dan jujur, maka tidak menutup kemungkinan perusahaan akan memberikan reward atau hadiah kepada Anda, sebaliknya bila Anda bekerja secara asal-asalan, maka tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkan punishment atau hukuman.

3. JAM KERJANYA TERLALU LAMA DIBANDING GAJI YANG DITERIMA

Untuk penjelasan dari perusahaan bahwa gaji yang akan diterima adalah sekian rupiah, namun jam kerjanya cukup panjang dan membuat anda sebagai pelamar agak ragu karena akan sangat kecapekan bekerja, cuma satu yang ingin saya sampaikan, Bekerja tidak ada yang senang, kecuali kita sendiri bosnya. Namun biasanya perusahaan yang baik sudah memiliki hitungan tersendiri untuk setiap kelebihan jam para karyawannya dan akan dimasukkan sebagai kerja lembur.

4. SIFAT SOMBONG YANG BERLEBIHAN KARENA PENGALAMAN

Pelamar yang sudah memiliki pengalaman cendrung terlalu menyombongkan diri karena sudah berpengalaman dan sudah banyak mengetahui seluk beluk pekerjaan yangakan dilakukan ataupun dia berasal dari perusahaan cukup ternama, itu adalah hal yang sangat bagu dan menjadi nilai tambah bagi perusahaan, tapi kami sarankan kurangi menonjolkan diri anda bahwa anda sangat berpengalaman dan bisa akan pekerjaan tersebut jika anda sudah dicap terlalu menonjolkan diri perusahaan akan menganggap anda agak sombong yang nantinya akan susah diatur oleh perusahaan. ha ini akan menjadi kerugian untuk anda sendiri karena banyak pelamar lain bahkan ratusan yang ingin bekerja yang akan dipilih oleh perusahaan, oleh karena itu tetaplah bersikap secara rendah hati dan biarkanlah pimpinan atau HRD dari perusahaan tersebut yang menilai diri Anda.

5. ADAKAH POSISI LAIN SELAIN POSISI INI

Jangan menjadi plin-plan atau ragu-ragu sudah jelas pelamar memasukkan lamaran untuk posisi yang sudah tertera, yang mana sebelumnya pelamar mengetahui posisi tersebut akan bekerja apa dan bagaimana cara kerjanya, namun disaat wawancara atau tes lainnya pelamar mengatakan “Jika ada posisi lainnya saya juga siap untuk posisi itu” berarti anda ragu dengan posisi yang anda lamar sendiri, dan jelas perusahaan juga akan meragukan anda.

Mungkin itu dulu yang bisa saya ketikkan karena ini bersumber dari pengalaman saya pribadi dan juga dari cerita teman-teman dab dari rekan saya yang bekerja sebagai rekrutmen di salah satu perusahaan, memang hal inilah yang banyak terjadi. banyak pelamar yang gagal bukan karena ketidakmampuannya melainkan karena dirinya sendiri 🙂

Mudahan bisa menjadi pelajaran untuk pembaca dan juga admin sendiri, mudahan bisa mendapatkan pekerjaan yang bagus. 🙂

Source : Gudangloker.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s