6 Tips Cerdas Melamar Kerja via Email

Saat ini banyak perusahaan yang melakukan perekrutan karyawan baru hanya lewat dunia maya alias mereka meminta pelamar mengirimkan lamaran lewat surat elektronik “Email”, bagi anda yang sudah terbiasa dengan email pastinya sudah cukup mengetahui dengan mudah caranya, namun banyak juga terjadi kesalahan yang dilakukan oleh pelamar dalam mengirim email lamaran kerjanya.

Kesalahan dalam pengiriman email banyak dilakukan oleh pelamar karena kurang teliti dan juga karena belum pernah mengirim lamaran kerja melalui email.

Lamaran kerja yang dikirimkan melalui email tentu saja tidak lepas dari berkas yang akan dikirim seperti, Scan Ijazah/transkrip nilai, Scan KTP, Foto terbaru pelamar dan berkas lainnya yang dirasa perlu, nah untuk tidak memperpanjang tulisan, langsug saja, berikut yang harus anda perhatikan hal apa saja yang harus dilakukan untuk mengirim lamaran kerja via email.

Alamat Email

Alamat email tentunya harus ada karena dengan inilah kita akan mengirimkan lamaran kerja lewat email, nah yang harus diperhatikan adalah, gunakan alamat email yang mudah dan singkat, jangan yang aneh-aneh dan terlalu alai, seperti sicuantikzzzzmaniez@….Alexcint4qmuuuwh@…, budiloveyou@…, ataupun alamat lainnya yang sangat aneh dan telalu aneh untuk dibaca, jadi untuk itu, buat alamat dengan sangat singkat dan mudah diingat. atau bisa pakai nama sendiri seperti admin@gudangloker.com

Email Official atau Email Gratisan

Agar sedikit berwibawa usahakan gunakan email yang berbayar seperti email@andi.com, admin@gudanloker.com,  karena hal ini anda akan dianggap profesional, namun itu semua hanya nilai plus, dan bila anda tidak memiliki domain sendiri, gunakan saja email gratisan namun yang saya sarankan adalah milik Gmail, yahoo dan live karena dikenal akan kecepatannya kirimnya yang bagus

Format File

Dalam mengirimkan berkas lamaran, usahakan format yang anda kirimkan adalah dalam format .doc, .rtf ataupun PDF. Pastikan diisi dengan sebenarnya dan juga lengkapi isinya agar menarik perhatian perusahaan tersebut, masukan berkas seperti CV, foto dan beri nama file tersebut dengan nama anda

Ukuran File / Berkas

Pengiriman berkas juga harus diperhatikan pada ukuran file tersebut, seperti scan ijazah / transkrip nilai, Scan KTP, dan scan-scan lainnya, maka dari itu usahakan ukuran filenya sangat kecil tapi jelas agar tidak membuat loading terlalu lama dalam membuka file tersebut. Banyak perusahaan yang meminta untuk berkas lamaran harus tidak lebih dari 1MB.

Penggabungan File / Berkas

Jika berkas / foto yang akan anda kirimkan terlalu banyak, tentunya akan sangat memenuhi badan email, oleh karena itu satukan file yang berformat gambar tersebut dalam format .zip dan berilah nama yang jelas agar tidak membingungkan perusahaan.

Uraian Singkat

Jika masalah berkas-berkas sudah selesai, maka yang harus anda perhatikan adalah jangan lupa memberikan surat pengantar yang berisi uraian singkat, yang isinya berupa kalimat yang mengarah kepada “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan tersebut” buatlah uraian singkat namun jelas.

Nah mudah-mudahan dari beberpa tips diatas bisa membuat anda mengerti dan tidak terlalu bingung dalam membuat dan mengirimkan lamaran lewat email, karena sebenarnya diterima atau tidaknya anda oleh perusahaan tersebut adalah tergantung dari kemampuan dan skil yang anda miliki dan juga uraian-uraian kata yang anda buat hingga membuat menarik perusahaan tersebut untuk memilih anda.

Semoga berhasil!

Source : Gudangloker.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s