Patut Dibaca! 5 Trik Biar Tidak Zonk Saat Belanja Online

Beberapa hari terakhir ini, satu situs belanja online terkenal di Indonesia banyak mendapat protes dari pelanggannya. Banyak yang merasa tertipu karena produk yang dijual tak sesuai dengan iklannya. Sebenarnya penjual sudah menyertakan deskripsi produk yang jelas di iklan tersebut.

Nah, kamu gak mau tertipu belanja online, kan? Untuk menghindari kasus-kasus tersebut, yuk ikuti tips-tips belanja online berikut ini.

1. Baca secara teliti deskripsi produk

Patut Dibaca! 5 Trik Biar Tidak Zonk Saat Belanja Onlinepexels.com/Negative Space
Dalam sebuah toko online, biasanya penjual sudah menyertakan deskripsi produk yang dijualnya. Deskripsi tersebut biasanya berupa bahan, ukuran, variasi, serta stok barang. Biasakan baca deskripsi produk ini secara teliti sebelum memutuskan untuk membeli.

Jika memang ternyata deskripsi barang dituliskan dalam bahasa Inggris dan kita tidak mengerti, manfaatkan aplikasi penerjemah bahasa untuk bisa mengetahui deskripsi produk tersebut dalam bahasa Indonesia.

2. Jangan malu untuk bertanya pada penjual

Patut Dibaca! 5 Trik Biar Tidak Zonk Saat Belanja Onlinelifehack.org

 

Jika memang deskripsi produk yang dituliskan masih kurang jelas atau ada beberapa hal tidak kamu mengerti tentang produk yang dijual, jangan malu untuk bertanya pada penjual.

Biasanya penjual sudah menyertakan kontak yang bisa dihubungi calon pembeli, atau kalau di marketplace biasanya ada fasilitas chat yang bisa kamu gunakan. Karena seperti kata pepatah, malu bertanya bisa sesat di jalan.

3. Lihat testimoni produk

Jika berbelanja online di marketplace biasanya kamu akan diminta untuk memberikan penilaian pada produk yang kamu beli. Penilaian itu bisa jadi pertimbangan kamu untuk membeli sebuah produk. Karena kamu tidak bisa melihat barang itu secara langsung.

Tapi kadang penjual yang baru memulai toko online belum punya penilaian pada produknya. Untuk kasus seperti ini, kamu bisa cari review produk tersebut di Google atau cari penilaian produk yang serupa di toko lain. Karena biasanya di marketplace banyak yang menjual produk sama.

4. Lihat reputasi toko

Reputasi sebuah toko online di marketplace biasanya dilihat dari kecepatan respon penjual dan juga banyaknya penjualan yang berhasil. Reputasi toko ini bisa jadi pertimbangan kamu untuk berbelanja di toko tersebut.

Tapi bukan berarti tidak aman untuk berbelanja di toko yang belum punya reputasi. Karena bisa jadi toko tersebut masih merintis. Lihat saja dari kecepatan respon penjualnya. Jika memang responnya cepat dan penjelasannya memuaskan, maka tidak ada salahnya mempertimbangkan toko ini ketika ingin membeli suatu produk.

5. Jangan terburu-buru membeli

Setiap hari biasanya marketplace mengadakan flash sale berbatas waktu dan juga dengan stok barang yang tidak begitu banyak. Karena takut kehabisan barang yang diincar, seringkali banyak pembeli berebut membeli produk di flash sale tanpa membaca dua kali deskripsi produk yang dijual.

Padahal bisa jadi produk yang dijual bukan seperti yang kamu pikirkan. Karena itu biasakanlah, walau dalamflash sale sekalipun, untuk tidak buru-buru membeli dan membaca ulang deskripsi produk incaran kamu.

Source : Idntimes.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s