Inilah Tips & Trik Cara Membuat CV yang Menarik dan Efektif

Apa kamu tahu kalau tim HRD perusahaan hanya menghabiskan waktu 10 detik untuk menentukan apakah CV kamu layak masuk daftar wawancara? Ya, cuma 10 detik! Nah, berikut ada 4 tips jitu dari Glints buat kamu para job-seeker cara membuat CV yang menarik.

 

Singkat, Padat, dan Jelas

Hal paling penting yang harus kamu perhatikan pertama kali dalam membuat CV yang menarik adalah tentukan format CV. Pastikan kalau CV kamu tidak lebih dari 2 halaman. Jika CV kamu bukan CV kreatif, maka akan lebih baik kalau latar CV berwarna putih dengan font warna hitam.

Tips

  • Gunakan font yang selaras dan jelas, pilih salah satu dari Calibri, Cambria, Arial, atau Tahoma (jangan pernah menggunakan font seperti Comic Sans!). Hindari juga penggunaan jenis huruf yang berbeda-beda.
  • Gunakan poin (bullets) atau angka ketika menuliskan spesifikasi pengalaman maupun penghargaan yang kamu punya. Hindari penggunaan kalimat yang bertele-tele ataupun penuh dengan jargon besar.
  • Pasang foto terbaru dengan pakaian formal. Selain pengalaman dan penghargaan, salah satu yang mungkin menjadi perhatian perusahaan adalah foto kamu. Jangan sekali-sekali menggunakan foto selfie sebab akan membuat kamu terlihat tidak serius dalam mencari pekerjaan.

 

Cantumkan Hanya Pengalaman yang Relevan

Saat menuliskan daftar pengalaman dan penghargaan, mulailah dari yang paling terbaru dan relevan. Untuk bagian latar belakang pendidikan, tuliskan maksimal 2-3 jenjang pendidikan yang paling terakhir.

Tips

  • Cantumkan IPK kamu. Menulis IPK di CV jadi hal wajib terutama jika perusahaan mensyaratkan minimal IPK.
  • Tuliskan pengalaman yang paling sesuai dengan pekerjaan yang dituju. Misalnya kamu berniat untuk mendaftar lowongan sebagai penulis kontributor, kamu bisa ceritakan tentang pengalaman ketika bergabung bersama majalah kampus atau sekolah.
  • Tidak ada pengalaman? Jangan panik, kamu bisa menuliskan hobi atau interest relevan serta daftar keterampilan yang kamu punya. Intinya, kamu harus bisa meyakinkan perusahaan bahwa kamu layak untuk dipertimbangkan dan masuk tahap wawancara.

 

Cek Tata Bahasa

CV kamu ditulis dengan bahasa apa? Indonesia atau Inggris? Bahasa apapun yang kamu pilih sekarang, pastikan bahwa CV kamu bebas dari typo dan kesalahan grammar. Selain itu, hindari penggunaan kata kerja yang terlalu sederhana.

MjAxMi0yNTQ4NmEwOGI2MTgyY2Rl

Tips

  • Minta lah teman kamu untuk cek tata bahasa dalam CV kamu sebelum dikirimkan ke perusahaan.
  • Gunakan kamus Thesaurus untuk mengganti kata kerja yang terlalu sederhana. Namun jangan juga gunakan kata-kata yang tidak umum dan sulit dimengerti. 

 

Buat CV kamu beda dari yang lain

Apakah kamu menggunakan satu CV untuk melamar ke segala jenis posisi pekerjaan? Jika ya, maka kamu sudah melakukan kesalahan fatal. Saat ini tim rekrutmen akan lebih memilih CV yang spesifik ketimbang CV yang umum. Salah satu kunci membuat CV yang menarik adalah dengang membuat CV yang telah disesuaikan dengan pekerjaan yang dituju.

Tips

  • Gunakan istilah yang berkaitan dengan pekerjaan yang dituju. Misalnya gunakan kata-kata seperti SEO, Sosial Media, dan Marketing untuk melamar pekerjaan copywriter.
  • Baca dan pahami profil perusahaan yang dituju dan siapkan CV yang sesuai dengan karakter dari perusahaan tersebut. Jika kamu bisa melakukan hal ini, CV kamu bisa dipastikan beda daripada yang lain.
  • Lalu, bagaimana jika kamu sedang berada di career/job fairLuangkanlah waktu untuk membuat beberapa CV yang ditujukan untuk posisi pekerjaan tertentu yang akan dilamar. Kamu bisa siapkan 3-4 CV yang detail dan spesifik, dengan demikian kamu bisa selangkah lebih maju dari para pesaing kerja lainnya.

 

P.S. Untuk kamu yang mengunggah CV melalui email maupun situs pencarian kerja online, jangan lupa convert dokumen kamu ke .pdf ya supaya dokumen kamu lebih mudah diakses oleh tim rekrutmen.

————————————————

Sumber:

http://www.theguardian.com/careers/2015/dec/29/the-best-cv-writing-tips-of-2015

http://www.independent.co.uk/news/uk/home-news/employers-sifting-through-applications-likened-to-swiping-through-tinder-as-research-shows-people-9988512.html

http://www.theguardian.com/careers/2015/jul/06/how-to-keep-your-cv-to-two-pages

Via : Glints.id

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s