Ini foto dan video gempa dikabarkan di Banten yang ternyata hoax

Getaran gempa yang cukup besar sempat membuat para warga yang tinggal di daerah Jakarta dan Banten panik.

Gempa bumi baru saja melanda wilayah Banten dan Jakarta pada Selasa (23/1) siang pukul 13.35 WIB. Gempa yang berkekuatan 6,4 SR ini berpusat di Lebak, Banten. Getaran gempa yang cukup besar sempat membuat para warga yang tinggal di daerah Jakarta dan Banten panik. Mereka berbondong-bondong keluar dari gedung dan rumah untuk menyelamatkan diri.

Masyarakat pun ikut ramai membicarakan gempa tektonik ini di media sosial. Banyak yang mengabarkan info dan kondisi terkini wilayah yang terkena gempa. Foto-foto dan video beredar begitu cepat di media sosial dan grup WA. Sangat disayangkan, di tengah kepanikan dan musibah yang terjadi, masih saja ada beberapa oknum yang justru menyebarkan foto dan video hoax mengenai keadaan wilayah yang terkena guncangan gempa.

1. Salah satunya foto berikut ini, foto yang memperlihatkan jalan aspal dengan retakan yang cukup parah ini banyak tersebar di media sosial. Foto tersebut dikabarkan sebagai salah satu kondisi gempa yang terjadi di Banten. Padahal aslinya foto itu merupakan foto kondisi jalan Yogya-Wonosari, yang kabarnya terjadi dua hari lalu.

 

2. Foto yang diunggah akun Instagram @inspirasihatiislami ini memperlihatkan sebuah bangunan masjid yang hancur akibat gempa. Akun tersebut mengabarkan bahwa foto tersebut merupakan kondisi akibat guncangan gempa di Banten. Namun warganet pada kolom komentar mengatakan bahwa itu bukanlah akibat gempa yang terjadi di Banten melainkan di Sukabumi.

Tidak hanya foto, video hoax tentang kondisi gempa Banten juga ramai tersebar di media sosial dan grup WA. Video yang menunjukkan dua buah truk yang bergoyang sendiri akibat dihantam badai ini sebenarnya terjadi di atas kapal penyeberangan Gilimanuk.

Source : Brilio.net

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s