8 Persiapan Karier bagi Kamu yang masih Anak Kuliahan

Empat tahun selama kamu kuliah adalah waktu yang singkat untuk kamu mengembangkan dan mempersiapkan diri sebelum bekerja. Setelah lulus dan melepaskan title anak kuliahan, pastinya kamu telah melalui banyak suka dan duka saat kuliah. Nah, setelah itu kamu mau apa? Mungkin ada yang ingin lanjut studi, dan lainnya ingin melanjutkan bekerja menata jenjang karier. Lalu, sebagai anak kuliahan apa yang sudah kamu persiapkan untuk jenjang kariermu? Kalau belum ada, jangan khawatir, simak delapan persiapan karier bagi kamu yang masih anak kuliahan.

Cari tahu minat dan bakatmu, serta karier yang sesuai

Baik kamu berkuliah di jurusan yang kamu senangi, atau sekadar mengikuti keinginan orang tuamu, itu tidak masalah. Yang penting, sebagai anak kuliahan kamu harus tahu benar apa yang kamu sukai, dan di mana kemampuan terbaikmu. Misalnya saja, kamu senang berinteraksi dengan orang lain, mempresentasikan atau menjelaskan suatu hal, juga senang menulis dan mempromosikan suatu produk. Kamu bisa mulai melirik pekerjaan di bidang marketing atau pun komunikasi. Untuk itu kamu dapat mencoba mencari tahu apa minat dan bakatmu yang dapat kamu gunakan saat berkarier nantinya.

Membangun relasi dengan teman-teman di luar kelas

Tahu kan istilah anak kuliahan “kupu-kupu” (kuliah pulang-kuliah pulang)? Nah, saya sarankan sebisa mungkin untuk tidak jadi anak kuliahan yang kupu-kupu. Carilah kegiatan atau aktivitas di kampus yang bisa membuatmu berinteraksi dan berkenalan dengan teman-teman baru di luar kelas dan jurusanmu. Misalnya, ikut berbagai organisasi yang ada, seperti fotografi, berenang, pecinta alam, kerohanian, musik, dan lain sebagainya.

Kamu juga dapat mencoba ikut berperan aktif sebagai anggota BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) atau menjadi pengurus di Himpunan Jurusan kamu. Dengan begitu, jaringan pertemananmu akan semakin luas. Kamu pun akan mengenal berbagai tipe anak kuliahan lainnya, dan bisa belajar banyak dari sana-sini, tentunya menyenangkan.

Kembangkan dirimu di luar kampus

Nah, selain sibuk di kampus, sah-sah saja kok kalau kamu sebagai anak kuliahan juga membangun dirimu di luar kampus. Misalnya saja dengan ikut kursus yang bisa menunjang diri untuk persiapan kariermu. Seperti kursus Bahasa Inggris atau Mandarin, karena kedua bahasa tersebut menjadi salah satu yang “wajib” kamu miliki untuk bisa bersaing pada saat mencari kerja.

Tak jarang Bahasa Inggris sekarang sudah menjadi salah satu persyaratan wajib pada saat melamar pekerjaan, lho. Mahir Bahasa Mandarin pun juga mendatangkan banyak keuntungan, karena perusahaan akan memberikan kamu gaji diatas rata-rata. Selain kursus, kamu juga bisa ikut berbagai komunitas yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Misalnya saja ikut karang taruna, atau bahkan bergabung organisasi sosial seperti PMI.

Ikut konferensi dan latihan kepemimpinan

Informasi berbagai konferensi dan latihan kepemimpinan yang bisa kamu ikuti sebagai anak kuliahan sekarang bisa didapatkan dengan mudah. Mungkin masih ada sebagian anak kuliahan yang berpikir, apa untungnya mengikuti kegiatan tersebut, dan mungkin kamu salah satunya. Ikut konferensi, baik nasional dan internasional tentunya akan membuka wawasanmu tentang berbagai hal. Banyak pembicara berkualitas yang siap berbagi pengalaman dan pedoman hidup mereka mereka. Selain itu, kamu juga bertemu dengan lebih banyak lagi orang dari latar belakang yang berbeda-beda.

Kamu pun bisa berlatih public speaking, atau keberanianmu dalam mengemukakan pendapat di muka umum, dan mendapat masukan tentang dirimu sendiri. Ini tentunya akan sangat berguna pada saat kamu bekerja dan menata jenjang karier nantinya, anak kuliahan. Dengan mengikuti latihan kepemimpinan, kamu dapat mengasah mental kepemimpinan kamu seperti leadership, membangun integritas, memanajemen orang lain, dan sebagainya. Ada banyak konferensi dan latihan kepemimpinan yang bisa kamu ikuti misalnya IYC (Indonesia Youth Conference), GLE (Global Leadership Experience), AUYA (Asia Urban Youth Assembly), dan lain sebagainya.

Magang

Magang ini menjadi salah satu yang sangat penting dan nggak boleh dilewatkan oleh anak kuliahan, baik diwajibkan oleh kampus atau tidak. Dengan melakukan magang, kamu bisa mencicipi langsung bagaimana dunia kerja sesungguhnya, bukan sekadar teori dari bukumu. Sebagai anak kuliahan, hal ini tentu penting karena bisa membuatmu lebih dulu adaptasi dan tidak kaget saat nanti benar-benar bekerja dan membangun karier.

Pada saat magang, anak kuliahan pun akan diberikan tugas-tugas yang bisa jadi sama tanggung jawabnya dengan yang bekerja penuh waktu. Kamu pun bisa belajar banyak, dan bertanya ini itu kepada supervisor-mu. Jadi manfaatkan kesempatan magangmu untuk mengambil berbagai ilmu yang akan membantumu bekerja nanti. Selain itu, magang juga bisa membuka jalanmu menjadi pegawai tetap. Jika supervisor melihat kalian sebagai anak kuliahan yang magang di tempat mereka punya performa yang bagus, mereka tak segan mengangkatmu menjadi karyawan tetap, lho.

Mencari informasi tambahan terkait bidang studi

Internet sudah menjadi sumber pengetahuan yang begitu luas, di mana kita bisa mencari informasi tentang apa pun, dan bisa menemukannya. Termasuk juga informasi terkait bidang studi yang kamu geluti sekarang. Sebagai anak kuliahan, tentunya kamu mendapat materi dari kampusmu, termasuk juga dari buku-buku yang kamu miliki. Tapi di samping itu, kamu juga bisa mencari berbagai materi tambahan secara online, dari berbagai website resmi, contohnya website kampus luar negeri.

Biasakan dirimu familiar dengan berbagai istilah dan kelengkapan apa saja yang kamu butuhkan sesuai dengan ranahmu. Misalnya saja anak kuliahan statistik, pastikan kamu menguasai SPSS dengan baik, karena itu menjadi salah satu modalmu saat di dunia kerja nanti. Cari tahu juga apa saja tools yang kamu akan gunakan sesuai bidangmu pada saat kerja nanti.

Ikuti Tes Penilaian Kemampuan

Jika kamu masih ragu mengenai bidang apa yang benar-benar menjadi kemampuanmu, atau bidang karier apa yang kamu harus ambil, jangan bingung. Sekarang, banyak fasilitas yang menyediakan tes untuk menilai kemampuan yang kamu miliki berada di ranah apa. Dengan mengambil tes penilaian kemampuan, kamu akan lebih memiliki gambaran terkait pilihan kariermu, dan apa yang harus kamu kembangkan selagi menjadi anak kuliahan.

Cari tahu pihak mana yang bekerja sama dengan kampusmu

Kampus tempatmu belajar biasanya memiliki partnership, atau kerja sama dengan berbagai perusahaan maupun universitas luar negeri. Nah, kamu bisa mencari tahu tentang hal ini dan memanfaatkannya untuk mengembangkan kariermu. Misalnya saja, kampus yang memiliki kerja sama dengan universitas luar negeri, bisa kamu manfaatkan untuk mengambil double degree. Jadi, kamu mendapat gelar dari kampusmu sendiri, dan juga dari kampus luar. Perusahaan yang bekerja sama dengan kampusmu biasanya menyediakan posisi yang khusus mencari anak kuliahan dari kampusmu. Kamu dapat mencoba mendaftarkan diri ke perusahaan tersebut.

Tidak ada kata terlalu dini untuk mempersiapkan kariermu. Di awal perkuliahan pun, kamu bisa mulai “mencicil” persiapan apa saja yang akan kamu butuhkan setelah lulus. Dengan persiapan yang lebih baik, kamu pun diharapkan bisa memiliki karier yang lebih baik, serta mampu bersaing dengan ribuan lulusan lainnya. Selagi bisa, yuk jalani kuliahmu sebaik mungkin dan persiapkan diri untuk kariermu.

Sebagai anak kuliahan, kalian perlu tahu bahwa sukses itu ada saat kesempatan bertemu dengan persiapan yang telah kalian lakukan. Jangan sampai kesempatan itu datang, tapi kalian belum mempersiapkan apa pun. Kalian sangat boleh memiliki impian karier apa pun, dan perusahaan mana pun yang kalian impikan. Tapi jangan lupa, perlu ada persiapan dan “bayar harga” yang dilakukan ya!

Source : Glints.id

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s