6 Hal yang Perlu Dilakukan Mahasiswa saat Konferensi Internasional

Duduk di bangku kuliah memberi banyak kesempatan buat kamu mendapatkan pengetahuan dan teman baru lewat berbagai kegiatan, baik yang secara langsung menyangkut akademik ataupun tidak. Kegiatan ini bisa berskala regional, nasional, atau internasional. Nah, berhubung era globalisasi dampaknya sudah meluas ke berbagai sektor termasuk pendidikan, banyak juga mahasiswa yang lebih tertarik dengan konferensi internasional.

Mahasiswa mengikuti konferensi internasional biasanya karena ingin menambah wawasan terkait jurusan yang dipelajari di kuliah. Beberapa juga mengikuti konferensi internasional karena diwajibkan oleh dosen. Terlebih lagi, kamu bisa menambah pengetahuan juga soal budaya negara lain lewat pertemanan yang kamu dapat selama acara berlangsung. Dalam artikel ini, saya mau membahas lebih spesifik tentang persiapan dan hal apa saja yang perlu kamu lakukan jika ingin menghadiri konferensi internasional.

Berkenalan dengan sesama mahasiswa

Ikut konferensi international berarti kamu membuka pintu perkenalan dengan dunia universal. Biasanya, mahasiswa memakai kesempatan ini ntuk mengikutsertakan poster/paper ilmiah sekaligus mencari profesor atau orang penting di jurusannya untuk diminta menjadi pembimbing tesis/disertasi. Tetapi ketika acara berlangsung, sebaiknya kamu tidak terlalu fokus mencari-cari profesor-profesor tersebut mengingat mereka akan sulit ditemui.

Mencari tahu mahasiswa asuhan profesor tersebut bisa jadi cara yang lebih efektif, karena kemungkinan besar profesor atau petinggi suatu fakultas akan mengajak mahasiswa andalannya untuk ikut ke konferensi internasional. Tentu lebih mudah juga bertemu dengan sesama mahasiswa dibanding profesornya. Jadi, lebih baik kamu mencari dan berkenalan dengan banyak teman mahasiswa di konferensi internasional.

Jangan memaksakan bisa berkenalan dengan semua orang

Sumber: Philadelphia Magazine

Konferensi internasional juga jadi kesempatan emas buat menambah koneksi. Semua orang ingin terhubung dengan orang baru, terlebih kalau orang tersebut punya peran dan prestasi di suatu bidang. Tapi, kamu tidak perlu menjadi mahasiswa yang gandrung koneksi hanya karena ingin menambah daftar orang berpengaruh yang pernah kamu ajak berkenalan.

Panitia penyelenggara konferensi internasional yang kamu ikuti adalah beberapa orang yang justru perlu kamu ajak berkenalan—jika memang memungkinkan. Akan ada banyak konferensi internasional lain yang diinfokan oleh kenalan panitia. Kesempatan berkolaborasi atau bahkan bekerja sama di suatu proyek juga bisa datang dari kompetitor yang kamu kenal di kompetisi saat konferensi internasional berlangsung.

Memakai outfit yang tepat

Sesuai dengan konsep acara konferensi internasional yang diikuti, tentu kamu harus memakai outfit yang rapi. Jika memang ada dress code yang sudah ditentukan, misalnya memakai batik atau nuansa tertentu lainnya maka kamu harus mengikuti aturan tersebut. Outfit dengan bahan nyaman dan tidak mudah kusut saat kamu berdiri atau banyak berteriak bakal lebih membantu kamu beraktifitas sepanjang konferensi internasional ini. Biasanya di konferensi internasional akan ada jamuan makan malam dan kamu perlu memakai outfit yang tepat juga untuk sesi ini.

Makan siang dengan teman baru

Berkenalan dengan mahasiswa lain di konferensi internasional juga sering terjadi di sesi makan siang. Bagi kamu yang datang serombongan atau bersama beberapa teman sefakultas,makan siang adalah saat yang tepat untuk berbaur dengan orang-orang baru. Coba duduk di meja yang berbeda dengan teman lain, beranikan diri untuk berkenalan dengan 2-3 orang di meja tersebut. Setelah 30-45 menit, kamu akan merasakan pengalaman baru setelah berbincang dan berkenalan dengan mahasiswa dari berbagai negara. Jadi, jangan terlalu fokus sama menu makan siangnya saja.

Hadir di acara penutupan atau after party

Sumber: SWE

Sebelum konferensi internasional berakhir, cukup lazim diadakan makan malam bersama yang diikuti dengan after party. Meskipun bukan acara utama dalam sebuah konferensi, tapi pada konferensi internasional kamu bisa merasakan semua orang akan lebih mudah diajak berkomunikasi dan berbaur satu sama lain saat after party.

Kadang di konferensi internasional, sajian minuman alkohol bukan hal asing lagi. Kamu tidak perlu sampai mabuk atau berusaha meminumnya kalau memang tidak ingin, tapi etika dalam acara seperti ini sebaiknya tetap kamu pegang agar tidak merusak rangakain panjang konferensi internasional yang sudah kamu ikuti. Manfaatkan sesi after partyuntuk menambah lagi informasi dan membuka koneksi lebih banyak dengan para peserta konferensi.

Jangan lupa follow up

Last but not least, setelah konferensi selesai, kamu masih harus tetap menjalin komunikasi dengan kenalan mahasiswa ataupun profesor dan doktor yang ditemui saat acara tempo hari. Kecanggihan telekomunikasi sekarang membantu kamu untuk bisa tetap terhubung lewat aplikasi chatting atau media sosial lainnya dengan teman yang tinggal di negara lain. Jangan sampai kamu tidak ingat dan melupakan nomor telfon atau akun yang didapat saat saling bertukar di konferensi internasional tersebut.

Kalau kamu tidak melanjutkan komunikasi, tentu tidak akan ada hubungan yang terjalin selanjutnya, alias keikutsertaan kamu di konferensi internasional itu tidak membuahkan hasil. Jika kamu coba menghubungi lalu tidak ada respon, tunggu 1-2 minggu karena bisa saja kesibukan membuat orang tersebut lupa membalas pesan. Tapi jika memang sudah tidak ada respon, kamu bisa meninggalkan kontak tersebut dan tetap membina komunikasi dengan teman-teman yang memberi respon.

 

Jadi, apakah kamu sudah siap untuk ikut konferensi internasional dan bertemu mahasiswa dari berbagai negara? Kalau kamu punya kamera, jangan lupa membawanya untuk mengabadikan konferensi dan momen saat bersama teman-teman di acara. Buat yang berencana hadir di konferensi internasional yang diselelenggarakan di luar negeri, siapkan juga baju yang sesuai dengan musim saat kamu berkunjung, jangan sampai salah kostum dan tidak nyaman dengan pakaian yang kamu bawa.

Source : Glints.id

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s