Gak Cuma Dokter, 6 Jurusan Kesehatan Ini Peluang Kerjanya Besar

Saat kecil kamu pasti pernah ditanya “apa cita-cita kamu saat besar?” dan kebanyakan orang pasti menjawab “aku ingin jadi dokter”. Sangking banyaknya orang yang ingin jadi dokter, untuk masuk kuliah kedokteran menjadi lebih susah dan mempunyai saingan yang sangat banyak.

Dunia kedokteran masih menjadi salah satu jurusan dengan peminat yang sangat besar sampai saat ini. Selain karena dokter adalah profesi yang mulia, profesi yang satu ini juga memiliki peluang kerja yang luas dengan gaji yang tidak sedikit pula.

Namun, kamu harus tahu kalau dunia kesehatan itu bukan cuma dokter. Dunia kesehatan itu sangat luas dan banyak sekali tenaga kesehatan selain dokter yang mempunyai peluang kerja yang tinggi. Buat kamu yang tertarik ke dunia kesehatan, beberapa jurusan ini bisa jadi prioritas kamu untuk melanjutkan studi di bidang kesehatan.

1. Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK)
Buat kamu yang tertarik untuk menyelesaikan permasalahan kesehatan yang ada di masyarakat, jurusan ini sangat cocok buat kamu. Saat kamu kuliah di Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK), kamu akan di tuntut untuk mengkaji permasalahan kesehatan di masyarakat berdasarkan data, informasi dan status kesehatan masyarakat agar dapat membuat keputusan untuk mengeluarkan kebijakan di bidang kesehatan. Kebijakan yang kamu keluarkan akan memajukan kualitas kesehatan di masyarakat tersebut.

Kamu harus mempunyai kepedulian yang lebih terhadap sistem kesehatan beserta perkembangannya yang ada di indonesia. Ruang lingkup kerja dari AKK ini adalah manager rumah sakit, manager puskesmas, manager layanan medis dan sebagainya yang berhubungan dengan sistem kesehatan.

Buat kamu yang tertari kuliah di bidang AKK, bidang ini biasanya masih bergabung dengan jurusan kesehatan masyarakat.

2. Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
kalau biasanya orang kesehatan bekerja di rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan, berbeda dengan jurusan yang satu ini. Jurusan kesehatan dan keselamatan kerja tidak hanya bekerja di rumah sakit ataupun tempat pelayanan kesehatan saja namun kamu juga bisa bekerja di perusahaan besar seperti jurusan teknik lho.

Di dalam jurusan ini, kamu akan mempelajari resiko dan bahaya apasaja yang mungkin terjadi di tempat kerja ataupun di dalam suatu proyek. Selain itu kamu juga mempelajari bagaimana cara mencegah dan mengatasi bahaya tersebut agar meminimalisir kecelakaan kerja yang mungkin terjadi pada karyawan di perusahaan tersebut.

Jika kamu tertarik dengan jurusan ini, jurusan ini mempunyai prospek kerja yang sangat luas. kamu bisa menjadi konsultan K3 dalam suatu perusahaan, menjadi spesialis K3, Pengawas dan Penyelidik Kebakaran.

3. Fisioterapi
Buat kamu yang tertarik belajar anatomi, jurusan ini adalah tempat yang tepat buat kamu. Di dalam fisioterapi kamu akan mempelajari fungsi gerak tubuh manusia mulai dari gerak otot, sendi dan tulang.

Selain itu kamu juga akan belajar mengenai fungsi organ tubuh yang mempunyai peran yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup seseorang. Walaupun jurusan ini masih asing, jurusan ini merupakan salah satu cabang dari dunia kedokteran lho.

Jurusan ini sangat cocok sekali buat kamu yang menyukai pelajaran ipa seperti biologi, kimia dan fisika. Prospek kerja dari jurusan ini adalah kamu bisa menjadi seorang fisioterapis di suatu rumah sakit dan juga menjadi dokter spesialis pengobatan fisik dan rehabilitasi.

4. Kesehatan Lingkungan
Jurusan yang satu ini masih jarang terdengar, namun jurusan kesehatan lingkungan mempunyai peluang kerja yang bagus lho. Di dalam jurusan ini kamu akan mempelajari permasalahan lingkungan yang sampai saat ini masih belum terselesaikan seperti pengelolaan limbah, ketersediaan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi makanan, serta pencemaran lingkungan yang masih terus ada sampai sekarang. Untuk itu, di dalam jurusan ini kamu dituntut untuk meminimalisir semua masalah yang ada di lingkungan.

Prospek kerja jurusan ini sangat luas. Kamu bisa bekerja di dinas kesehatan, menjadi konsultan air bersih, konsultan sampah, konsultan limbah, manager lingkungan rumah sakit, menjadi quality control dalam perusahaan produksi makanan dan minuman.

5. Radiologi
Siapa bilang jurusan kesehatan itu hanya cuman belajar biologi saja. Di jurusan ini kamu justru lebih banyak belajar fisika dan berhitung serta belajar perkembangan teknologi di bidang kesehatan. Jurusan yang dikenal dengan Radiologi atau Radiodiagniosis merupakan jurusan yang mempelajari diagnosis di dalam tubuh manusia dengan bantuan sinar X. Seiring dengan perkembangan teknologi, jurusan Radiologi tidak hanya menggunakan sinar X saja tetapi juga menggunakan Ultrasonik seperti USG.

Jika kamu tertarik di dunia Radiologi, kamu akan bekerja menjadi terapis radiasi, ahli pengobatan nuklir, dan konselor genetis.

6. Veterinary
Kamu pecinta hewan? Jurusan ini sangat tepat buat kamu. Veterinary atau lebih dikenal dengan kedokteran hewan adalah jurusan yang mempelajara masalah kesehatan yang ada pada hewan. Konsepnya tidak jauh berbeda dengan kedokteran pada umumnya hanya saja pasien yang kamu tangani adalah hewan.

Di dalam jurusan ini kamu akan mempelajari tentang penyakit pada hewan, manajemen peternakan, mengenal berbagai macam satwa, dan menangani masalah medis yang ada pada hewan.

Jurusan ini sangat cocok buat kamu yang tertarik dan peduli dengan kelestarian satwa serta keberlangsungan kesehatan mahluk hidup yang ada. Prospek kerja jurusan ini adalah dokter hewan, ahli satwa liar, dan peneliti hewan.

Itu dia beberapa jurusan di bidang kesehatan yang masih banyak orang belum mengetahuinya. Sekarang kamu tahu kan bahwa nggak cuma dokter atau perawat saja yang bekerja di dunia kesehatan. Jadi, kamu udah mulai tertarik belum dengan jurusan tadi?

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s