5 Universitas Terbaik di Dunia Tahun 2018

QS World University Rangkings telah melakukan sebuah penialain tentang berbagai univeritas di dunia untuk dapat mengetahui universitas mana yang merupakan universitas terbaik di dunia dengan berbagai ketegori penilaian.

Berikut adalah daftar 5 Universitas terbaik di dunia tahun 2018 menurut QS World University Rangkings:

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)
Massachusetts Institute of Technology (MIT) berlokasi di negara Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1861. Universitas ini telah berhasil menduduki rangking pertama sebagai universitas terbaik di dunia versi QS World University Rangkings sejak tahun 2016, 2017 dan tahun 2018.

Massachusetts Institute of Technology (MIT) mendapat nilai maksimal dari semua kategori penilaian meliputi research, inovasi, fasilitas, pembelajaran, kelayakan kerja, internasionalisasi, kriteria khusus dan inklusivitas. Saat ini tercatat 11.067 mahasiswa tercatat menempuh pendidikan di kampus ini dengan jumlah staff pengajar mencapai 2.982

2. Stanford University
Stanford University adalah universitas yang berlokasi di negara Amerika Serikat tepatnya di Silicon Valley, California. Stanford University menduduki peringkat kedua universitas terbaik di dunia versi QS World University Rangkings.

Tercatat ilmuwan, pengusaha dalam bidang teknologi seperti Elon Musk, Sergei Brin, Peter Thiel, John Kennedy dan Lary Page pernah menuntut ilmu di Stanford University. Saat ini tercatat ada 4.285 staff pengajar dan mahasiswa yang sedang menempuh studi sebanyak 15.878 orang.

3. Harvard University
Harvard University adalah universitas di Amerika Serikat yang pernah menjadi tempat belajar tokoh-tokoh penting di dunia seperti Mark Zuckerberg, Bill Gates, Barack Obama, dan Michelle Obama. Harvard University menempati posisi ketiga sebagai universitas terbaik di dunia versi QS World University Rangkings.

Mahasiswa di Harvard University berjumlah 22.429 orang dengan rincian 60% adalah mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan S2, S3 dan 30% merupakan mahasiswa S1. Jumlah staff pengajar di Harvard University mencapai 4.350 orang dengan 1.311 orang staff pengajar Internasional.

4. California Institute of Technology (Caltech)
California Institute of Technology (Caltech) didirikan pada tahun 1981, kampus ini terletak di negara Amerika Serikat. California Institute of Technology (Caltech) merupakan univeritas ke empat di Amerika Serikat yang berhasil menjadi univeritas terbaik di dunia yang menduduki rangking 4 menurut QS World University Rangkings.

Berdasarakan data yag diperoleh dari QS World University Rangkings tercatat ada 2.255 mahasiswa yang tengah menempuh studi dengan jumlah staff pengajar mecapai 953 orang.

5. University of Cambridge
University of Cambridge adalah satu-satunya universitas yang berasal dari negara Inggris yang masuk 5 besar universitas terbaik di dunia pada tahun 2018 menurut QS World University Rangkings. Kampus ini didirikan pada tahun 1209 dan kaya akan sejarah. Kampus ini telah melahirkan ilmuan penting di dunia seperti Sir Isaac Newton.

Tercatat ada tokoh penting dunia yang pernah menimba ilmu di kampus ini seperti MCkellen, Stephen Hawking, Emma Thompson, Ariana Huffington.

Bisa jadi rekomendasi buat kamu yang mau melanjutkan studi, nih. Kampus mana yang akan kamu tuju? Eits, jangan khawatir juga soal biaya karena semua universitas tersebut menawarkan beasiswa buat mahasiswa-mahasiswa internasional. Berminat?

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s