8 Program Studi Ilmu Kelautan Terbaik di Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari belasan ribu pulau. Bahkan 2/3 wilayah Indonesia termasuk kategori perairan. Karakteristik geografis ini pula yang menjadikan Indonesia itu kaya akan potensi bahari. Sayangnya, sumber daya manusia untuk mengolahnya tampaknya belum cukup optimal.

Oleh sebab itu, mendalami keilmuan di bidang ini merupakan pilihan yang tak kalah menarik, nih. Ilmu Kelautan atau Oseanologi tersebut berasal dari kata ‘oceanos’ yang berarti laut dan ‘logos’ yang berarti ilmu. Singkatnya, Oseanologi mempelajari berbagai aspek tentang ‘laut’ lengkap dengan kajian fisika, kimia, biologi dan geologinya termasuk biota dan sumber dayanya, bahkan hukum-hukum yang berlaku terkait laut.

Nah, bagi kamu yang tertarik dengan bidang tersebut, ini deretan perguruan tinggi negeri dengan program studi Ilmu Kelautan yang telah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT.

1. Institut Pertanian Bogor, Jawa Barat
Institut Pertanian Bogor yang bernaung di bawah Kopertis IV ini meraih akreditasi A untuk program studi Ilmu dan Teknologi Kelautan dengan nomor SK yaitu 237/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013 dan berlaku sejak 2013 hingga 22 November 2018.

Program studi Ilmu dan Teknologi Kelautan yang merupakan bagian dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan di universitas ini telah terakreditasi secara internasional, lho. Program studi ini menawarkan keunggulan berupa ilmu dan teknologi kelautan dalam melakukan kajian sifat-sifat dan proses fisika, kimiawi di laut, interaksi fisika dan kimiawi dengan organisme di laut.

Dan juga model numerik untuk mensimulasi dinamika pergerakan air laut dan prediksi sebaran limbah maupun material lainnya, model prediksi eksplorasi sumberdaya dan lingkungan laut, model peningkatan kualitas habitat, IPTEK akustik dan instrumentasi, SIG (sistim Informasi Geografi) kelautan, desain instrumen untuk eksplorasi sumberdaya dan lingkungan laut, dan menyediakan jasa konsultasi.

2. Universitas Padjadjaran, Jawa Barat
Universitas Padjajaran yang bernaung di bawah Kopertis IV ini meraih akreditasi A untuk program studi Ilmu Kelautan dengan nomor SK yaitu 2368/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2016 dan berlaku sejak 2016 hingga 20 Oktober 2021.

Program studi ini bernaung di bawah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dengan penekanan pada bidang kajian Bioteknologi Kelautan yaitu penerapan teknologi pada organisme laut untuk menghasilkan produk yang bermanfaat.

Lulusan dari Ilmu Kelautan di Universitas Padjajaran diharapkan memiliki kemampuan dalam melakukan kegiatan menyusun rencana, desain, model pemanfaatan potensi sumber daya hayati laut dengan menerapkan pemahaman dan prinsip-prinsip konservasi sumber daya dan lingkungan laut.

3. Universitas Jenderal Soedirman, Jawa Tengah
Universitas Jenderal Soedirman yang bernaung di bawah Kopertis VI ini meraih akreditasi A untuk program studi Ilmu Kelautan dengan nomor SK yaitu 5125/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017 dan berlaku sejak 2017 hingga 17 Desember 2022.

Bernaung di bawah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, program studi ini memiliki visi menjadi program studi yang bereputasi internasional untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu dan teknologi kelautan dalam eksplorasi, eksploitas dan konservasi sumberdaya laut berkelanjutan yang berbasis kearifan.

Sedangkan misinya adalah menyelenggarakan proses pembelajaran yang dinamis sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknlogi kelautan, melaksanakan penelitian dan kajian di bidang ilmu dan teknologi kelautan dalam bidang eksplorasi, eksploitasi dan konservasi sumberdaya laut berkelanjutan yang berbasis kearifan lokal, dan melakukan diseminasi dan menerapkan hasil riset melalui publikasi, pengabdian masyarakat dan pengkayaan bahan ajar

4. Universitas Diponegoro, Jawa Tengah
Universitas Diponegoro yang bernaung di bawah Kopertis VI ini meraih akreditasi A untuk program studi Ilmu Kelautan dengan nomor SK yaitu 0409/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2016 dan berlaku sejak 2016 hingga 20 Mei 2021.

Ilmu Kelautan merupakan salah satu program studi di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Program studi ini memiliki visi untuk menjadi unggul dalam bidang konservasi dan bioteknologi kelautan di Indonesia. Lulusan dari Ilmu Kelautan ini diharapkan mengemban kompetensi COMPLETE (Communicator, Professional, Leader, Entrepreneur, Thinker, Educator) yang mampu melakukan unjuk kerja dengan menggunakan konsep, teori dan metode bidang Ilmu Kelautan khususnya konservasi biodiversitas kelautan dan bioteknologi kelautan.

5. Universitas Trunojoyo Madura di Provinsi Jawa Timur
Universitas Trunojoyo Madura yang bernaung di bawah Kopertis VII ini meraih akreditasi A untuk program studi Ilmu Kelautan dengan nomor SK yaitu 1925/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2017 dan berlaku sejak 2017 hingga 13 Juni 2022.

Nah, program studi Ilmu Kelautan di universitas ini terletak dalam Fakultas Pertanian, lho. Program studi tersebut memiliki visi untuk berstandar nasional dalam mengembangkan sumberdaya Madura berbasis potensi sumber daya pesisir dan laut, utamanya bidang garam, biologi laut, dan oseanografi.

Sedangkan salah satu misinya adalah mengembangan potensi sumberdaya pesisir dan laut, utamanya bidang garam, biologi laut, dan oseanografi serta melaksanakan kegiatan penelitian di bidang tersebut untuk menghasilkanpublikasi ilmiahdi tingkat nasional dan international.

6. Universitas Hasanuddin, Sulawesi Selatan
Universitas Hasanuddin yang bernaung di bawah Kopertis IX ini meraih akreditasi A untuk program studi Ilmu Kelautan dengan nomor SK yaitu 447/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014 dan berlaku sejak 2014 hingga 14 November 2019.

Program studi yang merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan ini berkonsentrasi pada bidang Eksplorasi Sumber Daya Hayati Laut dan Konservasi Sumber Daya Hayati Laut. Visi program studi tersebut adalah menjadi pusat rujukan dalam pengembangan pengelolaan sumber daya pesisir dan laut.

Sedangkan salah satu misinya yaitu mengembangkan kemitraan/kerjasama dengan instuisi kelautan dan perikanan serta menghasilkan penelitian unggulan yang berorientasi pada kebutuhan pengembangan dan pembangunan kelautan dan perikanan (orientasi kebutuhan nasional dan bereputasi internasional), serta memberikan pendampingan dan advokasi kepada masyarakat dan dunia usaha di bidang kelautan dan perikanan.

7. Universitas Riau, Riau
Universitas Riau yang bernaung di bawah Kopertis X ini meraih akreditasi A untuk program studi Ilmu Kelautan dengan nomor SK yaitu 237/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013 dan berlaku sejak 2013 hingga 22 November 2018.

Program studi ini terdapat di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dengan visinya yaitu menjadi pusat keunggulan dan pengembangan Ilmu Kelautan dengan konsentrasi pada penanganan kualitas perairan laut di Indonesia. Sedangkan salah satu tujuan dari didirikannya program studi tersebut adalah melaksanakan penelitian dan inovasi teknologi di bidang ilmu kelautan guna pemanfaatan sumberdaya laut Indonesia secara optimal berdasarkan aspek kelestarian dan berkelanjutan.

8. Universitas Pattimura di Provinsi Maluku
Universitas Pattimura yang bernaung di bawah Kopertis XII ini meraih akreditasi A untuk program studi Ilmu Kelautan dengan nomor SK yaitu 0286/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2017 dan berlaku sejak 2017 hingga 10 Januari 2022.

Cikal bakal didirikannya program studi Ilmu Kelautan di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan ini adalah dalam rangka menyelenggarakan pendidikan tinggi yang kelak menghasilkan lulusan sarjana yang menguasai ilmu dan teknologi kelautan untuk memahami karakter, fenomena dan proses fisika, kimia, biologi dan geologi laut untuk eksplorasi sumber daya dan lingkungan laut.

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s