Wajib Tahu: 5 Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Bekerja

Mengalami demotivasi dalam bekerja merupakan hal yang lumrah. Sebagai manusia, tentu kita tidak bisa memiliki tingkat semangat yang sama setiap harinya. Namun, jika demotivasi terlalu sering kamu rasakan, berarti ada sesuatu yang salah dan harus diperbaiki.

Mungkin saat melihat kamu tidak memiliki motivasi kerja, rekan kerja atau atasan akan langsung menuduh kamu sebagai orang yang malas atau tidak dapat diandalkan. Mungkin saja kamu juga menyalahkan diri sendiri yang entah kenapa sangat sulit menemukan motivasi bekerja.

Nah, di sini kamu harus tahu bahwa motivasi dalam bekerja dipengaruhi oleh lima faktor. Dari lima faktor tersebut, hanya satu faktor yang benar-benar langsung berhubungan dengan dirimu sendiri. Empat faktor lainnya adalah tentang konteks–faktor-faktor yang tidak langsung berhubungan dengan diri kamu. Apa saja lima faktor tersebut?

1. Misi yang benar

Apakah kamu percaya dengan misi yang dibawa perusahaan? Faktor mission adalah faktor pertama yang akan mempengaruhi motivasi kamu dalam bekerja. Inilah mengapa sangat penting memilih perusahaan dengan misi yang kamu percaya. Bekerja di perusahaan yang misinya tidak menginspirasimu akan menciptakan konteks bekerja yang sulit memberikanmu motivasi.

2. Pekerjaan yang cocok

Kalau pun kamu telah memilih perusahaan dengan misi yang secara pribadi menginspirasimu, kamu bisa saja tetap tidak termotivasi jika kamu mengambil posisi atau peran yang salah. Sulit untuk fokus bekerja jika kamu memilih posisi atau peran yang tidak sesuai dengan bakata atau kemampuan kamu. Hal ini dapat diatasi dengan benar-benar mengenal kekuatan dirimu sendiri, dan tidak terlalu terpengaruh akan ekspektasi orang lain.

3. Atasan yang percaya dan menghargaimu

Pernah dengar kutipan “people leave manager, not companies”? Kutipan ini telah lama populer, karena banyak sekali orang yang memiliki alasan serupa: mereka senang dengan perusahaan dan peran yang mereka jalankan, namun merasa tidak nyaman dengan atasan yang membawahi mereka. Kepuasan kerja sangat dipengaruhi oleh kepercayaan dan respek yang diberikan oleh atasanmu.

Jadi, jika sedang mencari pekerjaan, usahakanlah untuk tahu siapa yang akan menjadi atasanmu nanti. Kamu juga bisa melakukan sedikit stalking dengan bertanya kanan-kiri dan membaca profil LinkedIn calon atasanmu.

4. Tim yang kuat

Kecocokanmu dengan anggota tim merupakan faktor keempat yang mempengaruhi motivasi kerjamu. Kamu tidak harus bersahabat dengan rekan kerjamu sampai menghabiskan akhir pekan dengan mereka. Namun, penting untuk memiliki rekan-rekan tim yang dapat mengajarimu banyak hal dan selalu menantangmu untuk meningkatkan kinerjamu. Jika kamu paham betul akan ekspektasimu akan kinerjamu sendiri, maka kamu akan lebih hati-hati dalam memilih rekan tim yang memiliki tingkat kinerja sama.

5. Attitude yang baik

Empat faktor di atas adalah empat faktor yang harus kamu ingat dalam mengambil keputusan-keputusan seperti memilih perusahaan, pekerjaan, tim, dan atasan. Namun, kamu harus ingat bahwa tetap ada faktor terakhir, yaitu attitude-mu sendiri. Seseorang dengan attitude yang baik tidak akan langsung menyerah saat merasakan kelelahan atau kebosanan.

Jika kamu merasakan hal-hal seperti letih atau bosan dengan pekerjaanmu, kamu jugalah yang bisa mengatasi hal tersebut. Salah satu caranya adalah dengan beristirahat dan selalu melakukan refreshing yang akan mengembalikan energimu kembali.

Referensi: https://www.linkedin.com/pulse/how-recharge-youre-losing-motivation-sally-blount

 

Source : bukapintu.co

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s