Untuk Anak Muda Usia 20-an, Ini 8 Hal yang Harus Kamu Lakukan Agar Tenang di Usia 30

Tak seperti catatan kuliah yang bisa dibaca kembali dan dikoreksi bila ada kesalahan, hidup berjalan secara linear. Kamu yang sudah di usia 30an, tak bisa kembali ke masa-masa 20an. Padahal seringnya, apa yang kamu lakukan di usia 20an berpengaruh besar di masa mendatang.

Membiarkan hidup berjalan begitu saja dengan alasan ah-masih-muda-ini tentu bukan pilihan yang bijak. Sebab bubur tak pernah bisa dikembalikan menjadi nasi. Agar saat memulai usia 30an kamu sudah tenang, lakukan hal-hal ini sekarang.

Mencoba bisnis, meski sesederhana jual barang di dunia maya

Masa muda adalah masanya untuk bereksperimen. Sayang bila kamu menggantungkan diri pada kantor tempatmu bekerja. Mencoba bisnis ada baiknya, siapa tahu kamu punya darah wirausaha. Kalaupun gagal, toh kamu masih muda dan punya banyak masa untuk belajar.

Memulai usaha sendiri tidak harus yang spektakuler dengan modal yang jutaan. Di era digital, kamu bisa memulainya dengan yang sederhana seperti online shop. Modalnya hanya niat dan paket data. Namun soal sukses, sudah banyak yang membuktikannya.

Ganti career path bila memang tak cocok dengan yang sekarang

Image credit: entrepreneur.com

Terlanjur tercebur di satu bidang pekerjaan, bukan berarti sudah takdirmu di sana selama-lamanya. Jangan hanya karena kamu enggan memulai di lingkungan yang baru dan mengurusi hal-hal baru, passion-mu yang sesungguhnya dikorbankan. Bila memang kariermu sekarang terasa bukan ‘kamu’, berganti career path bukanlah dosa.

Jadikan usia muda sebagai masa pencarian diri. Temukan apa yang ingin kamu lakukan untuk seumur hidupmu. Sehingga nanti setelah kamu lepas dari usia 20an, kakimu sudah mantap berpijak di bidang yang kamu inginkan.

Kenali diri sendiri dan jadilah expertdi hal-hal yang kamu sukai

Image credit: searchenginejournal.com

Di usia muda, terkadang kita dihadapkan dengan berbagai skill yang membingungkan. Kamu merasa jago menulis, tapi suka juga traveling, dan pintar berbicara di depan publik. Kamu sarjana teknik, namun suka menulis, dan punya kemampuan public relationsyang lumayan. Jadi mana yang harus kamu tekuni dan jadikan karier sesungguhnya?

Menemukan passion memang gampang-gampang susah. Namun kamu punya waktu untuk mencoba banyak hal dan memilih satu yang ingin kamu jadikan skill utamamu. Jika sudah ketemu, fokuslah ke situ, dan jadikan dirimu ‘ahlinya’.

Mengembangkan network seluas-luasnya. Karena kamu tak tahu apa yang akan terjadi di depan sana

Image credit: entrepreneur.com

Kita asumsikan saja, di usia 30 tahun nanti kamu sudah berkeluarga. Urusanmu bukan lagi soal pekerjaan, tapi juga pasangan dan mungkin juga keturunan. Pulang kerja harus tepat waktu, weekend pun harus dihabiskan dengan keluarga untuk mengganti waktu 5 hari bekerja.

Usia 20an adalah waktu yang pas untuk melebarkan sayap seluas-luasnya. Bertemulah dengan banyak orang, jalinlah relasi, dan belajar sebanyak-banyaknya. Dengan networking yang luas, kelak di usia 30an kamu tak akan kesulitan untuk melangkah, tak peduli kamu tetap karyawan atau memutuskan berwirausaha sendiri.

Membaca sebanyak-banyaknya, dan pelajari apapun yang ingin kamu pelajari

Bill Gates membaca minimal 1 buku setiap minggunya. Warren Buffett merujuk pada kebiasaannya membaca 500-1000 halaman setiap hari saat ditanya tentang kunci kesuksesannya. Sementara Mark Zuckerberg menargetkan 1 buku setiap dua minggu, Oprah Winfrey memilih satu buku favoritnya untuk didiskusikan bersama klub bacanya.

Membaca adalah kunci kesuksesan dari banyak orang tenar di dunia. Pengetahuan bisa didapatkan dengan berbagai cara. Selain menempuh pendidikan formal, membaca adalah salah satunya. Jadi, selagi masih muda dan punya banyak waktu luang, membacalah!

Sisihkan waktu untuk hobi, terutama hobi yang positif

 

Menjadikan kesibukan pekerjaan sebagai alasan, banyak dari kita yang melupakan hobi. Pergi pagi pulang malam, akhir pekan pun disibukkan dengan balas dendam dengan tidur seharian, mana sempat memikirkan hobi? Hobimu yang dulu perlahan-lahan mulai jarang dilakukan dan akhirnya tinggal kenangan.

Secara konsep, hobi memang berarti hal-hal yang dilakukan sekadar menyenangkan hati. Namun, mengembangkan hobi juga bisa membawa banyak manfaat. Selain membuatmu senang, hobi yang ditekuni juga sangat bisa menghasilkan.

Investasi selagi masih muda, demi ketenangan di hari tua

Image credit: pose.com.vn

“Nabungnya nanti-nanti ajalah. Masih muda ini.”

Biasanya itulah yang tersimpan di benak kita. Toh masih muda, dan tanggung jawabnya sebatas kepada diri sendiri saja. Padahal saat tanggungan belum banyak, justru menjadi waktu yang tepat untuk menabung dan berinvestasi. Sehingga di usia 30an nanti, kamu bisa memanen hasil investasi. Atau setidaknya tidak kelabakan bila ada kebutuhan mendadak.

Saat ini, sudah banyak program investasi yang disediakan untuk pemula. Bila dulu kamu harus punya uang puluhan juta untuk membuka deposito, sekarang cukup ratusan ribu saja untuk program reksadana. Jadi, untuk apa menunda?

Setidaknya setahun sekali, susun rencana liburan ke tempat asing yang belum pernah kamu datangi

Usia 20an adalah masa yang tepat untuk menjelajah. Indonesia adalah negara yang luas dan di luar sana ada tempat-tempat indah yang menunggumu untuk singgah. Sayang bila hidupmu hanya dihabiskan di balik meja kerja sambil menunggu tanggal gajian tiba.

Setelah kamu mencapai usia 30an nanti, target dan urusan hidupmu tentu lebih banyak. Traveling akan semakin susah. Karena itu, setidaknya setahun sekali, siapkan surat cuti dan hibur diri dengan berkunjung ke tempat-tempat baru. Percayalah, traveling bukan sekadar jalan-jalan, tapi bisa memberimu banyak pengalaman yang bermanfaat untuk kehidupan.

Usia 20an memang usia yang ‘lucu-lucunya’. Langkahkan kaki sejauh mungkin untuk menemukan apa yang kamu tuju. Buka diri untuk berbagai hal-hal baru. Buatlah sebanyak mungkin kesalahan, dan belajarlah dari sana. Dengan begitu, kamu akan menyambut usia 30an dengan lebih tenang.

Source : bukapintu.co

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s