Pakai 4 Aplikasi Ini Supaya Kamu Tidak Malu Gara-gara Salah Grammar

Menulis menggunakan bahasa Inggris dengan sempurna memang selalu menjadi tantangan tersendiri, apalagi dalam konteks profesional di mana sedikit kesalahan grammar saja bisa menurunkan citra profesional.

Nah, sekarang sudah banyak aplikasi web yang bisa digunakan untuk memeriksa kesalahan grammar bahasa Inggris-mu. Dijamin, ketakutanmu akan teratasi. Simak 4 aplikasi tersebut!

1. Grammarly

Image credit: grammarly.org

Grammarly adalah salah satu online tool terbaik untuk menulis dalam bahasa Inggris. Tool ini bisa menemukan dan memperbaiki lebih dari 250 jenis kesalahan grammar. Versi gratis dari Grammarly bisa kamu install sebagai extension di Google Chrome. Saat Grammarly sudah ter-install, setiap kamu menulis email, status updateblog post, atau apa pun di browser-mu, Grammarly akan otomatis memberikan tanda pada kesalahan grammar yang harus diperbaiki.

Sementara itu, versi berbayarnya yaitu Grammarly Premium bisa sekaligus memeriksa apakah suatu tulisan melakukan plagiarisme terhadap tulisan di Internet, dan memberikan suggestion berdasarkan genre tulisan.

2. PaperRater

Image credit: blog.hawaii.edu

PaperRater merupakan online proofreader yang sangat mudah digunakan. Kamu tinggal mengunjungi paperrater.com, lalu melakukan copy paste untuk teks yang ingin kamu periksa. Biasanya, pengguna memanfaatkan PaperRater untuk memeriksa esai.

Kamu tidak perlu membayar jika kamu hanya perlu memeriksa tulisan sepanjang 5 halaman. Namun, untuk melakukan proofreading terhadap tulisan sepanjang 5-20 halaman, kamu harus membeli versi berbayarnya seharga 14.95 dolar per bulan.

3. Hemingway Editor

Image credit: fastcocreate.com

Hemingway Editor adalah tool yang tepat jika kamu tidak hanya ingin mengoreksi kesalahan grammar, tapi juga membuat tulisanmu lebih efektif.

Tool ini akan memberi tanda pada kalimat-kalimat yang terlalu panjang, kalimat yang menggunakan bentuk pasif, serta pemilihan kata yang terlalu kompleks. Setiap kalimat atau pemilihan kata yang dianggap error akan diberikan highlight dengan warna yang berbeda.

4. SlickWrite

Image credit: gethelponline.org

Apakah kamu ingin suatu saat kamu bisa menulis menggunakan bahasa Inggris dengan sempurna tanpa perlu bantuan aplikasi lagi? Jika iya, gunakanlah SlickWrite, sebuah tool yang tidak hanya mengoreksi kesalahan grammar-mu, tapi juga memberitahumu apa yang salah dan bagaimana membetulkannya agar lain kali kamu bisa lebih teliti. Kamu tinggal melakukan copy-paste di situs slickwrite.com, dan tulisanmu akan dikritik dari segi struktur, variasi kata, dan gaya penulisan. SlickWrite lebih cocok digunakan untuk kamu yang menulis novel atau tulisan fiksi lainnya.

Source : bukapintu.co

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s