Mau Berhemat? Jangan Muluk-muluk, Ikuti 4 Trik Ini

Berapa pun gaji yang kamu terima, percuma jika tidak dikelola dengan baik. Gajimu tidak terasa akan langsung habis sebelum akhir bulan tanpa kamu sadar.

Jika ini sering terjadi padamu, sudah waktunya kamu berhemat. Berhemat tidak sesulit yang kamu kira, kok. Mulailah dari 4 trik paling mendasar dan yang mudah kamu ikuti berikut ini:

Photo credit: manfaat.co.id

Buatlah dua rekening terpisah

Rekeningmu yang pertama berguna untuk dipakai sehari-hari. Rekening kedua khusus dipakai untuk menabung. Jangan buat kartu ATM untuk rekening kedua, agar saldo di rekening ini tidak bisa kamu tarik dengan mudah.

Langsung transfer sebagian gajimu ke rekening kedua di hari gajian

Rumus yang benar adalah Pengeluaran = Pemasukan – Tabungan, bukan Tabungan = Pemasukan – Pengeluaran. Ikutilah rumus yang benar, sisihkan sebagian gajimu langsung di hari kamu gajian.

Menyisihkan hanya 10 persen saja sudah lebih baik daripada tidak menabung sama sekali. Kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas autodebet dari bank agar sebagian gajimu dipindahkan secara otomatis ke rekening tabunganmu.

Buatlah budget mingguan yang realistis dan tinggalkan kartu ATM di rumah

Buatlah budget mingguan, misalnya 300 ribu rupiah seminggu. Tarik 300 ribu rupiah dari ATM di awal minggu, kemudian tinggalkan kartu ATM kamu di rumah. Dengan sistem seperti ini, kamu akan “dipaksa” bertahan hidup hanya dengan budget mingguanmu.

Jangan kalap saat weekend!

Di akhir pekan, kamu mungkin ingin memanjakan diri dan mengeluarkan uang lebih untuk hiburan. Namun ingat, jangan sampai usaha berhemat kamu selama hari kerja membuat kamu merasa berhak untuk sedikit “kalap” di akhir pekan.

Tentukan budget setiap kamu pergi ke mal atau tempat hiburan. Dengan budget ini, kamu tidak akan merasa bersalah membeli pakaian baru atau makan di tempat fancy, selama tidak melebihi budget akhir pekanmu. Selamat mencoba!

Source : bukapintu.co

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s