Kamu yang Workaholic, Jangan Sampai Sakit! Ini 5 Tips Sehat yang Gampang Diikuti

Jika kamu seorang workaholic atau pecandu kerja, kamu mungkin memiliki pola hidup yang kurang sehat. Aktivitas kamu sehari-hari yang penuh dengan urusan pekerjaan bisa menyebabkan kamu kurang olahraga, memiliki pola makan yang tidak sehat, atau sering mengalami stress. Sayangnya, segudang aktivitas yang harus kamu jalani sebagai workaholic membuat kamu harus selalu fokus pada pekerjaan, membuat kamu susah memikirkan kesehatan fisik dan mental diri.

Namun, kamu tidak perlu pusing memikirkan bagaimana caranya memiliki pola hidup yang lebih sehat ditengah-tengah sibuknya pekerjaan. Bukapintu punya lima tips agar hari-harimu sebagai workaholic menjadi lebih sehat.

Make exercise part of your schedule

Cobalah untuk membuat olahraga sebagai salah satu rutinitas kamu. Jadwalkan waktumu untuk berolahraga tiga kali seminggu di pagi hari sebelum kamu berangkat ke kantor. Jika kantor kamu memiliki fasilitas gym yang bisa kamu pakai, jangan sia-siakan kesempatan tersebut. Olahraga di pagi hari sebelum kamu beraktivitas mencegah kamu merasa ngantuk saat bekerja dan memperbaiki konsentrasi kamu saat beraktivitas. Jika olahraga di pagi hari tidak memungkinkan bagi kamu, kamu bisa mencoba olahraga di saat weekend.

Olahraga rutin yang sederhana seperti lari pagi atau set exercise bisa mengubah tingkat kesehatan kamu secara drastis. Olahraga seperti ini juga tidak membutuhkan waktu yang lama — bisa mulai dari 15 menit sampai 1 jam — cocok untuk kamu yang memiliki segudang aktivitas.

Sleep enough, and wake up early

Photo credit: chadhowsefitness.com

Tidur yang cukup dapat mempengaruhi performa kamu di kantor. Terkadang memang proyek yang sedang dikerjakan atau target yang harus kamu raih memaksa kamu untuk begadang. Namun, jangan sampai membuat begadang sebagai rutinitas kamu, karena orang yang sering begadang memiliki kesempatan lebih tinggi untuk mengidap risiko begadang. Risiko ini meliputi kerusakan organ hati, kerusakan organ jantung, hipertensi, dan obesitas. Pastikan kamu mendapatkan jam tidur sekitar tujuh sampai delapan jam setiap harinya. Dengan ini, kamu pun juga bisa bangun di pagi hari, dan akan merasa lebih segar untuk memulai harimu.

Drink your drinks hot

Bagi kebanyakan orang, meminum kopi panas atau teh panas di pagi hari merupakan hal yang sifatnya wajib untuk memulai aktivitas. Salah satu tips dari Bukapintu adalah untuk meminum kopi atau teh kamu selagi masih panas. Selain rasanya yang lebih nikmat, meminum teh selagi hangat juga dapat memberikan lebih banyak manfaat kesehatan untuk tubuh kamu. Jika kamu ingin minumanmu tahan panas lebih lama, kamu bisa membeli cangkir yang dicolok ke portal USB agar minumanmu tetap panas.

Healthy snacks at work

Photo credit: healthination.com

Akan ada kecenderungan lebih besar untuk memakan segala snack yang ada di kantor walaupun kamu tahu makanan tersebut tidak baik untuk kesehatanmu, sesusah apapun kamu menahan diri. Maka dari itu, cobalah untuk membawa snack sehat dari rumah ke kantor. Kamu bisa membawa buah-buahan segar atau kering, kacang-kacangan, dan sayur-sayuran mini seperti wortel bayi. Dengan ini, kamu akan terpaksa memakan makanan ringan yang lebih sehat. Membawa snack dari rumah juga berarti kamu bisa mengatur asupan makanan kamu sehari-harinya.

Meditate

Meditasi dapat membantu kamu mengatur tingkat stress dan membuatmu lebih produktif dalam pekerjaan. Hal ini dikarenakan mengalirnya oksigen kepada otak kamu, sehingga penggunaannya efisien. Cukup dengan mengatur nafas — inhale, exhale — kamu akan mendapatkan manfaat dari proses sederhana tersebut. Luangkan waktu semampu kamu, baik itu sesingkat lima menit saja, atau selama apapun yang kamu inginkan.

Source : bukapintu.co

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s